Rasio Foto di Instagram Tak Lagi 1:1 (Persegi)

Assalamu’alaikum,

Sejak awal kemunculan Instagram, pengguna hanya bisa mengunggah foto dengan rasio 1:1 atau berbentuk persegi. Sebenarnya itu menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para penggunanya (termasuk saya pribadi), lama-kelamaan hal tersebut menjadi kelemahan dari media berbagi foto milik facebook –setelah diakusisi– ini. Mengapa demikian?

Banyaknya permasalahan karena tidak dapat mengunggah foto dengan ukuran yang diinginkan oleh para pengguna, akhirnya muncul banyak aplikasi dari pihak ketiga yang memungkinkan untuk mengunggah foto dengan ukuran non-persegi di Instagram. Sebenarnya sih masih tetap foto persegi yang bisa ditampilkan instagram, karena aplikasi pihak ketiga hanya menambahkan bingkai pada sisi kanan/kiri dan atau atas/bawah.

Keluhan para pengguna instagram (yang tidak suka dengan rasio 1:1) dan juga kemunculan pihak ketiga (mungkin) merupakan faktor utama berubahnya juga pembatasan rasio foto di jejaring sosial berbagi foto dan video (berdurasi 15 detik) ini. Instagram akhirnya memutuskan untuk menambahkan dukungan aspek rasio lanskap dan potret. Untuk foto Lanskap bisa menggunakan rasio hingga 16:9, sedangkan untuk potret dibatasi hanya berukuran rasio 3:4 saja.

Apakah itu sudah cukup memuaskan anda? Bagi saya pribadi tentu belum puas, karena pada foto potret hanya berasio 3:4 saja. Sedangkan foto yang dihasilkan kamera ponsel 16:9, masak iya harus mengganti rasio foto menjadi 3:4 di pengaturan kamera ponsel? Ya mending memotong foto (potret) rasio 9:16 di Instagram dengan hasil 3:4. Selebihnya puas lah dengan pembaruan yang dilakukan instagram kali ini. Jadi karya foto tidak hanya mentok di rasio 1:1 dan tentunya tidak perlu lagi menggunakan pihak ketiga.

Pembaruan tersebut, hadir di Instagram versi terbaru yakni 7.5 pada iOS dan juga Android. Pada saat memilih gambar, pengguna disediakan sebuah tombol untuk beralih ke rasio asli gambar (perhatikan tanda lingkaran merah), bukan rasio 1:1. Tombol ajaib itulah yang dapat menentukan nasib foto yang anda miliki. Mau tetap rasio 1:1 bisa, rasio 16:9 (lanskap), dan rasio 3:4 (untuk potret). Setelah itu, pengguna dapat melanjutkan untuk mengedit foto seperti biasa dan mengunggahnya langsung.

image

Perhatikan Tanda Lingkaran Merah

Pembaruan yang dilakukan oleh instagram ini tak hanya untuk foto saja, hal itu juga berlaku juga untuk konten video. Tidak ada batasan dalam modus lanskap, namun dalam modus potret jika pengguna mengunggah dalam rasio 16:9 (vertikal). Maka akan dipotong untuk menyesuaikan dalam rasio 4:3, ya menyesuaikan lah dengan rasio foto. Durasi video tidak mengalami perubahan, yakni tetap pada watu maksimal 15 detik saja. Bagi yang sangat eksis dan suka membuat video, durasi 15 detik mungkin masih terasa kurang. Ya semoga saja kedepannya ada penambahan durasi meski hanya 5 detik saja.

Meskipun Instagram telah menghadirkan gambar lanskap dan potret (bukan persegi lagi), layanan berbagi foto dan video ini masih tetap menyajikan tampilan thumbnail persegi baik untuk foto maupun video pada profil. Bisa dilihat dari tampilan profil instagram saya, untuk thumbnail masih tetap berbentuk persegi dengan ratio 1:1.

image

Thumbnail Tetap Persegi

Berikut ini adalah dua contoh foto mode Lanskap dan potret dari akun Instagram SlameTux:

image

Foto Potret dengan Rasio 3:4

image

Foto Lanskap dengan Rasio 16:9

Seru juga kan kalau kita bisa mengunggah foto di Instagram tanpa memotongnya, silahkan dicoba ya!

Wassalamu’alaikum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s