Korban Penipuan di Facebook

Hari ini adalah hari tersial bagiku (ya mungkin bagi orang lain juga sih), kenapa aku bilang sial? Ya pagi ini duit 300K ludes dalam sekejap.

Ceritanya seperti ini, pagi tadi aku mendapatkan pesan facebook (chat) dari seseorang yang aku hormati dan sudah aku kenal sejak tahun 2011 yang lalu.

Mungkin sedikit ceritanya seperti di bawah ini:

Korban Penipuan Facebook SlameTuxDan dengan alasan seperti itu, sapa coba yang gak akan segera membantu? Pastinya semua yang kenal dengan beliau, akan langsung membantunya.

Selain itu karena faktor kepercayaanku terhadap beliaulah, yang membuatku mudah untuk tertipu. Aku memang sangat percaya terhadap semua orang yang aku kenal, makanya aku segera bergegas membantunya.

Untuk chat tidak berhenti di situ saja, selanjutnya aku mulai curiga. Namun kecurigaanku ini, tidak aku pikirkan. Ada lagi kelanjutan chatnya, seperti di bawah ini:

Jadi Korban Penipuan Facebook SlameTuxNah baru curiga setelah dapet pesan seperti itu, sebenarnya aku sudah bertanya via WhatsApp. Namun ya karena aku cuman bertanya “Sudah masuk apa belum untuk pulsa awal tadi” dan tidak ada respon, ya terpaksa mengisi lagi ke nomor yang berbeda sebesar yang sudah tertera di gambar.

Baru setelah pulsa masuk, ada balesan via WA bahwasanya beliaunya tidak meminta untuk mengisikan pulsa. Astaghfirullah… Betapa kagetnya aku, ya dalam waktu sekejap saja duit 300K ludes buat si penipu. Dan beliau (orang yang benar aku kenal) chat via WA bahwasanya sudah memberitahukan informasi tersebut via Twitter, pada saat itu aku memang tidak mengecek twitter sama sekali.

Ya setelah mau mengirimkan pesan untuk bertaubat kepada si pelaku, ternyata akunnya sudah terbroklik (Paling Sengaja untuk di Blokir dan nomornyapun sudah tidak aktif lagi).

Untuk capture diatas tetap terlihat, karena sudah mengambil dari HP. Sedangkan untuk di desktop, seperti ini pesan setelah melihat chat di facebook (desktop):

Penipuan di FacebookYa aku sadar bahwa aku memang bodoh, soalnya terlalu mudah percaya kepada orang lain. Dan aku orangnya memang cepat gugup kalau sudah ada orang yang membutuhkanku, makanya fast respon tanpa bertanya terlebih dahulu melalui jejaring yang lainnya.

Mungkin ini sebagai pelajaran saja bagi teman-teman yang lain, kalian boleh percaya kepada orang lain. Namun sebaiknya apabila dia sedang membutuhkan kita, baik itu tenaga dan terlebih lagi duit. Sebaiknya konfirmasi lagi dah dengan orangnya melalui akun jejaring lainnya.

Lebih berhati-hati lagi ya sob, karena banyak motif kejahatan yang dilakukan dalam memeras si korban. Salah satunya adalah membuat akun duplikat dari orang-orang yang kita kenal. Semoga kejadian ini tidak menimpa teman-teman yang lainnya.

Selamat bersenang-senang dengan duitku itu ya sob!!!

NB: Nama dan Foto sudah hilang, karena terblokir dan memang sengaja tidak diberitahu.

18 thoughts on “Korban Penipuan di Facebook

  1. syaiful arifin berkata:

    biasanya kalo ada kasus seperti ini, aku beri beberapa pertanyaan sederhana kepada si peminjam tak peduli apapun kondisinya, kalo dia bisa ngejawab aku beri pinjaman kalo tidak ya maap, kecuali kalau bertatap muka secara langsung \(^__^)/

    contoh nyata yang sudah pernah aku terapkan :
    aku : aku beri pinjaman kalau kamu bisa ngejawab ?
    aku : terakhir kali kita pernah ketemu dimana ?
    aku : atau aku kenal kamu dimana ?
    aku : apa arti blablabla bagimu.
    aku : maaf aku bertanyaan seperti ini. ini untuk verifikasi apakah ini bener-bener kamu atau bukan 🙂 karena aku kawatir accountmu disalah gunakan oleh seseorang.

    note :
    blablabla : sebuah sandi atau kata kunci yang melekat pada diriku atau diri si peminjam, contoh : tux, chipul aja atau apalah itu.

    semoga yang sudah hilang (karena masalah seperti ini) bisa kembali dengan cepat, lebih banyak dan barokah amin 🙂 keep smile mas bro

  2. yuniarinukti berkata:

    Astaghfirullah.. sampai bisa begitu ya.. Semoga kejadian ini berhenti sampai disini, kasian teman2 yang dengan nominal segitu harus susah payah mendapatkannya..
    Buat Slamet yang sabar ya semoga uang yang hilang itu mendapat ganti lebih dari Allah SWT

  3. Pendar Bintang berkata:

    Saya juga mengalami hal yang sama, tapi saya ragu…sempat BBM Kak Julie dan gak Julie jawab “Gak tahu ya Dek…” juga dari Facebook Eyang @Anjarisme
    Barusan ada lagi inbox dengan Fcebook teman satu alumni saya, dia mengirim pesan seolah nyata.. “Han…HSM apaan ya?” setelah saya jawab dia jawab lagi “Bisa minta tolong tidak?” Wow…ini bukan dia banget….

    Ini bisa mengatas namakan siapa saja jadi harus disebar luaskan agar tidak ada yang tertipu.

    Buat Mas Selamet, semoga segera mendapat ganti ya..

    • SlameTux berkata:

      Iya mbak, pertama tidak menaruh curiga sama sekali. Namun itu jarang-jarang dilakukan beliau gitu. Ya karena niatnya tulus ingin membantu, langsung saja diisi.

      Aamiin… Terima kasih mbak.

    • SlameTux berkata:

      Sebelumnya tidak tau, karena kejadiannya pagi-pagi banget. Kan yang waktu kita obrolin tuh udah siang (udah ada di Bangkalan), lebih tepatnya sebelum kalian datang ke kontrakan.

  4. ndop berkata:

    Owalah, akunnya mas Anjarisme yg kena hek.

    Eh, aku dulu juga pernah dimintai uang 300 ribu buat nambal ban bocor. Yg minta uang itu temen SMA ku yg gak begitu akrab. Untung aku cuek dan belum sekaya sekarang, jadi ya gak aku kasih duitnya.

    Mulai sekarang jangan jadi orang “terlalu” baik kepada semua orang orang ya Met. Soalnya jaman sekarang ini rawan penipuan. Berbuat baiklah kepada yg kamu kenal aja. Contohnya AKU! HAHAHAHHA..

    Boleh minta duit gak met? #eh

    • SlameTux berkata:

      Iya goblok banget ya aku, ya kalo langsung minta gitu jelas gak tak kasih. Soalnya kan niatnya minjem dan akan dikembalikan, tapi ya sudahlah… sudah terjadi.

Tinggalkan Balasan

