Tips Menjadi Pemilih Asik pada Pemilu 2014

Tips Menjadi Pemilih Asik pada Pemilu 2014 | Pemilihan Umum atau yang lebih dikenal dengan pemilu merupakan momen 5 tahunan (bukan 40 harian, dikira tahlilan kali) yang dianggap sebagai pesta demokrasi “rakyat”, pemilu demokratis telah dilaksanakan 2 kali dan diikuti oleh banyak partai reformasi sejak zaman reformasi (hitung aja sendiri partai apa yang ikutan, hehe).

Dalam pelaksanaanya pemerintahan yang demokratis ternyata menjadi pemerintahan yang “paling korup” (bukan aku yang ngomong, tapi tulisan ini dan banyak faktanya) selama negara ini berdiri, sudah banyak terbukti kan pemimpin yang melakukan korupsi (silahkan disebutkan satu-persatu). Duit rakyat menjadi sasaran dari ketamakan mereka, sehingga rakyat bukannya semakin sejahtera tapi semakin sengsara.

Oleh sebab itu kita sebagai warga negara yang baik dan juga sebagai penentu kualitas domokrasi pada pemilu 2014 ini jangan lagi “asal” pilih, mending aspal (asli apa palsu) saja ya! Gak mau kan negeri ini dipimpin oleh orang-orang korup yang nantinya suka ngehabisin duit rakyatnya doank? Terus bagaimana menjadi pemilih yang baik, tidak sombong, serta yang rajin menabung? #ups 😀

Tips Menjadi Pemilih Asik pada Pemilu 2014 #NgeblogPemilu2014So, kali ini SlameTux akan memberikan beberapa tips asik dan seru untuk mengikuti pencoblosan pada saat pemilu 2014 ini. Tips yang akan aku berikan lain daripada yang lain, dan tentunya akan lebih mudah dimengerti oleh temans blogger dan onliner. Terlebih lagi beberapa tips asik dan seru ini akan diikuti oleh semuanya, aamiin.

Berikut 13 tips asik dan seru menjadi pemilih pada pemilu 2014 yang akan SlameTux berikan kepada temans blogger dan onliner pada saat pemilu nanti:

  1. Memenuhi Syarat
  2. Pastikan kalau anda sudah aqil baligh, sehat wal ‘afiat, punya KTP, dan tentunya nama kamu sudah terdaftar sebagai daftar pemilih. Jangan sampai kamu yang masih kecil atau belum tercantum namanya sebagai daftar pemilih ikutan nyoblos di pemilu, apalagi kamu sebagai imigran gelap (mati lampu kali).

  3. Ikut Kampanye
  4. Para caleg ataupun partai biasanya diberikan waktu untuk melakukan kampanye, dan waktunya pun sudah ditentukan sebelumnya. Waktu ada kampanye mending kamu gak usah ikutan kampanyenya, tapi ikut melihat orkes dangdutannya saja ya lumayan buat hiburan.

  5. Politik Uang
  6. Jangan pilih partai atau caleg yang membagi-bagikan uang, sikat aja dan ambil uangnya jangan pilih orangnya (namanya aja rejeki, datangnya pasti secara tiba-tiba dan direncakan eh). Sudah pasti calon koruptor, emang mereka ikhlas gitu nyebar-nyebarin duitnya tanpa diganti? Emang jaman gini masih ada yang ikhlas gitu tanpa mengharapkan modal balik?

  7. Pilih Caleg
  8. Cari tau terlebih dahulu calon pilihan kalian dengan baik, mulai dari rekam jejaknya atau istilah baratnya tuh track recordnya. Jangan pilih hanya karena caleg tersebut populer, ngetop ganteng, dan cantik karena kepopulerannya/kegantengan dan kecantikannya belum tentu bisa menyelesaikan masalah di Indonesia. Kalau sudah yakin dengan pilihan kalian silahkan coba tanya ke si mbah google siapa tahu jagoan kalian itu punya anak cantik atau ganteng, kan lumayan bisa digebet dan diajak pacaran tuh (nyari jodoh kali bukan nyari pemimpin).

  9. Jangan Grogi
  10. Pada saat hari H nanti, pemilihan tidak usah grogi apalagi menyiapkan pensil 2B (merk disamarkan) sama penghapus yang semalem dibawa ke mbah dukun (bukan mbah google). Tenang saja ini hanya disuruh mencoblos, bukan mengarsir jawaban yang kalau salah nanti gak lulus ujian. Semua perlengkapan sudah disediakan di sana.

  11. Nyoblos di Tempatnya
  12. Kalau di dekat rumah kalian sudah ada tempat untuk melakukan pencoblosan, ya ikut mencoblos disitu saja gak usah nyoblos ditempat lain dan yang jauh. Apalagi mendatangi tempat coblosan yang jauh itu dengan jalan kaki, berharap semakin banyak langkah kaki semakin banyak pula pahala yang didapatkan (emangnya mau sholat jum’at, gak akan ngaruh juga lagi).

  13. Tempat yang Benar
  14. Pada saat memasuki bilik suara, pastikan itu adalah benar-benar bilik suara bukan ponten umum. Kalau kalian sampai memasuki ponten umum, bukannya kertas suara yang di dapat melainkan tissue toilet.

  15. Pastikan Aman
  16. Ketika memasuki bilik suara, pastikan di bilik suara itu tidak ada celah untuk mengintip. Jadi kita bisa aman melakukan apa saja, ssal jangan tidur dan jangan mesum di dalam bilik suara. Urusan bisa berabe kalau kalian sampai melakukan itu.

  17. Teliti Foto
  18. Buka surat suara, lihatlah apa benar itu fotonya para calon. Jika yang ada disitu adalah foto mantanmu berarti itu bukan surat suara,tapi undangan nikahannya mantanmu. Tenang aja kamu, tidaak perlu bunuh diri begitu mendapat undangan nikahannya mantan. MoveOn dan jangan lihat lagi ke belakang, karena di belakang tidak ada apa-apa.

  19. Jangan Bingung
  20. Sering kali ketika baru pertama kali mengikuti pemilihan umum, akan dihinggapi rasa bingung. Entah itu bingung memilih siapa nantinya yang akan dipilih dan bagaimana cara mencoblosnya. Jika kalian masih bingung milih siapa dan tidak berani mencoblos, tidak usah melambaikan tangan ke kamera, ini bukan uji nyali. Tinggal bertanya kepada orang lain cara mencoblos dan selebihnya ikuti hati nurani, biar hati nurani yang berbicara dan tangan yang nyoblos (soalnya gak mungkin diserahin ke hati semua).

  21. Kotak Suara
  22. Jika selesai mencoblos jangan lupa untuk memasukkan kertas suara (bukan kertas bersuara) ke kotak suara, jangan sampai dibawa pulang dan lantas dibuat alas gorengan. Soalnya belum pernah lihat orang yang melakukan hal seperti ini, apakah kalian mau mencobanya? 😀

  23. Cukup Satu Jari
  24. Waktu mencelupkan jari, cukup satu jari saja yang dicelupkan. Entah itu hanya jari keling, jari manis, jari tengah, jari telunjuk, atau jempol, gak perlu dicelupkan semuanya. Ya bayangin aja kalo semua dicelupkan ke dalam tinta (kayak anak kecil).

  25. Langsung Pulang
  26. Jika sudah nyoblos lagsung saja pulang dan tidak perlu cangkruk di situ, karena kalian tidak akan mendapatkan doorprise atau semacamnya ketika surat suara di bacakan. Percayakan semuanya kepada saksi yang telah disiapkan sebelumnya.

Seperti itulah 13 tips menjadi pemilih yang asik pada pemilu 2014 nanti. Sudah ada gambaran kan tentang bagaimana caranya menjadi pemilih asik dalam pemilu 2014 ini? SlameTux sarankan ya, usahakan kalian untuk tidak golput karena suara anda menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan! Kalau ada lagi tips menjadi pemilih asik pada pemilu 2014, silahkan ditambahkan sendiri ya!

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam mesukseskan pemilu 2014, silahkan kirim pendapat kalian, saran kalian, pesan dan kesan kalian mengenai pemilu melalui tulisan di blog. Untuk info lebih lengkap bisa langsung di lihat di sini > BLOGdetik #NgeblogPemilu2014. Terima kasih 🙂

Iklan

TongMie DoGado Bubur

TongMie DoGado Bubur merupakan singkatan dari beberapa makanan. TongMie yang memiliki kepanjangan Lontong dan Mie, kalau DoGado ya kepanjangan dari Gado-Gado. Nah sedangkan untuk Bubur sendiri ya biasa tetap Bubur.

Setiap pagi mulai sekitar jam 6 hingga jam 8, ibu-ibu yang berjualan makanan ini lewat di depan kontrakan. Beliau menawarkan makanan tersebut dengan nada yang kemayu.
“ToongMie DooGaadoo Buubuuur”
Yuph begitulah ibu itu menawarkan jualannya tersebut.

Ketika sudah sampai di depan kontrakan, biasanya ibu tersebut menawarkan kepada kami para penghuni kontrakan.
“Deeekkk Beli Deeekkk Deeekkk”
Kata-kata di atas akan di ulang-ulang sampai ada yang menjawab atau ada yang keluar. Apabila sampai tiga kali tidak ada jawaban, biasanya ibu langsung melanjutkan langkah kakinya untuk berjualan lagi ke pelanggan yang lain.

Paling suka dengan gado-gado, makanya setiap menawarkan “TongMie DoGado Bubur” biasanya membeli gado-gado saja. Seperti ini ketika ibu menyajikan gado-gado khas beliau.
image

Berapapun harga yang kita mau beli, biasanya si ibu tetap meladenin. Tapi biasanya sih standard tuh Rp. 4.000,- saja, bisa kurang atau bisa lebih. Terserah yang mau beli saja. Contohnya seperti yang di bawah ini, harganya mengikuti standard dari si ibu.
image

Bagaimana mau? Bagi yang mau, silahkan ke kontrakan kalo pagi.

Subsidi Tarif Tiket Kereta Ekonomi

Para penumpang kereta ekonomi seperti Sapi ini sungguh senang ketika mendapatkan informasi melalui akun resmi PT. Kerrta Api Infonesia di (@KAI121) bahwasanya pemerintah telah mensubsidi lagi tarif tiket untuk kereta ekonomi sejak pembetangkatan 1 April 2014 nanti.

image

Jadi bergembiralah bagi yang sering bepergian dengan menggunakan angkutan kereta api ekonomi ini. Untuk harga tiket sendiri pastinya tidak akan berubah meskipun pada hari libur, terkecuali ada himbauan dari pemerintah untuk menaikkannya. Tarif kereta ekonomi bersubsidi yang baru hanya berlaku terhitung mulai 1 April 2014, apabila keberangkatan sebelum tanggal tersebut. Maka harga tiket ekonomi tetap mengikuti harga awal.

Penumpang Kereta Api (KA) kelas ekonomi jarak jauh dan sedang akan memperoleh subsidi tarif. Tidak seperti sekarang masih membayar tarif dengan harga normal tiket ekonomi. Jadi tarif ini nantinya akan lebih menghemat pengeluaran kita apabila melakukan travelling.

Dikutip dari WartaEkonomi, Direktur Jendral (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengemukakan, subsidi ini diberlakukan menyusul diberlakukannya tarif subsidi melalui Kontrak Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik (Public service Obligation/PSO).

Tarif tiket kereta ekonomi yang baru setelah mendapatkan subsidi bisa dilihat langsung di tiket.com. Bagaimana sudah siap melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api ekonomi? Hayuk jalan-jalan bareng biar lebih seru.

OSINO Lensa Macro untuk HP

OSINO Lensa Macro untuk HP atau SmartPhone | Banyak yang bertanya, bagaimana sih cara foto serangga dan hewan kecil lainnya? Pake kamera apa kamu kok hasilnya bagus banget? Ya aku hanya bisa jawab, pake kamera bawaan dari HPku GT-S6802 + Macro Lens. Gitu masih gak percaya dan malah nanya lagi, serius? Kok bagus sih? Gimana caranya? Diedit pake photoshop ya? Beli di mana? Berapa harganya?

Pokoknya banyak banget deh pertanyaannya, perlu diketahui sebelumnya aku motretnya pake HP+lensa makro tambahan dan tanpa editing photoshop. Soalnya paling males kalau disuruh editing foto, ribet banget. Biasanya hanya menambahkan watermark pada foto yang akan diunggah ke media sosial maupun ke instagram dan blog fotografiku di SlameTography.

OSINO Lensa Macro

Aku mulai membeli lensa makro pada awal tahun 2013 yang lalu, dan mulai menekuni foto makro dengan menggunakan HP+lensa makro. Nama lensanya OSINO, belinya di forum jual beli kaskus. Ya beli secara online gitu, dalam satu bungkus OSINO ini terdapat dua lensa. Untuk lensa yang pertama adalah lensa macro itu sendiri dan ada juga lensa wide, ditambah dengan ring magnet untuk ditempelkan di HP atau gadget yang permukaan kameranya datar.

Sebenarnya banyak sih merk dari lensa makro portable ini, tapi karena aku belinya lensa OSINO ya aku hanya mebahas lensa yang aku beli saja. OSINO memang salah satu Lensa Macro untuk HP atau SmartPhone hehe 😀

Hasil dari lensa makro tambahan ini lumayan bagus juga, ya meskipun gak sejernih kamera digital dan DSLR. Ya jelas beda jauh untuk masalah kejernihannya, tapi untuk hasil jepret ya gak jauh beda lah. Di bawah ini adalah beberapa foto pertama kali menggunakan OSINO Lensa Macro untuk HP atau SmartPhone.

Berada di Pucuk

Berada di Pucuk

Laba-laba nempel di tembok

Laba-laba nempel di tembok

Bunga tanaman liar

Bunga tanaman liar

Sedangkan di bawah ini adalah beberapa hasil foto ketika sudah mulai terbiasa memotret foto makro, yang juga menggunakan lensa yang sama yakni OSINO Lensa Macro untuk HP atau SmartPhone.

Lebah pekerja di ujung ranting

Lebah pekerja di ujung ranting

Ini nyamuk yang lagi berbunga-bunga

Ini nyamuk yang lagi berbunga-bunga

Kupu-kupu yang hinggap di atas daun

Kupu-kupu yang hinggap di atas daun

Bagaimana sudah terlihat jelas kan perbedaannya, mana yang baru belajar dan mana yang sudah mulai terbiasa.

Selain itu, aku juga sudh mencoba membuat lensa macro sendiri dengan menggunakan lensa hasil bongkaran kamera bekas yang sudah digunakan lagi. Seperti di bawah ini penampakan dari lensa makro yang aku buat sendiri. Tinggal ditambahkan ring magnet di bagian belakang agar bisa ditempelkan ke HP. Hasilnya juga tidak mengecewakan kok, gak kalah jauh dengan OSINO Lensa Macro untuk HP atau SmartPhone.

Apabila ingin mengetahui koleksi hasil foto dari kamera HP+Lensa Macro silahkan lihat langsung di akun IGku SlameTux dan SlameTography. Terima kasih.

Berkomunitas Lebih Mudah dengan CariCommunity.com

Berkomunitas Lebih Mudah dengan CariCommunity.com
Komunitas merupakan tempat berkumpul bagi orang-orang yang memiliki kesamaan visi dan misi, baik itu komunitas hobi, bisnis, dan komunitas yang lainnya serta UKM. Dari sebuah komunitas bisa menghasilkan sesuatu yang baru, mulai dari ide baru, teman baru, dan segala hal yang baru ya terutama pengalaman.

Semakin banyaknya komunitas, maka perlu sebuah wadah untuk mengumpulkan dan menyatukannya agar lebih mudah dalam berkoordinasi antara satu komunitas dengan komunitas yang lainnya. Bahkan akan lebih mempermudah antara komunitas dengan Usaha Kecil Menengah (UKM), agar bisa saling terhubung. Tenang saja, semua pasti ada jalan keluarnya. CariCommunity adalah solusi tepatnya, dengan bergabung ke dalam layanan CariCommunity yang fokus pada jaringan Social Media berbasis Web.

Layanan CariCommunity ini secara khusus bertujuan untuk memberdayakan Komunitas agar dapat menggunakan teknologi Internet untuk bisa menangani segala kebutuhannya, dan pada saat bersamaan juga menghubungkan Komunitas-Komunitas ini dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk keuntungan bersama. CariCommunity berbeda dengan layanan Social Media lainnya yang dimulai dari fokus Individu dan berfokus pada memenuhi kebutuhan-kebutuhan individu. CariCommunity dari awalnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan Komunitas/Kelompok. CariCommunity dimulai dari Komunitas, dan memfasilitasi Komunitas untuk berkomunikasi & berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya.

CariCommunity didirikan oleh dua orang veteran entrepeneur teknologi yang berkomitmen memperkuat komunitas-komunitas lokal dan sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Mereka adalah Wun Fie Loa dan Andi Sjamsu telah cukup sukses di industri teknologi, dan masing-masing membawa pengalaman industri selama 25 tahun di industri IT di Amerika Serikat. Serta banyak lagi stakeholder yang lainnya dan tentunya mereka sangat berpengalaman sebagai bagian dari kepemimpinan team bagi berbagai organisasi komunitas adalah bekal wawasan yang melandasi, sehingga mengenal kebutuhan-kebutuhan komunitas.

Memang apa saja manfaat bergabung dengan CariCommunity? Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mudah Bergabung, Mudah Berbagi
  2. Fitur-fitur yang Community Centric
  3. Dirancang untuk Pengguna Sosial Media Pemula
  4. Memperluas Jaringan Komunitas Secara Internasional
  5. Program Bagi Hasil/Insentif

Terus apa saja fitur yang diberikan dari layanan CariCommunity ini? Banyak fitur yang diberikan dari layanan ini, diantaranya adalah fitur:

  1. Group
  2. Kalender
  3. Direktori Bisnis, dengan Fokus UKM
  4. News
  5. Profil
  6. Komunitas Lain yang ada di Kota kita
  7. Teman
  8. Foto

Pokoknya banyak hal yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan layanan berbasis web atau internet ini, singkatnya lebih mempermudah dalam berkomunitas. Aktivitas komunitas dan juga kerjasama antar komunitas akan lebih cepat, dan tidak membuang-buang waktu agar bisa saling berkomunikasi untuk mencapai tujuan yang sama.

Terus bagaimana cara bergabung dengan CariCommunity? Gampang, tinggal buka CariCommunity.com di sana sudah ada dua cara untuk bisa bergabung di layanan berbasi online ini. Mulai dengan menggunakan akun google mail, atau langsung mendaftarkan diri.

Cari CommunityApabila langsung mendaftar, maka akan di suruh mengisi email + Nama dan selanjutnya klik tombol Register. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, apabila tidak ada yang salah sebelumnya.

Cari Community RegisteredLangsung saja tekan tombol Ok, dan kemudian cek inbox email yang telah didaftarkan tadi. Copy password yang telah disediakan, selanjutnya Login ke halaman CariCommunity.com. Isikan data lengkap di sini:

Cari Community Lengkapi ProfilSetelah semuanya selesai dan password diganti, kemudian Save. Maka akan tampil dashboard dari akun kita di CariCommunity.

Cari Community DashboardBagaimana cukup mudah bukan untuk bergabung di CariCommunity.com? Langsung join sekarang dengan CariCommunity agar berkomunitas lebih mudah.

Lensa Makro/Macro untuk Kamera Pocket/Saku

Berbagai informasi sudah disediakan di dunia maya, tinggal kita aja yang harus pintar dan jeli dalam mendapatkan informasi tersebut serta mengolahnya agar bisa lebih bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Setelah banyak mendapatkan informasi mengenai lensa makro untuk kamera digital yang terbuat dari kaca pembesar, akhirnya sapi mempraktekkannya sendiri. Alhasil berhasil membuat sebuah lensa makro untuk kamera digitalku, dan hasilnya pun cukup memuaskan dan luar biasa.

Sebelumnya, sapi mengalami kesulitan dalam menghasilkan foto makro dengan menggunakan kamera pocket/saku. Karena kameraku belum bisa maksimal menghasilkan foto makro, harus ada tambahan lensa untuk bisa foto makro. Banyak yang menyarankan untuk memasang lensa makro HP ke kamera pocket/saku, akan tetapi penggunaannya kurang maksimal karena ukuran dari lensanya terlalu kecil. Dan akhirnya menemukan cara lain untuk bisa menghasilkan foto makro. Caranya adalah dengan membuat sendiri lensa macro untuk kamera pocket/saku menggunakan kaca pembesar. Seperti di bawah ini hasil dari lensa macro yang terbuat dari kaca pembesar untuk kamera pocket/saku.

image

Sapi sudah menuliskan bagaimana caranya untuk membuat lensa makro/macro untuk kamera digital, bisa dilihat DI SINI.

image

Tampak foto sebelum dan sesudah menggunakan lensa makro/macro untuk kamera pocket/saku yang terbuat dari kaca pembesar. Cara penggunaannya cukup mudah, tinggal pegang lensa makro/macro yang telah dibuat dengan menggunakan tangan kiri. Sedangkan kamera pocket/saku menggunakan tangan kanan, hal ini dikarenakan belum ditambahkan soket di bawahnya. Namun hal ini lebih mempermudah dalam proses buka dan pasang. Kurang lebih proses motret seperti yang telah diperagakan di bawah ini (model:Stevian).

image

Bagaimana, sangat mudah kan penggunaannya? Hasil dari pemotretan seperti di bawah ini:

image

Untuk mengetahui lebih banyak hasil foto menggunakan lensa macro/makro untuk kamera pocket/saku ini bisa di lihat di SlameTography dan juga pada akun Instagram SlameTux.

Silahkan dicoba sendiri dn rasakan perbedaannya serta nikmati hasil fotonya! Terima Kasih.