Everything with Samsung Galaxy Note 5 : Next is Now

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Komik Strip Samsung Galaxy Note 5 Unpacked 2015-SlameTux-1

Bulan Agustus menjadi bulan penting bagi Samsung, karena lagi-lagi raksasa elektronik ini mengenalkan dua produk terbarunya sekaligus di lini smartphone -lebih ke Phablet-. Sebelumnya Samsung sudah mengenalkan dua produk inovatifnya, yakni S6 dan S6 Edge pada tanggal 1 Maret 2015 di Barcelona, Spanyol. Event kedua tahun ini bertajuk Samsung Unpacked 2015 yang diadakan di Lincoln Center, New York City, Amerika Serikat, pada hari kamis, 13 Agustus 2015 lalu. Samsung memperkenalkan produk barunya yang tak kalah keren dari pendahulunya, mau tau? “Mau mau”  Coba tebak!!! Hehehe. Terus mau tau juga, kenapa judul artikel ini Everything with Samsung Galay Note 5 : Next is Now?

Tidak tau, emang kenapa?” Yuk disimak baik-baik!

Yuph apalagi kalau bukan Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy S6 Edge+. Penerus Samsung Note series dan S series ini banyak dinanti-nanti kehadirannya oleh para penggemar setia produk Samsung. Banyak fitur dan teknologi baru yang ditawarkan, sehingga banyak pula yang berantusias pada event Global Unpacked Samsung Galaxy Note 5 yang diadakan di Lincoln Center, New York City. Sangat beruntung bagi -mereka- yang mendapatkan undangan dan bisa menghadiri secara langsung event akbar dari raksasa elektronik Samsung di Amerika.

Bagi yang tidak bisa menikmati secara langsung peluncuran Samsung Galaxy Note 5, hanya bisa H2C (Harap-Harap Cemas) menanti kabar dari media online, timeline sosial media, dan layanan berbagi video Youtube. Bagi yang ingin tau reportase atau suasana saat peluncuran Samsung Galaxy Note 5 bisa langsung melihat -cuplikan- acara reveal Samsung Galaxy Note 5 di bawah ini:

Sengaja memang videonya saya letakkan di atas, agar semua tertarik untuk bisa memilikinya. Bagaimana, sudah puas melihat videonya? Ngerti kan apa isi dari cuplikan acara di video tersebut? “Tidak…” Nah bagi yang menjawab seperti itu, yuk mari lanjut! Saya akan mengulas video yang telah dilihat tadi, dan bagi yang sudah mengerti juga harus dilanjut membacanya! “Pemaksaan” Hehehe… Tau kenapa alasannya? Yuph karena saya akan mereview lebih rinci lagi fitur-fitur dan teknologi terbaru yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 5 serta terobosan terbaru yang disematkan ke dalam produk baru Samsung tersebut. Tentunya dengan ulasan yang berbeda dari yang lainnya.

Saya sendiri waktu pertama kali melihat video ini dibuat deg-degan (apakah ini yang dinamakan cinta? “Efek jomblo“) pas opening, soalnya rasa penasaran dan ingin segera tau seperti apa wujud dan fitur dari Samsung Galaxy Note 5 sudah benar-benar memuncak. Siapa coba yang tidak penasaran dengan ponsel flagship yang bakalan hadir setelah santer diberitakan sebelumnya di berbagai media online mengenai keluarga baru dari Samsung Note Series, baik media nasional maupun internasional. Ratusan audience sangat antusias melihat layar yang berukuran besar, melebihi layar bioskop.

JK Shin

image

Opening selesai, langsung dibuka oleh Mr. JK Shin selaku President & CEO Samsung Electronics. Beliau menjelaskan perkembangan Galaxy Note mulai dari keluaran pertama (2011) hingga yang terbaru saat ini (2015). Sudah empat generasi yang ditorehkan Samsung Galaxy Note series, dan generasi yang kelima adalah Samsung Galaxy Note 5. Untuk Samsung Galaxy Note 5 ini memiliki konsep desain yang berbeda dari pendahulunya, bagian belakang memiliki bentuk kurva di kedua sisinya (kanan dan kiri) sedangkan di setiap sudutnya tetap sama. Bagian depan masih tetap mempertahankan ukuran yang sama, hanya saja memiliki bezel yang lebih tipis dan juga letak sensor yang berbeda, karena “layar yang besar memberikan pengalaman yang lebih luas”. Beliau menjelaskan bahwa manusia pada umumnya menggunakan smartphone untuk dua kebutuhan, yang pertama adalah Multimedia Cunsomers (misalnya memutar musik, menonton video, bermain game, dan mencari kesenangan lainnya lewat smartphone) sedangkan untuk yang kedua adalah Multitaskers (misalnya smartphone harus memiliki fitur seperti halnya yang ada di PC, mulai dari multi window, smart editor, aplikasi perkantoran, dan lain sebagainya).

Oke, keinginan saya bertambah ketika sampai di menit 8 detik ke 14. Waktu Mr. JK Shin membawa dua smartphone yang “wooow” keren banget dan sekaligus menunjukannya kepada audience yang hadir saat itu, yuph apalagi kalau bukan Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy S6 Edge+. Beliau kemudian melanjutkan pembahasan ke fitur Samsung Pay yang lebih dioptimalkan lagi. Penasaran kan apa itu Samsung Pay, simak terus pembahasan saya! Dijamin makin mencerahkan, secerah mentari pagi. Hehe

Justin Denison

image

Sesi kedua dilanjutkan oleh om Justin Denison selaku Vice President Product Strategy and Merketing Samsung Electronics America. Beliau memaparkan lebih rinci lagi mengenai alasan dan sebab-musabab pembuatan smartphone dengan layar besar. Dengan layar yang besar membuat pengguna lebih leluasa dalam berkarya atau bersosialisasi dengan pengguna lainnya melalui konverensi video. Samsung sangat mengerti keinginan dari penggunanya, sehingga terciptalah Samsung Galaxy Note, yang dulunya dianggap tidak biasa/tidak normal. Justru sekarang layar besar adalah hal yang normal plus wajar dan menjadi keharusan bagi seluruh smartphone modern saat ini.

Di menit 12 detik ke 51, lagi-lagi keinginan saya untuk memiliki ponsel tersebut semakin memuncak gara-gara om Justin Denison memperlihatkan Samsung Galaxy Note 5 yang berwarna emas (gold platinum). Selain itu di menit 15 detik ke 30, keinginan saya sudah melebihi puncak dan hampir melayang gara-gara om Justin menampilkan Keyboard Cover yang merupakan teknologi terbaru dari Samsung Galaxy Note 5. OMG, *dalam batin sungguh menyiksa banget melihat video ini*. Keyboard Cover-nya keren banget, bentuknya yang stylish dengan tipe keyboard Qwerty keypad fisik. Tidak bisa dijelaskan lagi keinginan saya seperti apa, tapi mari tetap kita lanjutkan!

Alanna Cotton

image

Sesi yang ketiga disampaikan oleh tante Alanna Cotton yang menjabat sebagai Vice President Product Marketing Samsung Electronics America. Beliau menjelaskan tentang Samsung Galaxy S6 Edge+, yang memiliki body lebih besar dari pendahulunya yakni S6 Edge. Bedanya, untuk S6 Edge+ memiliki ukuran layar yang lebih besar dan juga layar lengkung di kedua sisinya. Sedangkan pendahulunya yakni S6 Edge, hanya memiliki layar lengkung di salah satu sisinya saja. Untuk yang ini di-skip dulu ya! Soalnya makin meledak-ledak nanti saya. Lanjut ke menit 20 detik ke 52 aja ya! Selain mengenalkan S6 Edge+, juga diperkenalkan aksesoris tambahan dari Samsung. Berupa headset yang diberi nama Level on Wireless Pro.

Pada menit 23 detik ke 22, om Justin Denison kembali lagi ke panggung menggantikan tante Alanna Cotton. Kali ini beliau menjelaskan lebih rinci lagi mengenai dua ponsel flagship Samsung yang dinanti-nanti banyak orang. Mulai dari layar Super AMOLED Quad HD yang berukuran 5,7″ dan RAM 4 GB LPDDR4, jadi meskipun banyak membuka aplikasi, tidak ada yang namanya nge-lag atau crash. Ponsel tetap smooth dengan sokongan RAM dan dapur pacu yang besar, serta layar yang memanjakan mata, tak hanya di situ saja beliau juga menginformasikan kalau smartphone keluaran terbaru dari Samsung ini sudah menggunakan LTE Kategori 9.

Penjelasan dilanjut ke sektor kamera, kameranya keren abis. Mau foto-foto hayuk, mau video juga silahkan. Kualitasnya ajib banget, bayangkan saja kita bisa merekam video dengan ukuran 4K, nomor wahid dah pokoknya. Hasil foto atau video bisa langsung disimpan di laptop karena telah tersedia fitur SideSync yang lebih dioptimalkan lagi oleh Samsung dan memungkinkan untuk berbagi file secara realtime, baik dari ponsel ke PC maupun sebaliknya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan yang namanya lowbat, karena samsung menyediakan Fast Charging.

Injong Rhee

image

Pada menit 31 detik ke 55 om Injong Rhee selaku Executive Vice President Head of Samsung Pay Samsung Electronics, beliau menjelaskan lebih rinci lagi mengenai Samsung Pay. “Eh ngomong-ngomong om Rhee orang Tegal ya?” Bukaaannn… “Lah itu kok namanya Inyong Rhee?” Hiks… itu bukan Inyong tapi Injong, pake J kale bukan pake Y. Oke lah lanjut, abaikan percakapan barusan! Om Injong menjelaskan dua fitur keren dari Samsung yang emejing. Di antaranya adalah Samsung Pay dan Samsung Knox.

Sebenarnya dua teknologi ini sudah ada pada pendahulunya, apalagi Samsung Knox yang lebih dulu ada. Tapi memang teknologi baru yang benar-benar dioptimalkan adalah Samsung Pay, karena target utama adalah pasar global. Ingin tau apa itu Samsung Pay dan Samsung Knox? Yuk mari dilanjut bacanya! Sebelum acara selesai, tante Alanna mengumumkan peluncuran Samsung Galaxy Gear S2 yang akan dilaksanakan di Berlin, Jerman pada tanggal 03-09-2015 mendatang. Setelah semua acara selesai, seluruh audience keluar ruangan dan melihat-lihat booth Samsung. Bisa mencoba kemampuan dari ponsel flagshipnya juga loh secara langsung dan me-review Samsung Galaxy Note 5.

Simpelnya sih perhelatan akbar yang diadakan oleh Samsung di Lincoln Center, New York City, Amerika Serikat pada hari Kamis (13/8/2015) yang lalu benar-benar menarik perhatian media global. Baik media nasional maupun media internasinal, semua berlomba-lomba menghadiri event yang diadakan oleh Samsung ini. Ratusan audience dari berbagai negara hadir untuk meliput detik-detik peluncuran Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy S6 Edge+. Semua mata tertuju pada tiga layar besar yang  tergabung menjadi satu dengan menampilkan produk-produk terbaru dari Samsung di lini smartphone. Tak hanya itu, fitur-fitur dan teknologi terbaru dari Samsung juga tak luput dari sorotan media. Banyak terobosan terbaru yang dibenamkan pada Samsung Galaxy Note 5, mulai dari segi desain, material, teknologi, dan fitur-fitur terbaru dari Samsung Galaxy Note 5.

Gelaran acara Global Unpacked Samsung Galaxy Note 5 membuat mata terpesona, dikarenakan efek “penasaran” dengan yang namanya Samsung Galaxy Note 5. Mulai dari pembukaan ketika hitungan mundur hingga penutupan dan dilanjut ke kunjungan tiap booth Samsung. Selain teknologi dan fitur-fitur yang telah disebutkan, masih banyak terobosan terbaru yang diterapkan pada Samsung Galaxy Note 5. Ingin tau apa saja terobosan tersebut? Info lebih lengkap dan ter-update bisa langsung cek di sini www.GalaxyLaunchPack.com ya! Oke, yuk simak cerita singkat dari SlameTux dan Stevian!

Komik Strip Samsung Galaxy Note 5 Unpacked 2015-SlameTux-2

Samsung tak hanya memperkenalkan produk barunya, tapi beberapa terobosan yang baru juga ikut diterapkan pada lini smartphone mereka? Yuph mulai dari segi desain, material atau bahan, teknologi, fitur, dan aksesoris tambahan pendukung lainnya. Samsung Galaxy Note 5 memang memiliki segudang fitur baru dan teknologi yang canggih, seperti apa spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 5? Mari simak gambar di bawah ini:

Full Spesification from Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Bagaimana, keren kan spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 5? Berikut akan saya review lebih rinci lagi mengenai spesifikasi dan terobosan baru apa saja yang dibenamkan ke dalam Samsung Galaxy Note 5.

Varian Warna

Bagi anda yang suka dengan style, Samsung Galaxy Note 5 sangat cocok dan stylish buat anda. Tau kenapa? Selain karena tersedia dalam empat varian warna, desainnya yang menawan dan elegan juga patut menjadi pilihan. Apa saja keempat varian warna tersebut? Berikut adalah empat varian warna yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 5 kepada para penggunanya.

Empat Varian Warna Samsung Galaxy Note 5

Dari segi desain, Samsung Galay Note 5 memiliki desain yang mewah, berkelas, dan elegan. Tak akan ada kata “HP murahan” yang terucap, karena balutan body yang premium semakin membuatnya semakin berkelas. Tampilan depan Samsung Galaxy Note 5 tak jauh berbeda dengan Galaxy Note sebelumnya, yang membedakan hanyalah letak sensor. Bagian belakang, jelas terasa sangat berbeda dari sebelumnya karena ada lekukan di sisi kanan dan kiri layaknya S6 Edge+.

Design Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Curvy Design

Desain dari Samsung Galaxy Note 5 menurut saya lebih hampir mirip dengan Samsung Galaxy S6 Edge+, tentu saja apabila dalam keadaan terbalik. Pada body bagian belakang hampir sama dengan bagian layar Samsung Galaxy S6 Edge+, yang sama-sama memiliki lengkungan di kedua sisi kanan dan kirinya. “Terus apakah ada maksud dan tujuannya melengkungkan sisi-sisinya?” Ya jelas ada donk, tujuan dibuat melengkung sisi kiri dan kanan dari Samsung Glaxy Note 5 adalah untuk mempermudah dalam menggenggamnya atau dengan kata lain agar nyaman saat digenggam (hand grip). Dan memang terbukti, desain seperti inilah yang benar-benar nyaman saat digenggam. Di kedua sisinya tidak membuat telapan tangan sakit, bahkan ingin selalu menggenggamnya. Material kelas atas yang disematkan ke dalam Samsung Galaxy Note 5 membuatnya semakin kokoh dan lebih stylish berbahan kaca dan metal, tapi jangan salah dulu! Kaca yang dipakai bukan kaca biasa, tapi generasi terbaru dari Gorilla Glass. Sedangkan untuk metalnya sendiri menggunakan metal (aluminium) seri 7000.
Curvy Design Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Kaca dan Metal

Body depan dan belakang yang digunakan Samsung Galaxy Note 5 terlindungi oleh material panel kaca terbaru dari Corning, yuph apalagi kalau bukan Corning Gorilla Glass 4. Varian ini memiliki ketahanan terhadap benturan dan goresan yang lebih kuat dari sebelumnya -Gorilla Glass 3-, sehingga body dari Samsung Galaxy Note 5 akan terlindungi dengan cukup baik dari segala macam goresan. Sedangkan untuk bingkai atau bagian sisi-sisinya terbalut dari metal (aluminium) seri 7000 yang dipakai juga pada device Samsung sebelumnya (S6 & , yang artinya memiliki ketahanan 60% lebih kuat dari metal biasa dan juga lebih ringan. Hal inilah yang menjadi faktor utama kemewahan Samsung Galaxy Note 5. Satu kata untuk saya sendiri “wooowww…”. Dengan memiliki body seperti ini, tentunya bisa banget dibawa pada saat kegiatan outdoor.

Body Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Teknologi kelas tinggi juga disematkan ke dalam Samsung Galaxy Note 5 guna menunjang performa yang dimilikinya. Teknologi apa saja yang ditingkatkan pada Samsung Galaxy Note 5? Beberapa teknologi yang ditingkatkan lagi oleh Samsung di antaranya adalah S Pen, Screen atau Layar, RAM, Chipset, Kamera, Baterai, memori Penyimpanan, dan fitur lainnya.

S Pen Stylus

S Pen Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

S Pen milik Samsung Galaxy Note dari awal memang berbeda dengan stylus lain yang lebih sebagai pengganti jari, berujung tumpul, dan bahkan ada yang memerlukan baterai dalam penggunaannya. S Pen dari Samsung Galaxy Note benar-benar berfungsi layaknya sebuah pena, yang memiliki ujung lancip seperti pena pada umumnya untuk menulis dan menggambar. (Jangan samakan aku dengan yang lainnya, hehehe). Hanya saja di seri S Pen yang ada pada Samsung Galaxy Note 5 lebih dioptimalkan lagi penggunaannya. Misalnya saja lebih presisi dan kebih hidup, juga pada saat mengambil S Pen dari -katakanlah- slotnya. Anda tidak perlu lagi repot-repot lagi untuk mencongkelnya, cukup dengan menekan (push) ke dalam dan taraaa… S Pen stylus akan keluar dengan sendirinya ya meskipun hanya sebagian (headnya saja) dan Anda cukup untuk menariknya lagi agar keluar semua, karena apabila masih belum ditarik S Pen tidak akan keluar. Jadi hal ini memungkinkan juga agar S Pen tidak mudah jatuh dan hilan, S Pen generasi terbaru ini dirancang auto eject untuk mengaktifkan screen memo. Satu lagi kelebihan -mungkin masih banyak- dari S Pen Samsung Galaxy Note 5, pada saat membuat catatan maka arsiran menyesuaikan tekanan. Jadi semakin ditekan semakin jelas, tapi ketika S Pen semakin diangkat hasil arsiran semakin halus dan samar-samar sama.

Super AMOLED Quad HD

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Samsung masih menggunakan teknologi Super AMOLED pada tiap varian kelas atasnya, termasuk Samsung Galaxy Note 5. Mengenai ukurannya, masih sama dengan pendahulunya yang memiliki ukuran layar 5,7 inci Super AMOLED dengan resolusi 2560 x 1440 Quad HD dan kedalaman 518ppi. Smartphone ini memiliki dimensi ukuran 153,2 x 76,1 x 7,6 mm dan bobot hanya 171 gram, yang artinya lebih ringan dari Note 4. Ringan kan? Namun yang membedakan dari seri Note sebelumnya adalah ukuran bezel yang lebih tipis (dari segi layar), dan perbedaannya lagi ada di letak atau posisi dari sensor. Untuk masalah tampilan dijamin super jernih, gak akan ada yang namanya kotak-kotak piksel yang kelihatan. Dalam menampilkan foto dan video, layar Super AMOLED ini memiliki detail yang sangat bagus dan tajam. Tingkat kontras yang ditampilkan sangat tinggi, khas layar OLED dengan saturasi yang kuat.

Layar Super AMOLED Quad HD Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Teknologi layar Super AMOLED memiliki kinerja layar yang maksimal, dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dibandingkan layar biasa. Kalau misalnya anda berpindah dari layar Samsung Galaxy Note 5 ke layar Samsung Galaxy Ace Duos atau Galaxy Young, ibaratnya tuh berpindah dari TV HD ke TV tabung. Kualitasnya beda jauh, layar dari Samsung Galaxy Note 5 sudah tidak terlihat lagi titik-titik pikselnya. Terbayang kan kalau Samsung Galaxy Note 5 dibandingkan dengan fitur phone? Ya bisa dijawab sendiri lah seperti apa jawaban yang tepat. Mau dibilang lebay? Ya mungkin sedikit lebay sih, ingat loh hanya sedikit. Namun pada kenyataannya kualitas layar Samsung GALAXY Note 5 memang sangat luar biasa jernih dan tajam. Layar seperti ini yang benar-benar dapat memanjakan mata penggunanya dan seharusnya ada pada setiap smartphone kelas premium.

TouchWiz ui

Tampilan layar milik Samsung Galaxy Note 5 tetap menggunakan TouchWiz UI yang berjalan di sistem operasi Lollipop 5.1.1 (selangkah lebih maju dari pendahulunya), sedangkan untuk pendahulunya menggunakan sistem operasi Lollipop 5.0.1. Namun sudah dioptimalkan secara maksimal, sehingga tampilannya berbeda dengan pendahulunya. “Terus kenapa kok tidak memakai sistem android yang terbaru saja -Marshmellow-?” karena sistem operasi Android yang terbaru masih akan di-release awal tahun 2016. Jadi, kemungkinan besar Samsung Galaxy Note 5 akan mendapatkan update ke Android M. Setidaknya harus bersabar hingga awal tahun depan ya untuk bisa merasakan sensasi TouchWiz UI android M!  Perbedaan yang signifikan sangat tampak antara TouchWiz UI Samsung Galaxy Note 5 dengan sebelumnya (Note 4). Tampilan dan iconnya lebih lembut dipandang mata, banyak perubahan yang signifikan pada TouchWiz UI yang disematkan pada Samsung Galaxy Note 5. Mulai dari icon, status bar, dial pad, air command, setting, dan tentunya masih banyak yang lainnya. Penasaran kan dengan perbedaan si adik dan si kakak? Berikut perbedaannya:

TouchWiz Samsung Galaxy Note 5 vs Galaxy Note 4

TouchWiz UI Samsung Galaxy Note 5 vs 4

TouchWiz UI yang baru memang lebih ramping dan terasa lebih baik dalam mengatur management RAM, sehingga terasa lebih efisien dalam pengaturan daya baterai. Jika anda sudah menjadi pengguna beberapa device Samsung dari lama (misalnya saya pengguna Samsung Galaxy Young dan Samsung Galaxy Ace Duos), akan merasakan perubahan TouchWiz UI yang jauh semakin lebih baik. terasa semakin terstruktur, bisa dikustom sesuai keinginan, ringan dan cepat. Jujur, saya dibuat takjub dengan tampilan ala TouchWiz UI yang ada pada Samsung Galaxy Note 5. Benar-benar berbeda dengan ponsel low entry milik saya, karena semakin tambah premium device keluaran terbaru dari Samsung. Bagaimana, masih setia kah anda dengan ponsel yang and miliki sekarang? Saya rasa anda sudah mulai berpaling ke Note 5 (sama, saya juga berharap bisa move on dari Ace Duos dan Young). Samsung Galaxy Note 5 bagaikan magnet yang menarik perhatian semua orang, baik yang tua, muda, dewasa, dan remaja.

RAM 4 GB

Multitasker Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Sokongan RAM yang besar yakni 4GB LPDDR4 (sebelumnya pada Note 4 2GB LPDDR3), membuat performa Note 5 semakin luar biasa. Sebanyak apapun aplikasi yang terbuka, Samsung Galaxy Note 5 masih bisa mengatasinya. Tidak ada ceritanya nge-lag, nge-hank, ataupun crash. Note 5 tetap akan berjalan smooth, se-smooth wajahmu *sambil nunjuk ke anda yang lagi baca artikel ini*. Kata siapa RAM tidak terlalu berpengaruh terhadap jalannya aplikasi? Justru RAM lah yang bekerja ekstra agar aplikasi tetap berjalan meskipun di belakang layar. Nah dengan bantuan RAM sebesar 4 GB inilah smartphone bisa bernafas lega dan menghirup udara kebebasan. RAM dengan ukuran besar seperti itu, sangat mampu dan memungkinkan untuk membuka puluhan aplikasi sekaligus dan tidak akan mengalami lag. Ini pas banget buat saya yang suka membuka banyak aplikasi, apalagi saat desain dan editing foto di smartphone. Pasti bakalan lancar banget dan tidak akan mengalami force closed pada aplikasi yang dijalankan.

Chipset Exynos 7420

Chipset Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Selanjutnya dari segi dapur pacu atau prosesor, untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy Note 5 diotaki oleh chipset buatan Samsung sendiri yakni Exynos 7420 Octacore CPU dengan 4 inti berarsitektur ARM Cortex-A57 (dikenal lebih kencang) yang berjalan di 2,1 GHz dan 4 inti lainnya berarsitektur ARM Cortex-A53 (dikenal lebih irit baterai) yang berjalan di 1,5 GHz, chipset ini memiliki arsitektur 64-Bit berteknologi 14 nm FinFET. Chipset ini diklaim mampu menghemat daya dan dua kali lebih cepat dengan ukurannya yang lebih kecil dari seri sebelumnya. Chipset Exynos 7420 sudah sangat mumpuni dalam menopang kinerja Samsung Galaxy Note 5, di antaranya untuk memainkan game 3D dengan grafik yang sangat bagus. Smartphone ini dapat melumat habis game-game besar sekalipun yang memiliki grafik tinggi. Selain bisa melumat game dengan grafik tinggi, ponsel ini juga dapat memainkan multimedia berukuran besar (seperti misal video berukuran 4K). Bakalan menunjang banget nih pada setiap aktivitas saya ketika bermain game dan menonton film terutama film animasi yang memiliki kualitas video besar.

Kamera

Aperture Kamera Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Dari segi kamera, Samsung Galaxy Note 5 mengalami peningkatan di bagian kamera depan menjadi 5 megapiksel dengan bukaan f/1.9. Untuk kamera utama (belakang) masih tetap setia dengan 16 megapiksel yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) dan dengan bukaan yang sama yakni f/1.9. Kalau bukaannya sebesar itu mah bisa diandalkan banget ketika motret di tempat minim cahaya. Pada saat siang hari pun (outdoor) kamera Samsung Galaxy Note 5 juga dapat diandalkan, ini karena Note 5 memiliki fitur terbaru yang disematkan ke dalamnya. Mau tau fitur apa yang disematkan ke kamera smartphone ini? Fitur barunya adalah Auto-real time HDR, jadi fitur ini memungkinkan pemrosesan HDR (High Dinamic Range) yang sangat cepat. Saking cepatnya ya, sampai-sampai tidak akan terasa perbedaan kecepatan antara mengambil foto dengan mode HDR off dan dengan mode Real Time HDR on. Selain foto, pengambilan video dengan kualitas tinggi (misal video dengan ukuran 4K) juga bisa dilakukan oleh Samsung Galaxy Note 5, karena sudah memiliki sensor yang besar dan minim guncangan berkat VDIS + OIS. Pada saat pengambilan video sedang berlangsung, anda juga bisa sambil mengambil foto secara bersamaan. “Terus apa lagi?” Nah kalau ingin review lebih rinci lagi, yuk dilanjut bacanya!

Heart Rate Sensor

Samsung Galaxy Note 5 juga memiliki sensor Denyut Nadi (Heart Rate Sensor), sensor Denyut Nadi ini letaknya berada di sebelah kamera utama tepatnya di bawah flash. Sebenarnya sensor ini sudah disematkan ke beberapa device Samsung premium lainnya. Sensor ini memungkinkan anda untuk mengetahui detak jantung tekanan darah, dan lainnya. Dengan cara memilih opsi menempelkan jari pada sensor dan tunggu hingga prosesnya selesai, mungkin memakan waktu sekitar dua hingga tiga detik. Bagaimana sungguh smart kan Samsung Galaxy Note 5? Sensor ini sangat berguna anda yang hobi berolahraga, karena dengan adanya sensor ini anda menjadi lebih pro lagi dalam berolahraga.

Non-Removable Battery

Samsung Galaxy Note 5 disokong oleh daya baterai yang cukup besar, yakni 3000mAh berjenis Li-ion Polymer. Pada generasi sebelumnya berkapasitas 3200mAh berjenis Li-Ion dan bisa dilepas. Namun pada Samsung Galaxy Note 5 sayangnya baterai tidak dapat dibuka (Non-Removable). “Terus gimana donk?” Ya kalau semisal suatu saat baterai kita ada masalah ya tinggal bawa ke service center Samsung, karena mereka yang memiliki alat untuk menganti dan sudah mengerti betul cara menggantinya. Gitu aja kok repot. “Apakah cukup dengan baterai segitu? Note 5 kan menggunakan teknologi tinggi, dan yang pasti akan boros daya”. Tidak juga, justru semakin tinggi teknologinya akan semakin bagus dalam menejemen daya. Biasanya teknologi tinggi, dirancang untuk semakin rapi dalam pembagian daya. Kapan harus menggunakan daya yang besar dan kapan menggunakan daya yang secukupnya untuk memasok kebutuhan mereka (baca teknologi). Intinya, manajemen daya sudah sangat bagus. Contohnya saja ya layar, layar Samsung Galaxy Note 5 sudah menggunakan Super AMOLED Quad HD, layar ini diklaim lebih hemat daya. Juga chipset yang digunakan yakni Exynos 7420, diklaim mampu memberikan performa yang bagus dan dengan penggunaan daya yang lebih sedikit. Belum lagi teknologi yang lainnya, pasti tidak akan boros baterai.

Jadi, masih kepikiran sama baterai yang Non-Removable yang hanya berkapasitas 3000mAh? Saya rasa sudah tidak lagi. Misalnya saja ya pada saat dalam keadaan mendesak dan tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian ulang Baterai, Samsung Galaxy Note 5 masih bisa diandalkan. Seperti kasus ini, baterai smartphone anda sudah tersisa 10% dan anda masih dalam perjalanan menuju rumah (naik ojek). Tinggal nyalakan saja fitur fitur power save mode atau yang lebih extreme lagi nyalakan Ultra Power Saving Mode, maka fitur ini dapat membantu anda dalam memperpanjang nyala smartphone hingg sampai di rumah. Ultra power saving mode ini akan meminimalisir tampilan warna (grayscale), dan membatasi aplikasi yang berjalan serta mematikan seluruh jaringan untuk menghemat baterai ponsel anda. Hanya aplikasi yang anda beri ijin saja yang bisa berjalan, misalnya saja sms, telpon, dll.

Tidak Ada Memori Eksternal

Di keluarga Samsung Galaxy Note series yang premium ini, slot memori eksternal dihilangkan (tanpa slot memori). Absennya slot memori eksternal membuat sedikit kecewa bagi sebagian fans setia Samsung (kalau saya tidak kecewa), karena Samsung Galaxy Note 5 hanya menyediakan penyimpanan internal sebesar 32 GB dan 64 GB menggunakan standar UFS 2.0. yang tentunya lebih cepat dan lebih stabil dalam proses pengolahan data di dalamnya. Samsung tidak menyediakan penyimpanan sebesar 128 GB pada seri Note 5, apakah ini merupakan suatu kekurangan yang dimilikinya? Saya rasa tidak, karena masih banyak kelebihannya. Kalau kurang sih ya hanya kurang slotnya saja, memori eksternal bisa diakali dengan beberapa fitur dan teknologi yang telah disediakan oleh Samsung. Tapi kan dengan besar penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB sebenarnya sudah mumpuni banget.

Komik Strip Samsung Galaxy Note 5 Unpacked 2015-SlameTux-3

Samsung sudah mensiasatinya dengan beberapa kemampuan sebagai pengganti memori eksternal. Misalnya saja penyimpanan cloud dengan kapasitas 100 GB free via OneDrive untuk dua tahun, bisa juga melakukan backup foto tanpa batasan ukuran ke Google Photos. Bagaimana masih kurang? Oke saya tambahkan lagi, Samsung Galaxy Note 5 juga mendukung USB OTG (On The Go). Itu artinya kita juga bisa menyimpan ke memori eksternal menggunakan CardReader yang memiliki port khusus USB OTG, bagaimana sudah teratasi kan masalah dihilangkannya slot memori eksternal? Atau menggunakan flashdisk dengan port yang bisa dicolokkan ke USB OTG. Bagaimana, tetap masih kurang? Menggunakan layanan SideSync juga bisa apalabila ingin memindahkan file ke PC ataupun sebaliknya (dengan wireless atau kabel data, karena sifatnya yang bisa mirrorring). Teknologi tuh semakin ke depan semakin canggih, dan tentunya banyak yang kurang berguna harus dihilangkan dan digantikan dengan fitur yang lebih modern lagi. Gimana masih harus kah slot memori eksternal itu ada untuk Samsung Galaxy Note 5? Tidak masalah kan meskipun tidak memiliki slot memory eksternal? Lagian sudah banyak solusi untuk mengatasi absennya slot memori eksternal di Samsung Galaxy Note 5.

Keyboard Cover

Keyboard Cover Samsung Galxy Note 5-SlameTux

Cover atau case -tambahan- yang dirancang khusus oleh Samsung ini memiliki keunikan tersendiri. Apa sih keunikannya? Yuph selain dari bentuknya yang unik, juga memiliki fungsi yang hampir lebih sama dengan keyboard qwerty pada umumnya. Yang membedakannya adalah keyboard cover hanyalah sebuah case -yang luar biasa- untuk Samsung Galaxy Note 5 (ada juga keyboard case khusus untuk S6 Edge+). Tanpa memerlukan batrei untuk menggunakannya, karena telah memanfaatkan teknologi NFC. Tinggal pasang case bagian belakang dan untuk case berbentuk keyboard qwerty letakkan di bagian depan atau layar. Apabila anda tidak ingin menggunakannya, tinggal letakkan case bagian depan (berupa keyboard qwerty) di case bagian belakang dan layarpun akan kembali ke ukuran semula.

Bagaimana sudah terpuaskan? “Capek ya baca review yang detail dan rinci seperti ini.” Tapi seru kan? Dan tentunya sudah banyak paham mengenai segala kecanggihan yang ada di Samsung Galaxy Note 5. Kalau capek, yuk ngopi-ngopi dulu dan nikmatin snack atau jajanan lain yang ada. Soalnya masih banyak yang harus dijelaskan, tujuannya sih agar anda bisa merasakan juga kecanggihannya meskipun tidak langsung memegangnya. Ya syukur-syukur anda segera memiliki smartphone ini. Nih ada komik strip lagi yang katanya akan lebih dalam membahas Samsung Galaxy Note 5, disimak ya!

Komik Strip Samsung Galaxy Note 5 Unpacked 2015-SlameTux-4

Fitur S Pen

Sebagai seorang blogger yang sering menghadiri gathering dengan blogger lain (antar komunitas) ataupun kopdar antar anggota dalam satu komunitas, setidaknya saya harus membawa sebuah buku catatan kecil. Biasanya sih disebut blok note, alasan membawa blok note karena untuk mempermudah mencatat. Biasanya pada saat kumpul-kumpul bersama teman yang lain sering mendapatkan inspirasi dan ide yang datang tanpa dipikirkan terlalu ribet, nah fungsi dari blok note adalah mencatat ide, saran, dan kritikan yang lewat begitu saja. Apabila tidak dicatat, ya bakalan hilang tuh semua ide gara-gara satu faktor, yakni lupa. Sekarang jaman sudah modern dan segalanya sudah berbau teknologi. Perlahan yang namanya menulis di kertas sudah mulai tergeser dengan yang namanya digitalisasi.

Saya orangnya memang pelupa (mudah lupa), jadi segala macam saran atau ide yang saya dapat harus dituangkan ke dalam sebuah catatan kecil. Misalnya saja ya, ketika ibu menyuruh saya untuk berbelanja di pasar. Saya harus mencatat semua pesanan ibu, kalau misalnya lupa untuk dicatat pasti ada barang belanjaan yang tidak terbeli. Alhasil harus balik lagi ke pasar untuk berbelanja barang yang lupa tadi. Semua masalah saya akan ditangani dengan adanya S Pen pada Samsung Galaxy Note 5, sehingga mempermudah saya dalam mencatat segala hal yang saya inginkan. Samsung Galaxy Note series sejak awal kemunculannya memang memberikan inovasi yang sungguh luar biasa. S Pen, yuph dengan menggunakan S Pen kita bisa menulis dan membuat catatan -pintar- layaknya di blok note. Tapi bedanya mungkin dari segi alat dan hasil, ketika menggunakan S Pen maka hasilnya bisa langsung disimpan atau dibagikan langsung ke teman-teman yang lainnya.

Samsung Galaxy Note 5 telah mengoptimalkan S Pen dari versi sebelumnya. Kini banyak fitur baru yang disematkan ke dalam S Pen untuk mempermudah dan menunjang kebutuhan dari penggunanya. Mulai dari Auto-Eject, Off Screen Memo, Air Comman yang bisa diakses dan dipindahkan ke mana saja, scroll capture, edit pdf, dan lain-lainnya. Apa saja sih yang menjadi andalan dari S Pen?

Off Screen Memo

image

Samsung Mobile Indonesia | Pre-Order http://www.GalaxyLaunchPack.com

Seperti yang saya katakan tadi, ide cemerlang itu terkadang datang secara tiba-tiba. Dan kalau tidak segera dicatat, biasanya akan lupa dan hilang begitu saja. Dengan adanya fitur Off Screen Memo pada Samsung Galaxy Note 5, anda tidak perlu khawatir lagi bakalan kehilangan ide yang baru saja terlintas di pikiran anda. Ketika ide datang, langsung saja ambil S Pen dari tempatnya meskipun layar smartphone dalam keadaan off kita bisa menulis ide-ide tersebut tanpa perlu menghidupkan layar lagi. Ide pun sudah tercatat sebagai memo dan bisa langsung disimpan di dalam perangkat anda. Inilah inovasi terbaru yang ada pada Samsung Galaxy Note genersi kelima.

Off Screen Memo Galaxy Note 5-SlameTux

Bagaimana, sangat bermanfaat kan? Pada saat layar mati saja Samsung Galaxy Note 5 masih bisa melakukan kewajibannya (sebagai sebuah smartphone), apalagi layar aktif dan menyala. Semakin banyak fitur yang lebih bermanfaat buat menunjang segala aktivitas kita semua.

Air Command

Air Command Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Selanjutnya adalah air command yang merupakan fitur canggih yang dimiliki Samsung Galaxy Note series, pada generasi terbaru fitur ini lebih dioptimalkan lagi. Misalnya saja menu yang ditampilkan lebih banyak dari pendahulunya. Pada Samsung Galaxy Note 5 menu yang ditampilkan maksimal sebanyak enam menu (tiga paten dan tiga lagi bisa diganti-ganti), sedangkan sebelumnya hanya menampilkan empat menu saja dan semuanya paten. Apa saja menu tersebut? Untuk menu yang sudah paten atau tidak bisa diganti lagi adalah Action Memo, Smart Select, dan Screen Write. Sedangkan untuk yang bisa diganti adalah S Note, dan dua menu lainnya.

Action Memo

Sering kan mengalami yang namanya terburu-buru? Misal terburu-buru mencatat alamat rumah, no telepon, bahkan alamat email. Action Memo membantu anda dalam menanganinya, karena semua tulisan tangan yang anda tuliskan menggunakan S Pen bisa diterjemahkan langsung menjadi huruf digital untuk disimpan di note, menyimpan nomor telpon di kontak atau juga bisa langsung menelpon, dan mengirim email. Bagaimana, sungguh smart kan si S Pen ini? Tingkat presisi dan akurasi yang ada pada Samsung Galaxy Note 5 sudah sangat canggih, sehingga kecil kemungkinan tulisan tangan anda tidak akan terbaca (terkecuali nulisnya asal-asalan versi sandi rumput). Ya tidak tau juga kalo semisal tulisan anda memang tidak bisa dibaca oleh orang, orang saja tidak bisa membacanya apalagi ponsel?

Smart Select

Sering juga kan memblok tulisan yang ada di buku, koran, atau majalah? Kalau di file pdf, e-book, dan halaman website? Terus pernah kan memilih sebagian gambar? Entah itu foto maupun gambar. Smart Select menjawab segalanya, dengan menggunakan fitur ini S Pen milik Samsung Galaxy Note 5 bisa digunakan untuk memblok tulisan dan bahkan bisa memilih gambar sesuai keinginan anda. Untuk gambar, anda bisa langsung memilih gambar yang sedang tampil di layar dan meng-crop-nya. Tidak hanya dicrop berbentuk kotak dan selesai, tapi anda juga dapat melekukan apakah gambar tersebut akan di-crop biasa berbentuk kotak atau bahkan mengikuti bentuk gambar dengan mengikuti tepian gambar. Nah, baru setelah dipilih, gambar yang telah anda crop kemudian bisa langsung disimpan atau bahkan dibagikan di sosial media. Bagaimana, sungguh membantu anda kan dalam aktivitas sehari-hari?

Screen Write

Ketika ada teman bertanya, di mana alamat rumahmu? Tolong donk print screen dan kirim petanya! *setelah dikirim*, “rumahmu yang mana?” Itu di perempatan yang kedua dari arah selatan dan belok ke arah barat kira-kira 500 meter ada gang ke utara, langsung aja tanya rumah bapak bla bla bla… Yang ada malah tambah bingung kalau penjelasannya seperti itu. Nah dengan fitur Screen Write anda dapat dengan mudah menambah catatan dari apa yang sedang tampil di layar. Misal menambahkan petunjuk pada peta agar dapat dengan mudah dimengerti oleh teman anda. Bahkan anda juga bisa menandai kalimat atau pernyataan penting menggunakan stabilo kalau itu benar-benar rumah anda. Selain itu Screen Write juga bisa menambahkan gambar dan tulisan pada foto secara langsung yang kemudian bisa disimpan atau dibagikan ke teman anda.

Scroll Capture

Ketika berkunjung ke blog orang lain (istilahnya di dunia per-blogger-an tuh namanya blogwalking) secara tidak sengaja menemukan destinasi wisata yang luar biasa dan ingin menyimpan informasi tersebut ke dalam bentuk gambar, fitur Scroll Capture sangat bisa untuk diandalkan. Selain bisa meng-capture seluruh laman blog/website, fitur ini juga bisa menambahkan tulisan pada hasil tangkapan layar (capture) tadi dan kemudian bisa langsung untuk membagikannya kepada teman yang lain. Kasus-kasus seperti ini nih yang sering saya alami, ketika ingin menjadikan halaman web atau blog ke dalam sebuah gambar tanpa perlu mengeditnya lagi (no combine). Sungguh sangat membantu sekali untuk menghemat waktu yang saya miliki.

PDF Editor

PDF Editor

Pernah kan anda mendapatkan -berkas penting- email yang isinya sebuah file berbentuk pdf dari bos, dosen, atau yang lainnya? Kemudian anda disuruh untuk menandatanganinya dan segera mengirim balik, ini adalah momen yang sungguh merepotkan. Di mana kita harus mencetak file tersebut, kemudian ditandatangani dan di-scan, selanjutnya kirim ulang via email. Iya kalau anda punya scanner, lah kalau misalnya tidak punya? Ya terpaksa kan harus pergi ke warnet biar bisa scan berkas yang sudah ditandatangani tadi, sungguh ribet bukan? Itu hanya salah satu contoh kasus saja, masih banyak kasus lainnya yang berkaitan dengan file pdf. Fitur Edit Pdf yang dimiliki Samsung Galaxy Note 5 sungguh sangat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Anda tinggal membuka file pdf (edit pdf), kemudian tandatangani berkasnya menggunakan S Pen dan simpan. Selanjutnya tinggal langsung dikirim balik. Selesai deh, tidak perlu ribet-ribet lagi scan berkas. Lebih cepat dan lebih efisien bukan? Menghemat waktu berharga anda.

Smart Multitasking

Smartphone sejatinya memang harus smart agar bisa menunjang segala aktivitas yang kita lakukan, baik saat sedang membaca berita di media online, menonton video, mengirim email, chatting, bermain game, menulis, dan lainnya. Samsung Galaxy Note 5 sangat memungkinkan hal tersebut dilakukan dalam satu waktu sekaligus, ya meskipun tidak semua, tapi bisa lah sebagian dijalankan secara bersamaan.

Komik Strip Samsung Galaxy Note 5 Unpacked 2015-SlameTux-5

Multi Window

Saya dari dulu mengidam-idamkan sebuah fitur yang ada pada PC, juga harus ada pada smartphone. “Memangnya fitur apa?” Multi Window, jadi dengan fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas secara bersamaan. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya bisa menampilkan lima panel aplikasi. Menurut saya ini sudah sangat luar biasa, ponsel mana coba yang memiliki multitasking seperti ini? Misalnya saja ya, saya ingin mengirim email, menampilkan browser, membuka sosial media, melihat foto di gallery, dan membalas sms. Hal ini sangat memungkinkan saja, karena Samsung Galaxy Note 5 sudah menyediakan fitur multi window. Itu artinya smartphone ini benar-benar smart. Multi window bukan membuka aplikasi dan berjalan di background, tapi multi window tuh membuka banyak aplikasi dan menampilkannya sekaligus dalam satu layar ponsel. Canggih kan fitur ini?

Multi Window Multitasking Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Refined Camera

Kamera, siapa sih yang bisa menjauhi godaan kamera untuk memotret dan membuat video? Baik memotret si selfie atau si budi, eh. Jawabannya mungkin tidak ada, semua orang pasti pernah dan atau bahkan sering menggunakan kamera. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Samsung Galaxy Note 5 memiliki kamera depan (5 MP) dan belakang (16 MP) dengan bukaan f/1.9. Kamera depan memiliki wide angel hingga 120°, ini sangat cocok untuk selfie ramae-rame. Sedangkan kamera utama merupakan perpaduan antara lima lensa yang berbeda, satu bingkai, dan satu kaca pelindung kamera. Tentunya menghasilkan foto yang cerah dan bagus meskipun di tempat yang minim cahaya. Sebagai seorang fotografer -amatiran banget- dan blogger -maunya sih pro-, kegiatan hunting foto selalu ada, mulai dari hunting foto model, human interest, potrait, landscape, dan macro. Selain foto-foto, juga sesekali membuat video dokumenter tentang perjalanan, tempat wisata, dan bahkan kuliner. Smartphone ini akan sangat membantu saya dalam berkarya menghasilkan foto dan video dengan kualitas bagus dan juga video yang besar.

Lensa Kamera Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Kamera yang tertanam pada Samsung Galaxy Note 5  dapat menghasilkan foto detail dan warna yang cerah, baik itu di dalam maupun luar ruangan. Teknologi apa saja yang dibenamkan pada kamera Samsung Galaxy Note 5? Untuk mode foto memiliki OIS Technology, sedangkan mode video memiliki teknologi VDIS + OIS. Apa itu OIS Technology dan apa pula itu VDIS + OIS? Dua teknologi ini yang membuat hasil foto dan juga video menjadi semakin bagus.

OIS Technology

Saya memang bukan seorang fotografer profesional, tetapi setidaknya tau lah faktor yang menyebabkan foto terlihat kabur (blur). Hanya ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah posisi tangan yang bergerak -walau hanya sedikit- sehingga hasil foto menjadi blur. Kemungkinan yang kedua adalah objeknya yang bergerak, jadi foto akan blur juga (biasanya pada saat pengambilan di tempat minim cahaya). Pengalaman seperti ini bisa saja diakali dengan yang namanya tripod, tapi bagaimana kalau yang bergerak itu objeknya? Nah pada kamera Samsung Galaxy Note 5 telah disematkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Dengan adanya teknologi ini, maka hasil foto akan semakin fokus dan terlihat jelas, karena dengan adanya OIS bisa meredam blur yang dihasilkan oleh kamera. Istilah gampangnya ya foto yang dihasilkan lebih bagus karena tidak ada blur, jadi sangat cocok menunjang aktivitas saya sebagai seorang bloggrapher (blogger sekaligus fotografer).

OIS vs VDIS

VDIS vs VDIS+OIS

VDIS + OIS

Teknologi menstabilkan gambar juga terdapat pada proses pengambilan video, yang disebut dengan VDIS (Video Digital Image Stabilization). Samsung menggabungkan teknologi ini dengan teknologi OIS pada Samsung Galaxy Note 5 agar pada saat pengambilan video tidak terjadi goncangan yang terlalu kuat. Setidaknya seperti pada saat mengambil video menggunakan alat bantu steadycam. Ya meskipun tetap ada guncangan pada saat pengambilan video, tapi tidak parah dan hanya sedikit terjadi guncangan lembut yang tetap menghasilkan video dengan kualitas yang bagus. Sungguh berguna kan teknologi ini bagi yang sering membuat video destinasi wisata atau video dokumentasi perjalanan? Wah kayaknya dengan menggunakan Samsung Galaxy Note 5 bakalan sering membuat video blogging nih.

Beragam Mode dan Filter

Samsung juga menyematkan berbagai macam mode dan filter di dalam kameranya, apa saja mode yang tersedia di dalamnya?

Mode Camera Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

  • Auto: Mode auto memungkinkan anda untuk mengambil gambar secara otomatis, tanpa perlu merubah pengaturan yang ada pada kamera.
  • Pro: Mode pro memungkinkan anda melakukan pengaturan pada kamera secara manual layaknya pada kamera profesional.
  • Selective Focus: Mode selective fokus memungkinkan anda memilih fokus sesuai dengan keinginan anda.
  • Panorama: Mode panorama memungkinkan anda mengambil gambar (terutama pemandangan) secara luas.
  • Video Collage: Mode video collage memungkinkan anda untuk membuat video dengan diisi banyak banyak frame di dalamnya.
  • Live Broadcast: Mode live broadcast memungkinkan anda membuat liputan (berupa video) secara live dan bisa langsung dilihat/ditampilkan di akun youtube anda.
  • Slow Motion: Mode slow motion memungkinkan anda membuat video dengan gerakan lambat, seperti saat menyaksikan perlombaan motor yang biasanya gerakannya akan diperlambat ketika melewati tikungan.
  • Fast Motion: Mode fast motion memungkinkan anda membuat video dengan gerakan cepat seperti di film-film action pada saat berkelahi.
  • Virtual Shoot: Mode virtual shoot memungkinkan anda membuat tampilan dan melihat objek dari berbagai arah secara tiga dimensi.
  • Food: Mode food memungkinkan anda dalam memotret makanan agar menghasilkan foto yang memiliki karakter kuat pada makanan tersebut.
  • Selfie Mode: Mode selfie memungkinkan anda mengambil foto selfie dan menambahkan beberapa efek sehingga membuat foto selfie tampak lebih menakjubkan.
  • Wide Selfie Mode: Mode wide selfie memungkinkan anda untuk mengambil selfie dengan banyak orang sekaligus, karena memiliki sudut pengambilan hingga 120°.
  • HDR: Mode HDR memungkinkan anda dalam memotret di siang hari ataupun malam hari dengan hasil objek yang lebih terang meskipun terdapat backlight. Samsung Galaxy Note 5 dilengkapi dengan fitur Auto Real-time HDR, baik pads kamera utama dan kamera depan. Fitur ini memungkinkan kamera secara otomatis mengaktifkan HDR.
  • dan masih banyak lagi mode yang bisa digunakan.

Gallery

Di bawah ini adalah beberapa hasil jepretan dari kamera Samsung Glaxy Note 5, saya jamin pasti anda tergiur melihat hasil foto-fotonya.

Foto Landscape (Cocok buat yang tinggal di Desa seperti saya)

Untuk foto-foto yang lain, silahkan KLIK DI SINI!

Battery

Samsung Galaxy Note 5 tertanam baterai Li-ion Polymer 3000 mAh, meskipun kapasitas baterai lebih kecil dibandingkan pendahulunya. Baterai pada Samsung Galaxy Note 5 terbilang sangat awet. Dalam penggunaan normal, smartphone ini hanya cukup melakukan isi ulang baterai sekali saja setiap harinya. Menejemen daya yang dimilikinya sungguh optimal, sehingga memungkinkan bertahan seharian tanpa melakukan isi ulang baterai berkali-kali. Samsung Galaxy Note 5 juga memiliki fitur ultra safe mode yang bisa menopang nyala ponsel seharian tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Di atas sudah banyak dijelaskan mengenai teknologi atau fitur terbaru yang dapat menghemat daya baterai. Dengan kemampuannya yang seperti ini, Samsung Galaxy Note 5 sangat cocok digunakan oleh orang -sok sibuk- seperti saya ini.

Adaptive Fast Charging

Adaptive Fast Charging

Salah satu yang menopang kehidupan baterai yang ada di ponsel adalah charger, banyak yang bermasalah dengan yang namanya charger. Masalah di sini bukan karena terbakar atau bahkan meledak, akan tetapi lebih ke lamanya proses pengisian ulang daya baterai. Banyak yang mengeluhkan kalau hpnya lama penuhnya saat nge-charge, ada yang bahkan tidak penuh-penuh meskipun sudah di-charge selama tiga jam lebih. Semua itu tidak berlaku bagi Samsung Galaxy Note 5, karena device terbaru dari Samsung ini memiliki fitur adaptive fast charging. Untuk melakukan pengisian daya baterai dari 0% hingga 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit atau sekitar satu jam setengah. Bagaimana, cepat bukan? Dengan baterai berkapasitas 3000 mAh, hanya memerlukan waktu kurang lebih 90 menit untuk melakukan pengisian penuh dari 0 persen. Nah samartphone yang seperti ini yang saya idam-idamkan dan yang saya inginkan.

Fast Wireless Charging

Fast Wireless Charging

Selain adaptive fast charging, Samsung Galaxy Note 5 juga sudah menggunakan fitur Fast Wireless Charging yang artinya Samsung Galaxy Note 5 bisa melakukan pengisian daya baterai tanpa kabel dengan cepat, hanya menggunakan wireless saja. Anda cukup meletakkannya di atas Wireless Charger, secara otomatis akan memberikan daya ke Samsung Galay Note 5. Namanya saja menggunakan wireless, jadi pada saat pengisian daya baterai tidak secepat menggunakan adaptive charger. Namun dengan kemampuannya yang luar biasa, Fast Wireless Charger hanya memerlukan waktu kurang lebih 120 menit untuk pengisian terhadap Samsung Galaxy Note 5. Mulai dari 0% hingga 100% hanya memerlukan waktu sekitar dua jam. Setidaknya hanya berbeda 30 menit dalam proses pengisian baterai. Benar-benar bersahabat banget ya dengan waktu, ngerti aja tuh kalau waktu adalah emas. Jadi, mau adu cepat (nge-charge-nya) dan tahan lama (baterainya) dengan Samsung Gakaxy Note 5? Kalau situh mah lewat, tidak ada apa-apanya.

Video Live Broadcast

Sering kan melihat berita di televisi yang memberitakan kejadian secara langsung? Atau sering melihat acara musik yang disiarkan di televisi secara langsung? Yang sering nonton tv -berita- pasti tau. Atau mendengar kata live streaming ketika ada acara berlangsung? Nah ini saya yakin, blogger pasti tau. Misal ya ada acara di Jakarta, tapi saya tidak bisa menghadirinya. Untungnya acara tersebut disiarkan langsung secara live (langsung) melalui internet, jadi beruntung sekali bisa juga menyaksikan acaranya secara langsung tanpa harus datang ke lokasi acara tersebut. Nah kabar gembiranya Samsung Galaxy Note 5 sudah menydiakan fitur Video Live Broadcast, yang artinya anda bisa melakukan live report hanya dengan menggunakan HP. Dan pada saat live report bisa dilihat oleh semua orang secara live streaming di akun youtube anda, karena fitur ini diintegrasikan dengan layanan berbagi video milik google (Youtube). Melalui kerja sama itu, pengguna Galaxy Note 5 bisa melakukan live streaming langsung melalui kamera utama dari Samsung Galaxy Note 5 yang memiliki resolusi 16 megapiksel. Jadi tidak perlu khawatir hasil live streaming jelek, karena dengan kamera sebesar itu dapat menghasilkan kualitas video yang besar, bagus, dan jernih. Dan tentunya dengan dukungan terhadap jaringan LTE kategori 9 yang juga ikut andil di dalamnya.

Live Broadcast Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Sidesync (PC-Phone Connection)

Fitur baru selanjutnya yang dibenamkan ke dalam Samsung Galaxy Note 5 adalah SideSync. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Galaxy Note sejak lama. Namun SideSync versi terbaru ini, pengguna bisa melakukan mirroring smartphone Samsung miliknya ke PC merek apapun. Sebelumnya, SideSync hanya bisa dihubungkan ke sesama ponsel. Namun untuk Samsung Galaxy Note 5, memungkinkan anda untuk menghubungkan smartphone miliknya ke komputer. Setelah terhubung, pengguna nantinya dapat mengontrol layar smartphone melalui PC. Dan berbagi file bisa secara mudah, tinggal drag and drop. Baik itu dari PC ke smartphone atau sebaliknya, dari smartphone ke PC. Kelebihan lain yang dimiliki fitur SideSync ini adalah pada saat Samsung Galaxy Note 5 sedang di-charge, kita tetap bisa menggunakannya dengan cara mirroring di PC. Ada dua cara dalam penggunaan SideSync, bisa menggunakan kabel data atau bisa juga menggunakan wireless.

SideSync Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Bagaimana, bermanfaat juga kan SideSync yang terdapat pada Samsung Galaxy Note 5? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur ini bisa menjadi solusi dari hilangnya slot memori eksternal milik Samsung Galaxy Note 5. Jadi, tidak akan ada yang namanya kehilangan momen pada saat smartphone di-charge. Aktivitas yang biasa dilakukan di smartphone masih tetap bisa dilakukan melalui PC yang telah terhubung sebelumnya. Mulai dari menerima telepon, sms, chat, sosial media, browsing, dan lain sebagainya.

NFC (Near Field Communication)

Saat ini tren pembayaran melalui kartu kredit, kartu ATM, dan kartu member sudah sangat booming, termasuk juga di Indonesia. Pembayaran bisa dilakukan tanpa menggunakan uang fisik, hanya tinggal gesek dan masukkan pin anda maka selesai juga transaksi belanja anda. Nah dengan kemajuan teknologi masa depan yang bahkan sudah ada saat ini, anda bisa melakukan pembayaran tersebut hanya dengan menggunakan smartphone yang anda miliki. “Serius bisa melakukan pembayaran dengan hanya menggunakan smartphone?” Iya serius. Tentunya dengan syarat, di dalam smartphone anda sudah harus terbenam teknologi NFC (Near Field Communication).

34 NFC

Teknologi ini memungkinkan smartphone anda sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, atau berbagi musik, foto dan dokumen dengan lebih efisien. Dengan NFC anda tidak perlu membawa dompet atau kartu kredit fisik anda (terlalu beresiko hilang) untuk berbelanja cukup membawa smartphone anda yang memiliki fungsi NFC. Terus apa bedanya dengan Samsung Pay? Kan sama-sama sebagai alat pembayaran? Oh beda, aplikasi seperti Samsung Pay hanya sebagai dompet elektronik saja, yang isinya bisa berbagai macam kartu kredit, ATM, dan kartu member, serta kartu belanja (maksimal 10 kartu di dalamnya). Sedangkan NFC adalah teknologi yang mentransmisikan kode-kode dari Samsung Pay ke alat pembayaran yang mendukung teknologi NFC, alat tersebut yang dinamakan Tag atau semacam reader untuk perangkat yang memiliki NFC. Bagaimana sudah mengerti kan perbedaan antara NFC dan Samsung Pay? Mudahnya tuh seperti ini, Samsung Pay adalah dompet yang isinya kartu. Sedangkan NFC adalah tangan yang menyodorkan kartu sekaligus menggesekannya ke alat pembayaran (reader).

Samsung Pay

Seberapa banyak sih anda menyimpan kartu kredit di dompet anda? Seberapa banyak pula anda memiliki kartu member untuk belanja? Tidak takut hilang? Tidak ribet? Tidak terlalu tebal di dompet anda? Kalau kartu anda banyak, pasti dompet anda ukurannya sangat tebal ya? Nyaman tidak kalo bepergian dengan dompet yang tebal? Dan isinya kartu kredit dan kartu member saja. Pasti agak risih juga kan? Samsung Galaxy Note 5 memberikan solusi dari masalah anda tersebut. Samsung Pay adalah solusi yang paling tepat bagi anda yang tidak ingin ribet dan hanya mau yang simple-simple saja. Apa sih Samsung Pay? Gimana cara kerjanya?

Samsung Pay Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Mr. JK Shin dan om Injong Rhee -pada video sebelumnya- Samsung Pay merupakan sistem pembayaran mobile (bahasa kerennya tuh mobile payment) nirkabel dari Samsung. Samsung Pay bisa sebagai dompet digital Anda, tau sendiri kan fungsi dompet? Untuk menyimpan uang, ATM, kartu kredit, kartu member, kartu belanja, kasbon (abaikan yang ini!), dan lain-lainnya. Jadi intinya  untuk membayar berbagai transaksi yang Anda lakukan. Dengan menggunakan Samsung Pay, kita bisa berbelanja kapan pun dan dimanapun tanpa membuat tebal dompet dengan segala macam kartu yang terbuat dari plastik. Cukup dengan menggunakan Smartphone yang kita miliki, semu belanjaan bisa kita bayar. Samsung Pay menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) dan MST (Magnetic Secure Transmision) sebagai sarana untuk mentransmisikan pembayaran Anda dengan mesin pembayaran yang ada di toko. Ingin penjelasan lebih lengkap? KLIK DI SINI untuk melihat lebih lengkap cara kerja dari Samsung Pay (tapi contohnya Samsung Galaxy Note 4). Terus masalah keamanan bagaimana? Tenang, Samsung Galaxy Note 5 sudah memiliki tiga keamanan yang kuat kok. Di antaranya adalah Fingerprint, Tokenization, dan Samsung Knox.

Fingerprint

Fingerprint sensor terletak pada tombol home Samsung Galaxy Note 5. Fingerprint merupakan fitur keamanan yang dapat anda gunakan untuk membuka Samsung Galaxy Note 5 saat terkunci, verifikasi Samsung Pay, atau untuk memverifikasi akun samsung anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah meletakkan jari -untuk verifikasi- ke tombol home (sensor pemindai sidik jari) selama satu detik saja. Maka secara otomatis kan melakukan verifikasi dan bisa menggunakan Samsung Pay untuk melakukan transaksi pembayaran, karena pembayaran akan dilanjutkan setelah otentikasi menggunakan fingerprint. Dengan adanya fitur ini, tingkat keamanan dari Samsung Galaxy Note 5 lebih terjaga. Dengan fingerprint ini juga anda bisa membuka layar smartphone anda yang masih terkunci sebagai verifikasi keamaan. Bagaimana masih meragukan Samsung Pay untuk transaksi pembayaran anda?

Samsung Pay Fingerprint

Quick Launch

Pemindai sidik jari (Fingerprint) yang terletak pada tombol home selain menjadi fitur keamanan dari Samsung Galaxy Note 5, sensor ini juga menjadi Quick Launch (peluncur cepat) untuk mengakses kamera. Quick Launch sejatinya sudah ada sebelumnya di S6 dan S6 Edge, Samsung Galaxy Note 5 ternyata juga menyediakannya. Quick Launch merupakan fitur yang memungkinkan anda untuk mengakses atau membuka kamera dengan cepat tanpa melakukan tap aplikasi kamera. Kelebihan dari Quick Launch adalah anda bisa membuka kamera walaupun pada saat layar mati (screen off), anda cukup melakukan double tap pada tombol home (sensor fingerprint), maka dalam hitungan sepersekian detik kamera sudah siap dipakai. Anda pun bisa langsung berfoto ria bersama teman-teman.

Tokenization

Selain menggunakan pemindai sidik jari (fingerprint) untuk menggunakan layanan Samsung Pay, anda juga bisa menggunakan Tokenization. Dengan menggunakan Tokenization memungkinkan anda melakukan verifikasi pembayaran memakai Samsung Pay dengan kombinasi angka yang telah anda tentukan sebelumnya. Perlu diingat, usahakan untuk tidak memberitahukan password anda kepada siapapun. Karena apabila anda sampai memberikannya kepada orang lain, secanggih apapun teknologi pasti akan kebobolan juga. Tokenization berguna bagi orang yang mungkin tidak ingin menggunakan fitur fingerprint sebagai verifikasi akun Samsung Pay-nya. Lebih nyaman dan aman (menurut anda) yang mana antara Fingerprint dengan Tokenization? Yang jelas Samsung Galaxy Note 5 sudah menyediakan segala fitur keamanan bagi pengguna device Samsung, sekarang kembali kepada si anda dan semua keputusan memang tergantung anda yang memutuskannya.

Samsung Pay Tokenization

Samsung Knox

Anda masih menginginkan tingkat keamanan yang lebih baik lagi untuk Samsung Galaxy Note 5 anda? Samsung membenamkan fitur keamanan yang benar-benar aman. Samsung Knox adalah sebuah solusi keamanan yang dirancang khusus oleh Samsung mulai dari aplikasi hingga hardware. Ada dua versi Samsung Knox, versi consumer atau pelanggan biasa dan versi enterprise. Di versi consumer, Samsung Knox dapat dimanfaatkan untuk melindungi data-data pribadi anda agar tidak dapat diakses orang lain (misal Samsung Pay). Sementara versi enterprise dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis dan membutuhkan peran IT Manager untuk mengatur setiap akun pengguna Samsung Knox. Samsung Knox merupakan fitur keamanan tingkat tinggi dan hanya tersedia di beberapa device tertentu saja dari Samsung, misalnya yang terdapat pada Samsung Galaxy Note 5. Maka dari itu, patut berbanggalah anda karena mendapatkan perlindungan yang lebih dari device Samsung anda.

Galaxy Gift

Raksasa elektronik Samsung tidak hanya berinovasi dalam menghadirkan kualitas produk serta menjamin pelayanan terbaik untuk para pelanggannya, Samsung juga menghadirkan konten eksklusif berupa Galaxy Gift. “Apa itu Galaxy Gift?” Bagi yang sudah lama menggunakan smartphone Samsung pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Galaxy Gift. Galaxy Gift merupakan konten eksklusif dari Samsung yang dipersembahkan kepada pengguna setia Samsung Galaxy. Nah untuk Samsung Galaxy Note 5, mendapat beberapa aplikasi premium dari Galaxy Gift. Mau tau apa saja aplikasi tersebut? Dari beberapa aplikasi premium yang diberikan, saya lebih tertarik ke beberapa aplikasi yang saya sebutkan ini:

Galaxy Gift Samsung Galaxy Note 5-SlameTux

Aksesoris

Setiap kali Samsung mengeluarkan device baru, biasanya juga diluncurkan aksesoris pendukung untuk device tersebut. “Apa saja aksesoris-aksesoris tersebut?” Salah satu contoh sudah saya sebutkan di atas yakni Keyboard Cover, Fast Wireless Charging, dan untuk lebih lengkapnya bisa KLIK DI SINI.

Itulah alasannya mengapa artikel ini diberi judul “Everything with Samsung Galaxy Note 5“, karena hampir semua aktivitas saya bisa didukung oleh Samsung Galaxy Note 5. Baik yang berhubungan dengan hobi, pekerjaan, atau bahkan hanya ingin bersantai ria. Sedangkan untuk embel-embel di belakang “Next is Now” merupakan tagline dari flagship terbaru dari Samsung. Menurut saya pribadi kata “Next is Now” adalah produk/teknologi di masa mendatang sudah ada sekarang yakni Samsung Galaxy Note 5. Oleh sebab itu judul dari artikel ini adalah “Everything with Samsung Galaxy Note 5 : Next is Now“.

Komik Strip Samsung Galaxy Note 5 Unpacked 2015-SlameTux-6

Rasanya tuh masih belum percaya kalau ada Smartphone secanggih ini, yuph apalagi kalau bukan Samsung galaxy Note 5. Oiya, sekali lagi yuk kunjungi link www.GalaxyLaunchPack.com dan jangan lupa subscribe ya untuk mendapatkan informasi paling update tentang Samsung Galaxy Note 5. Sekaligus anda bisa melakukan preorder Samsung Galaxy Note 5 di sana. Artikel ini merupakan opini pribadi yang diikutsertakan pada “Samsung Galaxy Note 5 Blog Competition #StartWithNote5” yang diselenggarakan oleh Samsung Indonesia dan IdBlognetwork. Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberi pengetahuan baru serta manfaat kepada anda semua. Aamiin, terima kasih sudah meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk membaca artikel ini.

image

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber penunjang (data & gambar) lainnya, dari:

  • samsung.com
  • inet.detik.com
  • tekno.liputan6.com
  • phonearena.com
  • youtube.com

NB: Klik Gambar atau Foto untuk Melihat Ukuran Lebih Besar!!!

Iklan

18 thoughts on “Everything with Samsung Galaxy Note 5 : Next is Now

  1. indah nuria Savitri berkata:

    yaaa ampuuun komplitnyaaa..panjaaang bangeet ini hihihi..
    Tapi beberapa catatan saya selama pakai samsung (bukan yang ini ya, tapi S5) adalah memang okeee banget kameranya. Dan fitur yang ada sangat user friendly. Fitur lainnya juga oke, terutama yang terkait dengan pekerjaan seperti push mail dan word-based features.

    Tapi body ringkiiih….ini jatuh sedikit samsung aku udah peot hehehe..Hp satu lagi (si buah nan lucu :)) yang aku pakai agak lebih kokoh bodynya. Pas untuk aku yang jorok hehehe.

    But all in all, merk ini recommended banget…

    • SlameTux berkata:

      Iya mbak, si Galaxy Note 5 memang punya banyak segudang kelebihan, fitur, dan terobosan terbaru. Makanya banyak banget yang harus dijelaskan.

      Kalau yang sekarang ini dijamin tak ada yang namanya “body ringkih”, karena bahannya sudah premium. Mulai dari frame body yang memakai metal dan depan belakang dilapisi gorilla glass 4. Makin keceh dah pokoknya..

      Cocok dipakai siapapun, pake banget…

  2. Blogger Indonesia berkata:

    Artikelnya super komplit dan sangat panjang… pastinya sangat bermanfaat bagi yang ingin beli..iya dong, harganya kan ngga murah itu Note 5, jadi jangan sampai salah pilih gara2 baca review yang kurang lengkap 🙂

    • SlameTux berkata:

      Terima kasih, karena saya bukan tim surveyor dari Samsung (saya hanya peserta) jadi tidak bisa menjawabnya. Yang jelas dengan spesifikasi yang mumpuni seperti yang telah saya jelaskan, hal itu bisa saja terjadi.

  3. Budiman berkata:

    Ulasannya lengkap sekali …
    Tapi mau nanya nih, kalau posisi sensor NFC nya di bagian blkg yg sebelah mana ya ? Mau nempel stiker NFC t-cash di posisi yg pas spy ngga interference… Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s