Kamera Canon vs Kamera Nikon (DSLR)

image

Sobat Blogger dan Onliner, serta Para sobat Fotografer pada khususnya. SlameTux mau nanya nih lebih bagus mana ya Kamera Canon vs Nikon (DSLR)? Soalnya kebingungan memilih mana yang lebih bagus, pas, dan cocok untuk pemula seperti aku ini. Nah memang kedua merek tersebut sedang bersaing ketat khususnya di Indonesia, walaupun ada merek lain yang juga patut menjadi perbincangan.

Kelebihan dan Kekurangan Canon vs Nikon

image

Sudah banyak yang aku tanyakan mana yang lebih bagus, dan rata-rata susah untuk menjawabnya karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Sempat sih mencari beberapa referensi mengenai Kamera Canon dan Kamera Nikon, kurang lebih untuk penjelasan dari kelebihan dan kekurangannya seperti dibawah ini:

Kamera DSLR CANON

Merupakan salah satu merek yang paling banyak diminati di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang beragam tetapi lengkap, mulai dari kualitas rendah hingga tinggi. Dan jenis kameranya juga beragam dari yang untuk pemula hingga profesionalpun ada.

Untuk kamera pemula milik Canon sangat bagus, misalnya 1000D, 450D, 500D, 550D; mudah digunakan serta antar muka dan menu yang rapi terorganisasi dengan baik. Tetapi kekurangan untuk kamera pemula ini adalah bahannya yang agak murahan sehingga tidak begitu enak genggamannya. Untuk kelas menengah atas kualitas gambarnya yang baik walaupun bergantung pada lensanya. Untuk Canon 40D memiliki 10mp, 50D memiliki 15mp, serta 7D memiliki 18mp. Dan ini lebih tinggi daripada Nikon yang tetap bertahan pada 12mp.

Kamera DSLR NIKON

Jika dibandingkan Canon, system Nikon juga komplit. Nikon juga memiliki banyak lensa yang berkualitas tinggi serta lebih mahal dari Canon. Untuk kamera yang canggih, misalnya D300s, D700, D3; auto fokusnya bekerja lebih baik, pengendalian noise pada ISO tinggi sekelas diatas merek lain sehingga cocok digunakan untuk foto dikondisi ruangan gelap.

Berbeda dengan Canon, untuk kamera pemula Nikon tidak begitu bagus. Antar muka yang kurang baik, susunan menu kurang rapi, serta tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang dipakai oleh user. Di samping itu, untuk kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto focus, sehingga mengakibatkan pada lensa-lensa lama harus menggunakan manual focus. Filosofi Nikon tetap bertahan menggunaka sensor 12 mp untuk semua kamera pada kelas menengah atas, tetapi Nikon lebih focus pada kontrok noise, bintik-bintik pada gambar yang muncul di setting ISO yang tinggi.

image

Detail dan ketajaman serta warna dari Canon vs Nikon

Untuk penjelasan dari perbedaan Kamera Canon DSLR vs Kamera Nikon DSLR ya seperti yang tertera diatas. Nah sampai saat ini aku masih bingung mau milih yang mana, jadi aku minta saran dari Sobat Fotografer, Blogger, dan Onliner untuk memberikan pencerahan kepadaku. Ya meskipun sudah ada reviewnya diatas, tapi masih ragu kalo gak ada saran dari yang lebih tau dan lebih berpengalaman. Asal jangab bilang “Semuanya kembali kepada anda, sesuaikan kamera DSLR dengan kebutuhan pribadimu“. Soalnya tuh jawaban lebih menyesatkan buat aku, ya mungkin bisa menyarankan tentang pengalaman dalam menggunakan perangkat Canon atau Nikon.

Terima kasih ya sob Sebelumnya (^_^)

Iklan

4 thoughts on “Kamera Canon vs Kamera Nikon (DSLR)

  1. bocah petualang berkata:

    Coba lihat sekeliling juga deh, lebih banyak make kamera apa. Misalnya teman-teman banyak yg make Canon ya milih itu aja. Kalau banyak yg make Nikon, pilih yg ini aja. Soalnya kalau punya komunitas yg rame, enak buat belajar. Ada bonus bisa minjam lensa dan asesoris lainnya juga 😀

    • SlameTux berkata:

      Ouw seperti itu toh… Memang bener sih lingkungan sangat berpengaruh, tapi ya itu harus sering sharing-sharing juga dengan yang punya kamera. Tapi kekurangannya, ya karena di sekitar hanya sedikit kenal dengan temen yang memakai kamera. Hanya srbagian doank.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s