Merayakan Malam Pergantian Tahun di Taman Bungkul – Surabaya

Bertempat di taman yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai taman terbaik se ASIA (katanya sih), apalagi kalau bukan Taman Bungkul yang terletak di kota Surabaya. SlameTux merayakan pergantian malam tahun baru di Taman Bungkul – Surabaya untuk yang pertama kalinya bersama dengan beberapa temans google Ambassador dan juga temans dari Google Bussiness Group (GBG) Surabaya. Aku dan beberapa teman diajak oleh Rialyzara yang merupakan Google Student Ambassador dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk menghadiri acara #IndonesiaOnly pada malam pergantian tahun baru (31 Desember 2013-1 Januari 2014) yang diadakan di Taman Bungkul.

Kelompok dari #SakeraMadura di #IndonesiaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Kelompok dari #SakeraMadura di #IndonesiaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Sebenarnya undangan datangnya dari telusuRI dan dilanjutkan oleh GBG Surabaya kemudian ditujukan kepada Ria, dan dari dialah aku dan beberapa teman diajak untuk mengikuti acara tersebut. Acara #IndonesiaOnly ini diadakan serentak di seluruh Indonesia, dan untuk di Jawa Timur diletakkan di Surabaya. Jadi perwakilan dari Pulau Madura ada sekitar 15 motor dengan 30 orang sebagai #SakeraMadura yang datang ke #IndonesiaOnly. Registrasi peserta dan pembagian swag (berupa IdCard, PIN, da Slayer) dimulai sekitar jam 19.30 WIB hingga jam 20.00 WIB. Dilanjutkan dengan opening dari GBG Surabaya Manager dan pengarahan oleh panitia kepada seluruh peserta (total peserta ada sekitar 50an orang). Dan dari sekian banyak peserta, kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, dan salah satu spot berada di jl Darmo (area Taman Bungkul).

Seluruh Peserta dan Panitia GBG Surabaya di #IndonesaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Seluruh Peserta dan Panitia GBG Surabaya di #IndonesaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Perjalanan untuk hunting foto (Photowalk) dimulai dari jam 21.00 hingga 01.00 WIB. Jadi semua peserta menuju spot maing-masing dan mendokumentasikan pesta rakyat yang ada di spot tersebut. Ada beberapa kegiatan yang harus kami (para peserta lakukan, mulai dari mencari objek yang bagus dan mendapatkan momen yang tepat dalam sebuah foto (Photowalk). Eist bukan hanya difoto saja namun setelah itu dibiarkan, tidak. Kami disuruh untuk mengupload gambar atau foto orisinil ke akun G+ masing-masing dengan mention ke akun +telusuRI dan ditambahkan hastag #IndonesiaOnly #NYEve2014 #SurabayaPahlawan serta #SakeraMadura (untuk nama kelompok atau group yang berasal dari Pulau Madura). Tak hanya mengunggah foto kegiatan pesta rakyat yang ada di sana, namun kita harus memberikan sedikit penjelasan terhadap foto yang kita unggah atau upload tersebut dengan menggunakan bahasa inggris (katanya IndonesiaOnly tapi kok memakai bahasa inggris). Foto yang kita unggah harus dibagikan ke publik, dan syarat tersebut hanya berlaku untuk akun sosial media G+ tidak untuk akun sosial media yang lainnya.

Euforia Ribuan Masyarakat Surabaya Membanjiri Taman Bungkul - Surabaya

Euforia Ribuan Masyarakat Surabaya Membanjiri Taman Bungkul - Surabaya

Setelah acara photowalk selesai, kami semua berkumpul lagi di Taman Bungkul untuk melihat perayaan kembang api yang dibuka langsung oleh walikota Surabaya. Sekitar 15 menit kembang api meluncur ke udara, dan euforia seluruh masyarakat Surabaya mulai termuntahkan. Teriakan kegembiraan mulai terdengar dan ekspresi keceriaan mulai terpampang dari wajah mereka masing-masing. Baik yang tua hingga yang paling muda, baik laki-laki hingga perempuan semuanya membaur jadi satu. Kita semua berkumpul di satu tempat yakni Taman Bungkul – Surabaya tanpa adanya sekat-sekat yang memisahkan kami semua di sana. Tak hanya puluhan orang yang menghadiri dan menikmati perayaan malam pergantian tahun, namun ada ratusan hingga ribuan orang bahkan puluhan ribu dan ratusan ribu orang memenuhi jalan kota Surabaya. Taman Bungkul penuh sesak akan lautan manusia, jalananpun seperti sungai manusia yang mengalir dari berbagai penjuru hingga bersatu di Taman Bungkul.

Selepas mengikuti perayaan kembang api di Taman Bungkul, kemudian para peserta #IndonesiaOnly digiring ke salah satu tempat di daerah Jl. Jemur Andayani (masih di Surabaya) tepatnya di Kantor Jagoan Hosting untuk mengikuti Barbeque Party. Di sana kami semua mulai bakar-bakar Jagung, Pentol atau Cilok, dan juga memanggang Ayam. Semua dilakukan langsung oleh para peserta dan panitia #IndonesiaOnly di depan kantor Jagoan Hosting – Surabaya. Waktupun terus berjalan hingga akhirnya memaksa kita untuk kembali ke tanah Madura, sekitar jam 3.30 WIB kami semua yang dari Pulau Madura pulang melewati Jembatan Suramadu. Hal ini karena kapal penyeberangan dari Pelabuhan Perak – Surabaya ke Pelabuhan Kamal – Madura sudah tidak beroperasi lagi. Terakhir beroperasi jam 12 malam dan baru beroperasi lagi jam 5 pagi. Apabila temans blogger ingin melihat hasil foto kegiatan #IndonesiaOnly yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada saat pergantian malm tahun baru, bisa dilihat di akun G+ masing-masing dengan menggunakan hastag #IndonesiaOnly atau juga bisa mengunjungi akun G+ dari telusuRI.

Iklan

Make It Easy With MyTelkomsel App

Temans Blogger dan onliner pastinya sering mengalami masalah dengan yang namanya ribet atau rumit, maunya yang instan-instan semua. Mulai dari makanan instan, minuman instan, hingga dalam keseharian lainnya pun harus instan. Kalau boleh jujur nih, aku sendiri juga tidak suka yang namanya ribet. Secara aku suka yang instan-instan juga, tapi bukan mie instan ya.

Sebagai salah satu pelanggan Telkomsel, yang saat ini menggunakan kartu simPATI Loop (biasa peselancar dunia maya yang aktif). Mengetahui sebuah informasi yang sangat penting dari teman blogger lainnya, baik itu melalui TL twitter, dan status di facebook mengenai aplikasi MyTelkomsel. Yang katanya aplikasi ini bisa mempermudah akses kita terhadap informasi yang disediakan oleh telkomsel kepada pelanggan kartu Telkomsel, baik itu simPATI, Kartu As, kartu HALO. Banyak testimoni yang menyatakan bahwa aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, juga bisa dengan instans mengakses berbagai macam informasi keperluan networking kita (SMS, Telpon, Pulsa, Internet, dan lain sebagainya).

Aku kan orangnya mudah penasaran dan rasa ingin tahu ini sangatlah memuncak, hingga akhirnya langsung saja kucoba untuk mencari informasi lebih dalam lagi mengenai aplikasi MyTelkomsel. Dan usut punya usut, setelah di cek keberadaannya di play store (sebagai pengguna android) ternyata memang benar-benar ada. Dan ini buktinya:

Make It Easy With MyTelkomsel App 01
Baca lebih lanjut

Penipuan yang Sukses

Beberapa macam penipuan ada di mana-mana, mulai dari dunia nyata hingga di dunia maya (di akhirat ada gak ya?) hehehe 😀 entah hya iseng belaka atau memang menipu para korbannya agar menyukai dan terlebih mengomentari status gambar yang dibuatnya itu.

Banyak beredar foto berformat .jpg yang berhasil menipu para korbannya (ya kalo gak berhasil ditipu berarti bukan korban). Si pelaku mengunggah foto ke fesbuk dengan alih-alih apabila foto tersebut kita klik “SUKA” dan dikomentari dengan angka tertentu misal “8”, maka foto tersebut akan berubah (entah itu bergerak atau apapun lah bentuknya).

Namun setelah di sukai, gak ada pengaruhnya sama sekali. Dan terkadang harus menunggu beberapa waktu untuk melihat reaksi dari foto tersebut. Banyak sekali respon dari para korbannya, mulai dari membiarkan foto tersebut, hingga menjelek-jelekkan foto tersebut.

Dengan sebuah pekerjaan iseng ini, atau bisa disebut penipuan secara terang-terangan. Maka banyak korban yang tertipu olehnya, mulai dari puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan korban.
image

Seperti di atas lah contohnya, gak mungkin gambar .jpg akan berubah. Terkecuali ada script khusus di dalamnya, akan tetapi fesbuk tidak menyediakan script khusus untuk hal semacam itu. Jadi tidak akan bereaksi apapun tuh foto ketika kita menyukai dan memberikan komentar sesuai yg diinginkan dari pelakunya.

Promo / Iklan Gelap

Seringkali kita mendapatkan pemberitahuan iklan atau promo dari suatu brand (baik itu produk maupun jasa/layanan), kalau iklan atau melalui sosial media atau blog itu mah wajar. Soalnya memang target mereka adalah pengguna sosial media maupun pengunjung dari blog.

Namun dalam kasus ini, pernahkah temans blogger dan onliner mendapatkan sms berbau promo / iklan? Mungkin kalau dari providernya sendiri itu sangat wajar terjadi, namun kalau sebut saja promo atau iklan tersebut berasal dari nomor yang tidak dikenal itu kayaknya harus mikir dua kali deh.

Mungkin yang pertama ada dalam pikiran adalah “Bagaimana bisa brand tersebut tau nomor kita? Padahal kita tidak mempublikasikan terhadap orang lain?” dan timbul pertanyaan selanjutnya “Apakah ada kerjasama antara brand dengan provider? Apakah provider akan memberitahukan nomor kita kepada brand tersebut?”. Entah bagaimana caranya aku juga tidak mengerti, mungkin salah satu contoh adalah yang tercapture di bawah ini
image

Soalnya iklan atau promo seperti ini sangat mengganggu, belum lagi iklan dari provider itu sendiri. Kayak di PHPin gitu kalo ada promo atau iklan yang masuk melalui SMS. Disangkanya yang sms tuh teman, sahabat, keluarga, atau bahkan pasangan (kalau punya) kita sendiri. Dan setelah dibuka ternyata Na’udzubillah Mindaliq, iklan dan promosi menampakk diri melalui sms.

Arrrggghhh bikin geram banget, berasa menjadi korban PHP dari sms yang masuk. Dalam hati “udah cepat-cepat dibuka sms yang masuk, eh malah yang nongol promo” #dienggg apakah temans blogger dan onliner juga pernah mengalaminya? Bagaimana rasanya?

Nge-DOODLE-in Teman

Bebera waktu yang lalu, kejailanku mulai kambuh lagi. Salah satu foto teman blogger yang baru mengGUNDUL kepalanya atau memplontoskan rambutnya terjaring dalam razia kocak ala SlameTux.

Sebenarnya sih tidak sengaja untuk membuat Google Doodle dari foto dia (sebut saja Lukman), pertama lihat foto-foto di harddisk eh ternyata ada foto dia yang lagi mejengin gundulnya itu. Pada saat itu langsung aja terlintas dipikiranku untuk menjadikannya google doodle, dan alhasil jadilah seperti ini.
image

Setelah diunggah ke fesbuk, ternyata banyak yang suka. Buktinya tuh banyak yang nge-like, hehehe 😀 selain itu banyak pula yang antusias dan kagum dengan doodlenya dia tuh buktinya bnyak yang berkomentar. Hahaha 😀

Bagaimana nasib temenku sekarang ya? Palingan sekarang lagi berusaha dengan keras memberikan pupuk di kepalanya agar rambutnya bisa cepat tumbuh. 🙂

Tiup Lilin di Hona Cafe #4thPlatM

Tanpa mengurangi konsep yang pertama yakni Sederhana Namun Tetap Bermakna, untuk hari berikutnya dari perayaan hari jadi plat-m yang ke-4, kami mengundang bunda Indah Juli dan kedua anaknya yakni Taruli dan Kayla ke Hona Cafe. Widiiihhh sebuah cafe man… Hahaha dalam bayangan setiap orang tuh sebuah cafe pasti tempatnya keren dan bagus serta menunya banyak dan mahal-mahal. Eits jangan salah! Setelah sampai di sana pasti akan mematahkan pikiran temans blogger selama ini tentang Hona Cafe.

Selama ini biasanya temans plat-m apabila mengadakan kopdar atau sekedar ngumpul bareng gitu biasanya di Hona Cafe. Pada saat berkumpul, tak lupa kami langsung mengunggah foto ke media sosial. Ditambah juga dengen beberapa status yang menambah suasana di Hona Cafe bertambah seru saja. Dengan beberapa status dan juga foto-foto yang kami unggah ke sosial media, secara tidak langsung temans blogger dan onliner akan memperhatikannya. Jadi ada banyak yang penasaran dengan yang namanya Hona Cafe.

Oke lanjut ke perayaan tiup lilin hari jadi plat-m yang ke-4 pada tanggal 23 Desember 2013 kemarin di Hona Cafe. Jadi ceritanya teman-teman plat-m dan bunda Juli beserta kedua anaknya yakni Taruli dan Kayla diajak ke Hona Cafe, bunda Juli sangat penasaran dengan yang namanya Hona Cafe (ya karena belum tau aja tempatnya seperti apa). Padahal sudah banyak clue yang kami para temans blogger plat-m sampaikan kepadanya, namun ya belum ngeh juga dengan tempat tersebut.

Hona Cafe bertempat di sebelah selatan alun-alun kota Bangkalan, sebenarnya sih yang pas tuh disebut dengan lesehan. Soalnya gak ada pantas-pantasnya disebut sebuah cafe. Ya mungkin biar terlihat WOW dan membuat orang penasaran aja ya. hehehe (Sungguh tertipu mereka setelah tau tempatnya seperti itu) 😀 . Tempatnya lesehan, terbuka tanpa adanya penutup dari atas, pas dipinggir jalan di atas trotoar, pokoknya terlihat kaget dan Bunda Juli dan kedua putrinya. Musnah sudah bayangan dan angan-angan mereka tentang Hona Cafe, ya salah sendiri gak merhatiin clue yang diberikan mulai dari berangkatnya.

Kami semua mulai memesan berbagai menu makanan dan minuman (sederhana dan alakadarnya), dan dilanjutkan dengan perbincangan hangat. Lama mengobrol, akhirnya tiba saatnya peniupan lilin dengan kue tart ukuran mini 😀

Tiup Lilin di Hona Cafe #4thPlatM

Tiup Lilin di Hona Cafe

SELAMAT ULANG TAHUN PLAT-M YANG KE-4 SEMOGA KITA TETAP KOMPAK

NB: Sumber Foto Twitter Raden

Ucapan Selamat Ultah Plat-M #4thPlatM

Komunitas Nak-kanak Blogger Madura (Plat-M) telah merayakan hari jadinya pada tanggal 21 hingga 22 Desember kemarin. Bertempat di kabupaten Pamekasan-Madura, perayaan hari jadi plat-m digelar cukup sederhana dengan mengadakan beberapa kegiatan untuk anggota internal Plat-M saja.

Sebenarnya sih hari jadi plat-m yang sebenarnya jatuh pada tanggal 23 Desember, namun pada tanggal 23 tersebut adalah hari aktif. Jadi rentetan acara dilaksanakan dua hari sebelumnya, yakni hari sabtu dan minggu.

Untuk hari sabtu sendiri, diadakan di Broadband Learning Center (BLC) Telkom Pamekasan. Dengan mendatangkan dua pemateri dari luar, yakni Bunda Juli dan Bapak Gempur. Sedangkan untuk hari kedua difokuskan pada acara OutBound, hal ini agar para anggota plat-m lebih akrab dan bisa seru-seruan bareng.

Ucapan selamat ulang tahun mengalir di berbagai macam sosial media, mulai dari fesbuk hingga twitter. Salah satunya datang dari CEO Idblognetwork yakni mbak Mubarika Darmayanti.
image

Sapi berharap, semoga plat-m kedepannya tetap bisa menduniakan Madura. Aamiin 🙂