Kebohongan di Sosial Media

image
Sosial Media menjadi tempat strategis untuk promosi diri, mengenalkan diri, mencari teman, berjualan, dan terlebih juga bisa sebagai tempat untuk mencari pasangan. Berkembangnya sosial media berdampak besar bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun hingga tertidur lagi.

Apakah semua itu wajar? Ya mungkin untuk saat ini wajar-wajar saja ya, namun harus berhati-hati dalam berkutat di sosial media. Salah sedikit, maka akan bisa menjadi korban bullying. Selain itu banyak hal yang perlu diwaspadai, agar tidak terjebak ke permainan sosial media yang penuh kebohongan (dalam hal beberapa kasus di bawah ini).

Berbicara mengenai kebohongan di sosial media, sudah banyak pelaku kejahatan yang dengan cerdiknya mengelabuhi si korban. Sebagian korban, sangatlah percaya dengan apa yang ditampilkan, disampaikan, dan dijanjikan oleh sang pelaku kepada si korban.

Selama menggunakan sosial media, berikut ini ada beberapa contoh kebohongan yang dilakukan di sosial media. Mulai dari kebohongan kecil, hingga berdampak kepada kebohongan yang sangat besar.

– Photo Profil
Photo profil yang biasa disingkat dengan PP, biasanya seseorang menggunakan photo profil dengan gaya dan kualitas foto yang terbaik agar bisa terlihat maksimal (cantik dan atau gantengnya).

Tapi perlu diketahui, bahwasanya tidak semua photo profil di sosial media itu asli foto mereka, bisa jadi foto orang lain atau bisa fotonya sendiri namun sudah diberi berbagai macam efek agar hasilnya maksimal ketika dilihat oleh orang lain (namun sekali-kali tidak sesuai dengan aslinya, di sini ada sebab akibatnya).

Mungkin kalo itu untuk branding image sih gak apa-apa, asalkan masih sesuai dengan kepribadian kita. Dan tentunya tidak berlebihan.

– Bio
Bio yang merupakan kepanjangan dari biografi, adalah penjelasan singkat mengenai diri kita. Mulai dari yang bersangkutan dengan nama, pekerjaan, hobi, dan bahkan bakat yang dimiliki.

Kalo nama mungkin sudah banyak yang tau ya, ada yang tidak sesuai dan ada pula yg sesuai dengan aslinya. Sekali lagi, mungkin kalo branding image sih gak apa-apa asalkan masih sesuai dengan kepribadian kita. Namun kalo sudah menggunakan nama alay, gak jelas, atau bahkan menggunakan nama orang lain hanya untuk mencari keuntungan. Terlebih yang memiliki nama merasa dirugikan dengan hal tersebut.

Selain itu ada pula yang namanya pekerjaan dan bakat yang dimiliki, terkadang yang dituliskan di bio tidak sesuai dengan aslinya. Mending orang yang bener-bener bekerja disitu dan menjabat itu, kemudian memiliki bakat yang bisa dikatakan wow menulis sesuai dengan dirinya dan tidak dilebih-lebihkan. Daripada yang tidak bekerja disitu serta bakatnya pas-pasan dan terkadang tidak memiliki bakat samasekali.

– Status
Selain yang dua di tas, mungkin status di sosial media inilah yang terkadang sering dilakukan. Contoh kecilnya saja mengenai makanan, padahal tidak pernah memakannya eh malah bilang enak, lezat, dan gurih. Ada pula ketika mengatakan bahwa sedang berada di tempat yang istimewa, tapi ternyata masih ada di tempat lain yang berbeda dengan yang dikatakan.

Juga pernah mengatakan pernah mengunjungi tempat yang istimewa, akan tetapi gak pernah. Dan yang paling parah adalah menipu di sosial media, misalnya berjualan barang A misal. Katanya barangnya masih bagus dan kualitasnya terjamin. Pas ada yang tertarik, disuruh transfer sejumlah uang. Dan setelah berang dikirim, ternyata tidak sesuai dengan yang dikatakan. Apesnya lagi, uang sudah ditransfer namun barang tidak dikirimkan. Ini adalah tindakan penipuan yang termasuk dalam tindakan kriminal.

Dari ketiga kebohongan ini, mana yang sering dijumpai? Ya semoga ini menjadi pembelajaranlah bagi kita semua. Pintar-pintarlah dalam memanfaatkan sosial media, dan harus lebih berhati-hati agar tidak menjadi korban kebohongan di sosial media. Sebaiknya pintar-pintar lah memilah dan memilih teman di sosial media, ingat pesan dari Internet Sehat “Think Before Posting“.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s