Resep: Oseng-oseng Cabe Hijau

Kali ini saya akan membahas sebuah resep salah satu masakan kesukaan saya, “Oseng-oseng Cabe Hijau”. Sebelumnya resep ini sudah pernah saya unggah ke beberapa sosial media, mulai dari instagram, path, dan facebook. Banyak pertanyaan dan rasa heran dari teman-teman saya di sosial media. Misalnya saja ada yang bertanya, hah serius ini cabe dibuat oseng-oseng? Gimana rasanya? Pedes enggak? Dan sebagainya.

Ternyata masih banyak yang belum mengetahui makanan ini, padahal ya makanan ini sudah ada sejak saya masih smp sekitar 14 tahun yang lalu atau mungkin bisa sudah ada sebelum saya lahir. Ya maklum ini adalah masakan kreasi Ebo’ (ibu) saya tercinta ā¤. Sebelum saya memberikan resepnya, terlebih dahulu saya akan sedikit memberitahukan tentang olahan cabe hijau ini.

Oseng-oseng Cabe Hijau tentunya terbuat dari cabe hijau yang ukurannya sama dengan jari-jari tangan kita (bukan cabe rawit yang berwarna hijau). Cabe yang besar ini kalau sudah tua dan berwarna merah biasanya dibuat pelengkap untuk membuat bumbu merah yang sebelumnya mengalami proses pengeringan. Mengenai rasa ya, menurut saya enak (persepsi setiap orang berbeda). Sedangkan untuk pedasnya sendiri tidak sepedas cabe rawit.

 

Berikut adalah resep untuk membuat oseng-oseng cabe hijau

BAHAN-BAHAN:

  • ½kg cabe hijau (cukup mahal yang saya beli di Pasar Kolpajung – Pamekasan Rp. 10.000,-)
  • 2-3 Siung Bawang Putih
  • 2-3 Siung Bawang Merah
  • 1-2 sdt Garam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

CARA MEMASAK:

  • Iris tipis-tipis cabe hijau (jangan memanjang)
  • Cuci sampai bersih cabe hijau yang telah diiris (kalau ingin mengurangi lagi rasa pedasnya, tinggal dikeluarin semua biji cabenya)
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, dan garam (diulek agar menjadi bumbu mentah)
  • Hangatkan minyak goreng
  • Tumis terlebih dahulu bahan-bahan (bumbu mentah) yang telah dihaluskan sebelumnya
  • Setelah bumbu agak matang, masukkan irisan cabe hijau tadi semua
  • Aduk hingga mulai layu
  • Campurkan air secukupnya
  • Aduk lagi hingga matang

NB: Mungkin sekitar 15 menit, sesuai nyala api dan tiriskan!

Selamat mencoba! šŸ˜‹

Tinggalkan komentar