Khutbah Shalat Jum’at

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Siapa nih coba yang tidak melaksanakan shalat Jum’at hari ini? Emang sesibuk apakah kalian para muslim sehingga tidak dapat melaksanakan shalat jum’at? Perlu ditekan kan lagi bahwasanya sesibuk-sibuknya pekerjaan yang kita kerjakan, sebaiknyalah kita meninggalkannya terlebih dahulu apabila adzan telah berkumandang. Tunaikan terlebih dahulu kewajibannya, baru setelah itu lanjutkan lagi aktivitasnya.

Aku hanya mengingatkan ya, bukan bermaksud dan bahkan gak ada niat untuk menggurui. Aku tidak akan membahas panjang lebar mengenai kewajiban menunaikan shalat jum’at, akan tetapi aku akan sedikit berbagi dan bertanya mengenai Khutbah Shalat Jum’at dan disini aku juga tidak akan menyampaikan kembali apa yang disampaikan pada shalat jum’at hari ini.

Sudah sekian kalinya dan bahkan sangat sering mendengar Khutbah Shalat Jum’at dengan menggunakan bahasa Arab. Aku ya bingung dan gak ngerti apa yang dibahas oleh khatibnya, ya mau mengerti gimana aku gak tau bahasa Arab. Mending bahasa Daerah deh lebih mengerti. Dan mungkin sekarang aku akan nanya kepada sobat blogger, nah menurut sobat blogger sendiri lebih bagus mana khutbah meggunakan bahasa Arab atau memakai bahasa Indonesia? (untuk wilayah di Indonesia sendiri tentunya).

Permasalahannya begini ya, iya untuk wilayah pesantren pastinya akan mengerti dengan khutbah bahasa Arab, tapi selain itu apakah bisa mengerti khutbah yang menggunakan bahasa Arab? Kan selain melaksanakan kewajiban pada saat melaksanakan shalat Jum’at, setidaknya kita mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru dari sana. Selain mendapatkan ilmu da pengetahuan yang baru, kita akan mendapatkan nasihat dari khatib yang sedang berceramah. Akan tetapi kalo Khutbah Shalat Jum’atnya menggunakan bahasa Arab, bagaimana kita bisa tau coba apa yang disampaikan?

Ya mungkin bisa ditelaah sendiri aja dah, lebih baik menggunakan bahasa apa. Hehehe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s