Review Lengkap ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dengan Fitur Premium Harga Tetap Terjangkau

Assalamu’alaikum,

image

Kecepatan Autofocus pada kamera dalam menangkap objek semakin ditingkatkan dari waktu ke waktu, tak hayal terobosan demi terobosan telah tercipta. Salah satunya adalah fitur Laser Autofocus pada kamera, fitur ini biasanya hanya dapat ditemukan pada kamera DSLR, mirorless, dan smartphone premium yang harganya sangat mahal. Penggunaan Laser dalam menentukan titik fokus semakin cepat dan lebih baik dibandingkan tanpa menggunakannya.

Lalu, mengapa perangkat yang dibenamkan Laser Autofocus bisa sampai semahal itu? Alasan utamanya, karena fitur ini memang sebuah terobosan baru dalam proses penentuan titik fokus saat pengambilan foto atau gambar, oleh sebab itu perangkat yang memiliki fitur ini akan dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Dengan menggunakan Laser Autofocus mampu menangkap fokus objek dengan lebih cepat dan tepat, sehingga foto yang dihasilkan lebih tajam dan tidak akan kehilangan momen karena proses autofocus sudah lebih baik. Pengambilan gambar tetap akan terlihat bagus, baik itu indoor (pencahayaan minim) maupun outdoor (pencahayaan cukup).

Sejak kemunculan fitur ini pada kamera “mahal”, pernah berharap suatu saat nanti smartphone namun dengan harga yang terjangkau juga dibekali fitur tersebut. Hingga pada akhirnya harapan tersebut menjadi suatu kenyataan yang benar-benar nyata. Sebut saja Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG, smartphone yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau namun sudah dibekali dengan sensor Laser Autofocus pada kamera utamanya. Ini dia yang memang saya tunggu-tunggu, akhirnya yang dinanti-nanti datang juga.

Satu kata untuk Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG “WOW“, berani banget ya ASUS membuat smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau namun memiliki fitur yang sungguh sangat luar biasa seperti ini. Dan satu hal yang ada di benak saya saat ini “ingin memilikinya”. Apakah anda juga sepakat dengan saya? Jika iya, mari sama-sama mememsannya. Caranya gampang, tinggal kunjungi ASUS Store Indonesia dan lakukan pemesanan di sana! Saya yakin, ASUS memang sepenuh hati memberikan produk yang terbaik bagi para konsumen dan Zenfans sejatinya.

Terus, apa saja kira-kira yang membuat Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG menjadi primadona di kalangan pecinta gadget (smartphone) khususnya para Fotografer dan juga para Gamer? Mari simak percakapan antara SlameTux dan Stevian mengenai Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG, lalu apa tanggapan kami berdua dengan munculnya Smartphone terbaru dari ASUS ini?

image

Spesifikasi yang Sangat Mumpuni

Di awal sudah dijelaskan bahwasanya smartphone besutan ASUS yang terbaru ini memiliki keunggulan utama yakni Laser Autofocus yang berfungsi untuk mempercepat proses penangkapan fokus pada objek yang akan difoto. Lalu, bagaimana spesifikasi lebih lengkap dari Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG? Penasaran bukan? Mari simak bersama-sama spesifikasi lengkapnya pada gambar di bawah ini:

image

Bagaimana, lengkap dan menarik bukan penjelasan dari gambar yang ada di atas? Masih kurang lengkap? Butuh penjelasan yang lebih rinci lagi? Saya rasa anda semua masih sangat penasaran kan dengan segala macam fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG? Penjelasan lebih rinci mengenai fitur-fitur canggih yang dimilikinya bisa disimak di bawah ini!

Pilihan Warna yang Sesuai dengan Gaya Hidup

Apakah anda merupakan salah satu orang yang mementingkan penampilan atau style? Tenang saja, pilihan warna dari Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dapat mengikuti gaya hidup anda. Hal ini dikarenakan varian warna yang disediakan oleh ASUS cukuplah banyak. Lalu apa saja varian warna dari Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG? Berikut adalah beberapa pilihan warna yang dapat anda pilih guna mendukung penampilan dan aktivitas anda sehari-hari, di antaranya adalah Pure Black, Ceramic White, Hairline Silver, Sheer Gold, dan Glamour Red.
image

Pasti ada salah satu varian warna di atas yang sesuai dengan warna kesukaan anda? Kalau disuruh memilih, saya akan memilih warna “Hitam” alasannya karena warna hitam adalah warna netral yang memang saya sukai. Mungkin dari Zenfans lainnya ada memilih warna hitam juga? Berarti kita *tooosss* dulu donk! Eh warna silver juga bagus ternyata, putih juga ya gak kalah bagusnya.

Desain yang Memukau Terbalut dengan Kemewahan

image

Berbekal pengalaman yang sebelumnya (Zenfone 2 ZE551ML), dari segi desain memiliki kesamaan, yakni sama-sama “Mewah dan Menawan”. ASUS tetap mempertahankan kemewahan pada smartphone teranyarnya ini, meskipun dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap menawan dan sedap dipandang mata. Tak ada kesan smartphone murahan, karena memang terbalut dengan kemewahan. Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memiliki dimensi 143.7mm x 71.5mm x 3.5mm ~ 10.5mm, dengan bobot yang ringan hanya sebesar 145g.

image

Lalu apa saja yang dipertahankan oleh ASUS dari segi desain body? Dan apa saja perbedaannya jika dengan seri Zenfone 2 yang sebelumnya? Ingin tau lebih rinci lagi? Yuk simak mengenai desain dari body Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG!

image

Persamaan

Meski Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG merupakan produk keluaran terbaru dari ASUS, lantas tidak seluruhnya mengalami perubahan dari versi Zenfone 2 yang sebelumnya. Smartphone ini tetap mengikuti desain dari pendahulunya, apa saja kira-kira persamaan dari kedua seri Zenfone 2 tersebut?

Persamaan yang mencolok terletak pada desain body bagian belakang yang melengkung, dengan desain seperti ini tentunya terlihat lebih tipis karena pada sisi kanan dan kiri (pinggir) hanya memiliki ketebalan 3.5 mm sedangkan pada bagian tengah memiliki ketebalan 10.5 mm. Selain itu, desain body yang melengkung bertujuan agar pengguna tetap nyaman saat menggenggamnya. Coba perhatikan juga pada bagian casing belakang yang juga didesain sama dengan generasi sebelumnya, sama-sama memiliki tekstur yang seperti terbuat dari bahan aluminium dan didesain anti slip, sehingga lebih erat dalam genggaman tangan kita.
image

Selanjutnya adalah tombol fisik pada bagian bawah kamera utama dan juga pada sisi bagian atas tetap dibalut dengan lingkaran konsentris yang berjarak 0.13 mm, selain itu tekstur lingkaran konsentris pada bagian bawah tombol navigasi (back, home, and recent apps) yang juga masih dipertahankan hingga saat ini. Salah satu alasannya agar smartphone tetap terkesan mewah dan menawan.

Perbedaan

Selain persamaan di atas, tentunya ada sedikit perubahan yang diterapkan. Wajar donk kalau produk baru juga memiliki perbedaan dengan yang sebelumnya, perbedaan yang menonjol adalah ukuran layar yang lebih dirampingkan lagi. Zenfone 2 ZE551ML generasi sebelumnya menggunakan ukuran layar 6 inci, dan itu memang terlihat lebih bongsor dari yang terbaru saat ini. Sedangkan pada Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG ukuran layar 5 inci, layar dengan ukuran seperti ini merupakan ukuran yang umum digunakan oleh smartphone anyar. Sehingga tidak ada lagi kata “terlalu bongsor” saat dipegang, karena ukurannya memang disesuaikan dengan genggaman tangan.

Selain ukuran layar, pada bagian belakang body mengalami perubahan di tata letak dual tone LED flash karena ada penambahan Laser Autofocus. Dual tone LED flash posisinya di sebelah kiri kamera, sedangkan untuk Laser Autofocus terletak di sebelah kanan (posisikan penglihatan menghadap ke arah kamera). Berbeda dengan generasi Zenfone 2 yang sebelumnya, letak dual tone LED flash berada di bagian atas kamera dengan posisi horizontal.

image

Menggunakan Bahan yang Berkualitas Tinggi

Lagi-lagi bahan berkualitas tinggi disematkan ASUS pada Zenfone generasi terbaru yakni Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG yang telah didukung dengan Corning Gorilla Glass 4 pada bagian layarnya, untuk generasi sebelumnya dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Perlu diketahui bahwa Gorilla Glass 4 memiliki kekuatan 2 kali lebih baik saat terjatuh, 85% lebih tahan dengan goresan, dan 2.5 kali lebih kuat dibanding layar sebelumnya (baca Gorilla Glass 3).

image

Itu berarti, perlindungan pada layar semakin terjamin kualitasnya. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan layar Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG. Alasannya tau sendiri kan? Yuph, karena Om Gorilla sudah memberikan perlindungan level ke 4-nya.
image

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG sebagai smartphone kelas menengah juga tak mau kalah dengan smartphone premium lainnya, pasalnya dengan layar Super Bright IPS HD ukuran 5 inci ini memiliki ukuran bezel yang tipis. Smartphone ini memiliki rasio antara bodi dan layar yang lebih baik dengan angka 70% seperti layaknya smartphone premium. Jadi tidak terlihat lebih bongsor, bahkan dengan rasio seperti itu menggenggamnyapun jadi lebih mudah dan menatap layarpun jadi semakin betah berlama-lama.

Tampilan yang Elegan dengan Layar yang Jernih

Di bagian bawah kaca perlindungan Gorilla Glass 4 terdapat susunan layar tipis, jernih, dan responsif dengan ukuran 5 inci. Susunan layar tersebut telah menggunakan teknologi layar terbaru yakni GFF Full Lamination. Berbeda dengan smartphone kebanyakan yang masih menggunakan teknologi display G/G Air Bonding, teknologi layar seperti ini selain lebih tebal karena terdiri dari 5 lapisan layar. Tampilannyapun kurang jernih dan responsivitas lebih lambat dibandingkan dengan layar GFF Full Lamination.
image

Layar dengan teknologi GFF Full Lamination yang digunakan ASUS hanya terduri dari 4 lapisan layar saja, karena pada lapisan udara yang telah dihilangkan. Dengan dihilangkannya lapisan tersebur, akhirnya ketebalan smartphone secara keseluruhan dapat ditekan. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir tingkat pantulan dan memaksimalkan kejernihan, kecerahan, serta responsivitas sentuh agar lebih tinggi. Responsivitas pada layar Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG terbilang sangat tinggi, yakni 60ms. Hal ini tentu saja akan sangat terasa ketika bermain game, sehingga akan terasa lebih cepat dan lancar serta dibarengi pergerakan yang smooth tanpa lag.
image

ASUS memang memanjakan penggunanya agar bisa melihat tampilan yang ada di layar dengan nyaman, layar Super Bright IPS display berukuran 5 inci dengan kedalaman ~294ppi yang disematkan pada Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG ini telah menggunakan resolusi High Definition (HD) sebesar 1280×720 piksel. Akurasi warnanya bisa dibilang cukup baik, hal ini karena memiliki NTSC color range hingga 72%.
image

Untuk mengurangi risiko kelelahan mata saat melihat layar dalam jangka waktu lama, ASUS telah menyematkan Bluelight Filter yakni dengan mengurangi emisi cahaya berwarna biru hingga 30%. Sedangkan untuk pengaturan warna lebih lanjut, masih ada Asus Splendid yang juga sudah menyediakan beberapa modus warna layar. Sehingga Zenfans bisa berlama-lama menatap layar Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan.
image

Untuk pengalaman penggunaan yang terbaik, layar 5 inci IPS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG mendukung sudut pandang luas, hingga 178 derajat. Dengan demikian, konten pada smartphone dapat dilihat nyaris dari sudut manapun tanpa mengalami perubahan warna.
image

Layar yang digunakan pada Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG juga terbilang bagus, karena telah mendukung sentuhan hingga 10 jari. Bahkan telah mendukung glove hand mode, itu artinya pengguna yang sedang memakai sarung tangan pun bisa tetap bisa membuka berbagai macam aplikasi dan tetap sensitif. Menarik bukan? Nah bagi anda yang sering bepergian dengan motor tentunya tidak perlu dibuat repot lagi membuka sarung tangan ketika ingin mengangkat panggilan atau membalas pesan. Cukup berhenti di pinggir jalan dan jawab panggilan atau balas pesan tanpa membuka sarung tangan.

Antarmuka ZenUI Penuh dengan Variasi

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG menggunakan antarmuka ZenUI versi terbaru yakni 2.0 dan berjalan di platform Android Lollipop 5.0.2. Antarmuka ini menghadirkan kustomisasi tingkat lanjut agar smartphone yang anda gunakan dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Bagi anda yang tidak mau dibuat repot dalam mengakses aplikasi, ASUS ZenUI dilengkapi dengan ZenMotion untuk bisa mengakses aplikasi secara cepat. Anda hanya perlu mengusap layar dengan membentuk sebuah pola atau huruf di layar smartphone meskipun dalam keadaan terkunci. Contohnya, ketika kita mengusap membentuk huruf “C” pada layar, maka smartphone akan langsung membuka aplikasi kamera.

Serta fungsi lainnya yang dapat anda atur sendiri, misalnya ya seringkali anda memegang smartphone berukuran 5 inci dengan hanya menggunakan satu tangan, sehingga akan mengalami kesulitan saat bernavigasi. Sebab ukuran layar 5 inci terlalu besar untuk dijelajah dengan hanya menggunakan satu tangan saja. Nah solusinya jika anda merasa layar smartphone ini terlalu besar, silahkan untuk mengaktifkan fitur One Hand Operation Mode yang bisa mengecilkan ukuran layar agar mudah dioperasikan dengan satu tangan. Andapun tidak akan menemukan kesulitan lagi saat bernavigasi (misal mengetik).
image

Pun demikian, ketika anda ingin membuka dan mengunci layar tidak perlu repot-repot lagi menekan tombol power (on/off). Pada Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG sudah disediakan fitur “double tap to wake”. Fitur ini merupakan salah satu fitur dari Zenmotion bawaan ZenUI. Anda hanya perlu mengetuk layar sebanyak 2 kali untuk membuka kunci dari keadaan layar mati, kemudian jika dalam keadaan menyala anda hanya perlu mengetuk layar sebanyak 2 kali juga untuk mengunci layar kembali. Fitur ini biasanya tersedia di beberapa smartphone kelas premium, namun ASUS menghadirkannya pada smartphone kelas menengah agar para Zenfans juga bisa menikmati fitur ini.

Kinerja yang Dapat Diandalkan

image

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG berjalan dengan menggunakan sistem operasi android Lollipop 5.0.2, yang artinya smartphone ini sangat memungkinkan untuk mendapatkan update ke android versi terbaru yakni Marshmellow. Jadi, kurang apa coba?

image

Berbeda dari Zenfone 2 ZE551ML yang sebelumnya menggunakan chipset dari Intel, kali ini ASUS membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core @ 1.2 GHz dengan arsitektur ARM Cortex a53 64-bit. Selain itu Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG juga dibekali dengan GPU besutan Adreno 306 yang berjalan di clockspeed 450 MHz.

image

Chipset tersebut didukung juga oleh kapasitas RAM yang sangat besar di kelasnya, dengan ukuran 2 GB LPDDR3 untuk semua tipe Zenfone 2 Laser 5 inci. Menarik bukan? Dengan perpaduan antara chipset yang handal serta RAM yang besar membuat kinerjanya semakin lancar, sungguh sebuah smartphone kelas menengah yang memang benar-benar premium dan memiliki multitasking yang tinggi. Sehingga bisa diandalkan dalam segala suasana, baik itu hanya sekadar membaca e-book, menulis, bermain game (baik ringan maupun berat), dan bahkan menyalurkan hobi foto-foto.

Kualitas Kamera yang Sangat Luar Biasa

image

Berbicara masalah hobi foto-foto atau memotret yang sama seperti saya, ASUS telah menyediakan teknologi canggih pada smartphone terbarunya ini. Di awal sudah sedikit disinggung mengenai teknologi ini, yuph apalagi kalau bukan Laser Autofocus. Dengan hadirnya Laser Autofocus, maka proses penentuan titik fokus pada objek akan semakin cepat. Waktu yang dibutuhkan dalam menentukan fokus secara otomatis hanya sepersekian detik saja, lebih tepatnya kurang dari 0.2 detik. Teknologi ini memungkinkan proses pengambilan gambar semakin cepat dengan hasil yang jernih dan lebih tajam.
image

image

image

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memiliki kamera utama sebesar 8MP yang terdiri dari 5 lapisan lensa largan, dengan menggunakan sensor Toshiba dan memiliki bukaan sebesar f/2.0 apertur. Bukaan sebesar ini akan mampu mengambil cahaya lebih banyak di dalam gelap. Selain itu, kamera utama dari Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500K mampu menghasilkan 400% gambar atau video yang lebih cerah. Sehingga sangat bermanfaat bagi para fotografer (baik fotoblogger maupun foodgrafer) dan juga cinematografer yang suka membuat video melalui smartphone.
image

Beda halnya dengan kamera depan yang memiliki sensor 5MP, namun tetap memiliki bukaan yang sama besarnya dengan kamera utama yakni sebesar f/2.0 apertur. Pada kamera bagian depan, telah disematkan lensa wide angle dengan sudut lebar sebesar 85 derajat. Serta dapat menghasilkan foto selfie sebesar 140 derajat, jadi bagi anda yang suka berfoto selfie akan mendapatkan hasil yang lebih luas. Terutama bagi anda yang suka selfie rame-rame (welfie and groufie).

ASUS PixelMaster Camera 2.0

Perpaduan antara hardware dan software membuat hobi memotret semakin liar dan terkendali, apa sebabnya? Ya dengan dipadukannya kamera milik Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dengan pengolahan foto secara realtime melalui ASUS PixelMaster Camera, sehingga menghasilkan foto yang luar biasa. Banyak mode yang telah disediakan terbilang sangat lengkap. Secara keseluruhan terdapat 16 mode pemotretan yang disediakan, di antaranya adalah Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Night, Dept of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewibd, Smart Remove, dan All Smile. Serta ditambah lima mode terbaru yang tersedia pada ASUS PixelMaster Camera 2.0, dua di antaranya adalah Slow Motion dan Time Lapse.
image

Jika anda sudah terbiasa memotret dengan menggunakan kamera DSLR dengan pengaturan manual, hal itu juga bisa dilakukan melalui kamera Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG. Yakni dengan memanfaatkan Manual Mode yang ada pada ASUS PixelMaster Camera 2.0. Adapun pengaturan manual yang bisa anda pilih mulai dari level horizontal, histogram chart, emotional zoom, shutter speed, white balance, ISO, exposure value, focus distance, saturation, contract, sharpness, noise reduction, metering, autofocus yang terpisah dan juga titik-titik auto exposure. Bagaimana, lengkap banget kan layaknya kamera profesional?

image

Hasil Foto yang Menakjubkan

Seperti inilah hasil jepretan dari kamera Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG yang ternyata hasilnya luar biasa keren. Sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi foto-foto namun tidak memiliki kamera DSLR, karena smartphone inilah jawaban atas segala pertanyaan anda selama ini. Berikut adalah beberapa contoh foto yang dihasilkan oleh Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG:
image

image

image

image

Merekam Video hingga Full HD

Bagi cinematografer dan youtuber, anda tidak perlu khawatir karena Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memiliki kemampuan perekaman video yang cukup mumpuni. Anda bisa merekam dengan resolusi maksimal Full HD dengan ukuran sebesar 1920 x 1080 piksel. Tak tanggung-tanggung, ASUS juga sudah melengkapinya dengan teknologi video stabilization yang memungkinkan anda dalam melakukan proses perekaman video menjadi lebih stabil. Sehingga dapat meminimalisir gerakan atau goncangan yang tidak diinginkan.

Pada saat merekam video, Laser Autofocus dari smartphone ini tetap bekerja seperti halnya pada saat mengambil foto. Artinya, jika anda menggunakan smartphone ini untuk merekam video, anda tidak perlu khawatir fokus dari gambar video akan buram atau kabur, karena Laser Autofocus akan bekerja dengan cepat untuk menemukan kembali fokus tersebut. Sungguh sangat membantu hobi dan pekerjaan anda kan kalau memiliki smartphone ini.

Ruang Penyimpanan yang Lega

ASUS menyediakan dua pilihan Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG, yang satu dengan ruang penyimpanan internal sebesar 8GB. Sedangkan yang satunya lagi berkapasitas 16GB, secara keseluruhan sama. Hanya saja yang membedakannya adalah harga dari tiap smartphone, perbedaan harga dari kedua smartphone hanya berselisih sekitar 200 ribuan saja. Tentunya hal ini menyesuaikan dengan duit yang anda miliki kan?

Jika memori internal masih dirasa kurang cukup, anda masih bisa mensiasatinya dengan menyisipkan kartu memori eksternal berukuran Micro SD hingga sebesar 128GB. Namun kalau anda masih kurang juga dengan penyimpanan tambahan sebesar itu, anda masih bisa mensiasatinya dengan menggunakan flashdisk OTG atau bahkan Hardisk Eksternal. Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG telah mendukung USB On The Go (OTG), jadi anda bisa menyimpan atau membuka file dari penyimpanan eksternal lainnya.

Kualitas Audio yang Dihasilkan Jernih dan ngeBass

image

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memberikan pengalaman bermusik berbeda dengan yang lainnya. Untuk memberikan output suara yang lebih baik, ASUS SonicMaster menghadirkan speaker dengan 5 lapis magnet sound chamber yang lebih besar agar suara bass yang dihasilkan lebih dalam dan suara lebih jernih. Sedangkan untuk speaker, terdiri dari Dual Microphone dengan Noise Cancellation. Jadi pada saat menelpon atau merekam suara, noise akan dihilangkan.

ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG juga dibekali software Audio Wizard 2.0 yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Audio Wizard menyediakan 6 buah mode yang terdiri dari smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode. Masing-masing mode memiliki fungsi dan keluaran suara yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan aktivitas yang sedang dijalankan.
image

Jaringan yang Stabil dan Kuat

ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 seri ZE500KG dibekali dengan dual micro SIM standby yang sama-sama mendukung koneksi 2G/3G, yang artinya kedua-duanya dapat aktif secara bersamaan. Namun sayangnya, smartphone ini belum didukung koneksi 4G melainkan hanya berbekal koneksi DC-HSPA+, (2G) GSM, dan (3G) WCDMA dengan kecepatan download hingga 42Mbps. Jaringan seperti ini sudah lebih dari cukup dan sangat cocok di daerah saya (Pulau Madura), karena di sini belum mendapatkan sinyal 4G. Ketika ingin mengganti pilihan paket data, anda tidak perlu menukar kartu yang dipasang di sana! Cukup mengubah opsi kartu mana yang akan diaktifkan paket data Internet di menu pilihan, hal ini berkat adanya dual Micro SIM dual standby.
image

Berkat adanya teknologi ASUS Zentenna (dual antenna dan PIFA Antena), yang fungsinya adalah sinyal yang ditangkap oleh smartphone akan lebih baik dibandingkan dengan smartphone biasa yang tanpa menggunakan teknologi tersebut. Jadi dengan adanya teknologi ASUS Zentenna pada Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG, memungkinkan anda mendapatkan sinyal 3 kali lebih stabil dan kuat dibandingkan dengan smartphone lain.
image

Bukan hanya jaringan operator saja yang mendapatkan optimasi di smartphone ini. Sinyal WiFi dan GPS pun juga mendapatkan optimasi yang maksimal untuk kepuasan penggunanya. Untuk WiFi sendiri perubahan peningkatan dari segi penangkapan sinyal yang lebih baik dibandingkan dengan smartphone umumnya. Sedangkan untuk GPS, yang ditingkatkan lagi adalah akurasi dan kecepatan dalam menentukan posisi.

Disokong dengan Baterai yang Tahan Lama

image

Kapasitas baterai Removable yang terpasang juga terbilang kecil, hanya berukuran 2.070 mAh. Itu artinya dengan kapasitas seperti ini, mengalami penyusutan dari seri Zenfone 2 ZE551ML dengan kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh. Apakah tandanya baterai yang digunakan tidak awet? Oh tentu bukan, banyak sekali mode atau fitur yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan baterai.
image

Beberapa fitur penghemat daya tersebut di antaranya adalah ASUS Power Saver (fitur bawaan ZenUI ini mampu menyesuaikan konsumsi daya dengan kebutuhan pengguna), selanjutnya Smart Saving (fitur ini untuk menambah daya tahan baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan), kemudian ada Optimized Mode (fitur ini akan memaksimalkan seluruh kemungkinan yang bisa menghemat daya tahan baterai namun tetap menyalakan koneksi internet), dan yang terakhir adalah Ultra Power Saving Mode (fitur ini membuat baterai smartphone memiliki daya tahan yang berkali-kali lipat karena akan menonaktifkan segala kemungkinan yang bisa menyedot daya listrik lebih banyak). Pengguna juga bisa menyesuaikan pengaturan penghematan baterai sesuai kebutuhan, misalnya dengan menggunakan Customized Mode.

Harga yang Terjangkau dan Ramah di Kantong

Setelah mengetahui berbagai macam fitur premium yang diunggulkan dari Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dan kinerja yang disuguhkannya, pasti di dalam pikiran anda smartphone ini memiliki harga yang mahal. Eits jangan salah dulu! Smartphone seri terbaru dari Zenfone 2 ini dibanderol dengan harga yang terbilang murah. Buktinya saja saat ini Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG yang dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 1.849.000,- khusus untuk penyimpanan internal 8 GB sedangkan untuk harga Rp. 1.999.000,- ASUS memberikan penyimpanan internal sebesar 16 GB. Murah kan? Yuk diborong!

image

Tuh, si Stevian saja pengen beli, bagaimana dengan anda? Hehehe…

Bagaimana Cara Mendapatkan Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG?

Pertanyaan di atas adalah salah satu contoh ketertarikan Zenfans pada produk keluaran terbaru dari ASUS, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah anda dapat memiliki Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dengan membelinya langsung di Asus Store Indonesia. Atau bisa juga di online shop dan retail yang lainnya, tentunya yang sudah bekerjasama dengan pihak ASUS.

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada yang namanya penipuan dan kecurangan, jadi belilah di tempat yang terpercaya!

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memiliki luas layar sebesar 5.0 inci dengan Pelindung layar Corning Gorilla Glass 4. Dibekali dengan dual Micro SIM dual standby di jaringan 2G dan 3G. Berbekal sistem operasi Android Lollipop 5.0.2 yang disokong RAM sebesar 2GB LPDDR3 dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core @ 1.2 GHz dengan arsitektur ARM Cortex a53 64-bit.

Laser Autofocus pada kamera utama sebesar 8 MP menjadi fitur utamanya, ditambah dengan teknologi ASUS PixelMaster. Pada kamera depan memiliki sensor sebesar 5 MP dengan lensa wide angle hingga 85 derajat (dual kamera memiliki bukaan yang sama sebesar f/2.0). Sedangkan untuk memori internal sebesar 8/16 GB, yang dapat diekspansi menggunakan Memori eksternal microSD hingga 128 GB dan telah mendukung USB OTG.

Artikel ini diikutsertakan dalam “ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG Blogger Writing Competition“. Semoga dengan adanya artikel ini bisa meningkatkan minat para Zenfans serta masyarakat pada umumnya untuk memiliki produk-produk keluaran ASUS, terutama Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG.

Sumber Penunjang (Data & Gambar) dari:
1. ASUS Indonesia
2. PC Plus
3. The Ponsel

Wassalamu’alaikum.

Iklan

8 thoughts on “Review Lengkap ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dengan Fitur Premium Harga Tetap Terjangkau

  1. HilmanGraha berkata:

    wah agan lengkap banget ulasannya, kayaknya menang deh gan, soalnya lengkap banget hehehe

    Zenfone ini memang sangat jempolan….

    btw itu bikin karakter kayak gitu gmn? kok di blog lain ada yang pake

  2. rafqi chairael nandi berkata:

    nomor whatsappnya berapa gan? ane mau masukkan ke grup zenfans yg hadir di zenfestival dan pemenang acara berhadiah zentalk
    di sana ada moderator juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s