Kanan Kiri OK di acara GDG 4th Meetup Surabaya

image
Google Developer Group (GDG) Surabaya mengadakan beberapa event selama 3 hari di Bulan Maret 2013 ini, mulai dari hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu kemarin. GDG Meetup ini merupakan kegiatan tahunan dari GDG Surabaya, kegiatan ini sudah berjalan 4 kali. Dan baru tahun ini aku menghadiri GDG 4th Meetup, untuk tahun-tahun sebelumnya belum pernah samasekali menghadirinya.

GDG Surabaya sendiri merupakan group para pengembang aplikasi google di kota Surabaya. Dan didalam GDG Ini, tak hanya para Laki-laki saja yang bisa berperan penting didalamnya, perempuan juga ikut andil didalamnya. Karena, untuk tahun ini lebih mengutamakan kepada para Pengembang/developer Aplikasi Google perempuan.

Maka dari itu selama 3 hari ini lebih mengutamakan event-event kepada perempuan, akan tetapi para laki-laki juga bisa mengikuti event tersebut. Namun hanya ada satu event yang memang dikhususkan bagi pengembang aplikasi perempuan. Nah kegiatan apa saja selama 3 hari tersebut yang diadakan oleh Google Developer Group (GDG) Surabaya? Nah berikut aku sampaikan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh GDG Surabaya selama 3 hari. Sebelum acara GDG 4th Meetup dilaksanakan, selama dua hari berturut-turut ada beberapa rangkaian acara yang tak kalah menariknya dengan acara puncak GDG Meetup malahan sangat menarik sekali.

3 Hari event GDG 4th Meetup Surabaya

Hari pertama (15/03/2013) merupakan event yang pertama dengan bertemakan “Web Makeover Competition“. Sesuai dengan temanya yakni Web Makeover Competition, dalam event ini diadakan kompetisi membangun situs web menggunakan teknologi Google. Para peserta terlebih dahulu diberikan workshop dan dikenalkan berbagai teknologi yang dimiliki oleh Google. Nah di hari pertama ini aku memang tidak bisa menghadirinya, karena pada saat itu ada kegiatan lain yang tidak bisa aku tinggalkan.

Hari kedua (16/03/2013), nah di hari kedua ini ada 2 event sekaligus dengan tempat dan waktu yang berbeda. Untuk event yang pertama adalah seminar dan workshop khusus untuk para perempuan, dengan bertemakan “DevFestW” atau Developer Festival Woman. Dari namanya saja DevFestW, jadi memang dikhususkan bagi para pengembang aplikasi perempuan. Dalam seminar dan workshop tersebut lebih kepada penggunaan dan pengaplikasian HTML5.

Tetap dihari yg sama (16/03/2013), tepatnya siang harinya sekitar jam 14.00 WIB diadakan juga Lomba Design yang bertemakan “Indonesian Doodle 4 Google“. Lomba ini merupakan sebuah kompetisi untuk membuat Google Doodle dengan tema khas Indonesia, khususnya hari-hari nasional di Indonesia. Nah rencananya aku dan temanku (1 Kelompok terdiri dari 2 orang) ingin mengikuti lomba ini, temanku sudah mendaftarkan kelompok kami. Namun kejadian yang tidak diinginkan terjadi, perutku sakit akibat malam sebelumnya makan makanan yang lumayan pedes. Jadi dibatalin dah untuk ikutan lomba desain google doodle. Untuk peserta terdiri dari Siswa, Mahasiswa, dan Umum.

Hari Ketiga (17/03/2013) merupakan acara puncak, yakni GDG 4th Meetup yang diadakan pada jam 14.00 WIB di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya.
Nah di hari terakhir atau bisa dikatakan yang merupakan acara puncak, yakni GDG 4th Meetup dihadiri oleh berbagai kalangan. Mulai dari siswa, mahasiswa, pengembang/developer aplikasi, sampai orang-orang bisnis. Acara ini memang jauh lebih serius dibandingkan kegiatan di 2 hari sebelumnya.

Nah diacara terakhir ini ada beberapa sesi materi ya mulai materi dari sponsor, materi dari pebisnis design dan aplikasi, hingga materi dari developer. Untuk materi dari sponsor, ialah menjelaskan produk-produk mereka dan juga menjelaskan dukungan mereka terhadap developer. Sedangkan materi dari pebisnis, merupakan pengembangan sebuah bisnis dalam memanfaatkan kemampuan misalnya saja dari segi design ataupun develope aplikasi. Disini lebih menitik beratkan bagaimana caranya untuk memonetizing karya yang dimiliki. Selain itu, ada juga sesi materi dari developer yang mensimulasikan aplikasi buatannya kepada para peserta. Banyak sekali manfaat dari event ini.

Kanan Kiri OK

Endeleh… La kok ada Kanan Kiri OK segala sih? Ya ini berkaitan dengan event hari terakhir di Atrium Tunjungan Plaza yakni GDG 4th Meetup. Untuk keseluruhan event GDG 4th Meetup ini sih cukup menarik dan bahkan sangat menarik, akan tetapi sayang sekali panitia kurang memperhatikan tempat pelaksanaan acara dan bisa dibilang salah memilih tempat acara. Nah kenapa? Ya pastinya sobat blogger dan sobat onliner sudah pada tau kan dengan Suasana sebuah Atrium yang ada di Mall atau Plaza? Kanan Kiri OK chuiy…

Maksudnya begini loh, acaranya kan di Atrium Tunjungan Plaza (Lantai Bawah) dan kanan dan kiri banyak banget kan orang yang jalan kesana kemari. Ada banyak polusi suara dan juga polusi mata yang ditimbulkan dari para pengunjung mall yang lalu-lalang selama acara berlangsung. Selama acara, aku bisa menyimpulkan sedikit beberapa polusi tersebut:

– Mulai dari cowok hingga cewek
– Mulai dari yang muda hingga yang tua
– Mulai dari yang sendiri hingga yang berpasangan
– Mulai dari yang tertutup hingga yang kebuka
– dan mulai yang kasar hingga yang mulus.

Lah yang namanya mata gak bisa dibohongin, itulah yang menyebabkan ketidak fokusan dalam acara. Selain itu, ada manfaatnya juga, manfaatnya adalah Obat Ngantuk. Namun menurutku sih hal tersebut tidak kondusif untuk acara seperti ini. Sekedar saran ya, untuk kedepannya alangkah lebih baiknya event seperti ini diadakan ditempat yang jauh dari keramaian agar lebih maksimal. Aku berharap sih semoga panitia bisa menyadari akan hal ini, dan selebihnya aku salut kepada Panitia karena telah mengadakan event ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s