ASUS X550ZE, Notebook Gahar Khusus Gamer dengan Harga Terjangkau

Assalamu’alaikum,

Bagi para penggemar game (gamer), biasanya akan mempertimbangkan notebook yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satu pertimbangannya adalah performa yang dimiliki, baik itu dari segi prosesor, kartu grafis, memori, dan juga berbagai macam fitur canggih di dalamnya. Tak sedikit -bahkan secara umum- para gamer juga mementingkan tampilan atau dari segi desain, karena desain juga menjadi daya pikat tersendiri bagi para gamer. Semakin elegan dan mewah, maka akan semakin menarik perhatian.

Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun, selain memproduksi Smartphone dan Tablet, ASUS dikenal sebagai perusahan yang sangat berkompeten dalam pembuatan notebook dengan kualitas tinggi dan performa yang dapat diandalkan. Tak tanggung-tanggung, ASUS kembali menghadirkan notebook barunya untuk seri X550, kali ini adalah ASUS X550ZE yang dibuat khusus untuk menunjang hobi bermain game dan keperluan grafis lainnya. Namun tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau, lalu bagaimana kira-kira performa dari ASUS X550ZE?

Mari kita simak terlebih dahulu percakapan antara SlameTux dan si Stevian.

image

Seperti yang telah dikatakan SlameTux bahwasanya ASUS X550ZE adalah salah satu notebook khusus gamer dengan performa tinggi dan juga memiliki desain elegan, namun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Itu artinya, notebook ini dapat dimiliki oleh siapapun, terutama yang hobi bermain game. Jadi bagi anda yang minim budget tapi ingin menyalurkan hobi bermain game atau yang suka dengan desain grafis, ya ASUS X550ZE jawabannya.

Rasa penasaran tentunya akan semakin bertambah ketika sudah mengetahui kelebihannya, tak heran kalau anda ingin lebih jauh lagi mengenal performa, desain, dan sudah tentu harganya juga. Kalian pasti akan bertanya-tanya, seperti apa sih spesifikasi dari ASUS X550ZE? Mari kita simak apa saja yang dimiliki oleh notebook seri X550 keluaran terbaru dari ASUS.

Desain yang elegan, menawan, dan mewah dari ASUS X550ZE seakan menghipnotis mata agar tidak berpaling darinya. Serta spesifikasi yang sangat mumpuni, membuatnya menjadi idaman para gamer dan desainer. Bobotnyapun juga terbilang sangat ringan, hanya 2.26kg itupun sudah terpasang baterai. Nah bagaimana spesifikasi lebih lengkap dari notebook ini?

image

Masih kurang kah spesifikasi yang disuguhkan di atas? Jika iya, mari simak lagi spesifikasi yang lainnya dari notebook seri X550 ini. Dijamin anda akan tertarik dengannya.

image

Ukuran yang luas, tak serta-merta membuat ASUS X550ZE terlihat bongsor seperti notebook pada umumnya. Notebook ini sudah dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup banyak dan lengkap. Pada sisi bagian depan, terdapat beberapa lampu indikator LED yang berwarna hijau antara lain untuk power indicator, battery indicator, HDD activity, Wireless, Num-lock dan Caps lock indicator, ditambah lagi slot memory card. Untuk sisi bagian kiri terdapat lubang exhauts, analog VGA port, HDMI port, RJ45 Network port dengan model spoiled, 2 buah port USB 3.0 dan Combo Audio port. Sedangkan untuk sisi sebelah kanan hanya terdapat port USB 2.0, Blu-Ray Disk, dan juga port charger.

image

Rasa tertarik dan ingin memilikinya tentu semakin menggebu-gebu ketika sudah mengetahui spesifikasi lengkap dari ASUS X550ZE, atau bahkan masih kurang? Tak lengkap rasanya apabila tidak dijelaskan lebih rinci mengenai performa, fitur, teknologi, dan fungsi serta manfaatnya. Lalu apa saja kira-kira informasi lengkap dari SlameTux buat si Stevian?

image

Desain yang Stylish dan Tampilan Layar Elegan

image

ASUS X550ZE menggunakan bodi berbahan plastik dengan luas keseluruhan 38.0 x 25.1 x 2.51 cm (WxDxH) yang dirancang sedemikian rupa sehingga tampak seperti menggunakan material yang terbuat dari bahan logam. Selain itu, notebook ini memiliki finishing spin-line. Layaknya smartphone seri Zenfone, ASUS X550ZE juga dibekali dengan balutan lingkaran konsentris. Artinya, desain cover tersebut jika diperhatikan secara detail memiliki tekstur melingkar yang ada pada bagian belakang notebook. Sehingga menimbulkan kesan mewah, elegan, dan premium pada saat pertama kali memandangnya.

image

Berbekal ukuran layar seluas 15.6 inci dengan resolusi High Definition (HD) 1366×768 piksel, telah dibenamkan fitur teknologi ASUS Splendid. Teknologi tersebut mampu meningkatkan kualitas gambar dengan mengolah dan menampilkan warna menjadi lebih kaya. Sehingga ASUS X550ZE sanggup meningkatkan kualitas visual yang lebih menakjubkan dan luar biasa. Teknologi inilah yang membuat mata tetap nyaman pada saat menatap layar dari notebook ASUS seri X550 keluaran terbaru ini.

image

Nah, untuk lebih memaksimalkan kualitas tampilan layar. ASUS telah membenamkan sejumlah pengaturan warna tampilan pada layar X550ZE, di antaranya adalah normal mode, theater mode, vivid mode dan manual mode. Beberapa mode tersebut dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan aktivitas dan rutinitas yang sedang dijalankan. Pengguna tinggal memilih mode apa yang diinginkan, baik untuk keperluan kerja sehari-hari, presentasi menggunakan LCD proyektor agar warna lebih hidup dan tajam, menonton film, bermain game, dan untuk aktivitas berat lainnya agar mata tidak lelah.

image

Disokong Baterai yang Tahan Lama

ASUS X550ZE disokong dengan baterai Polymer berkapasitas besar yakni 4-cell 2950mAh 44 Whrs. Dengan baterai yang sangat mumpuni dan tahan lama, tentunya pengguna tidak direpotkan lagi dengan yang namanya “mencari colokan”. Semua hobi dan pekerjaan dapat segera terselesaikan tanpa harus memikirkan tempat yang pas untuk mendapatkan colokan listrik secara gratis. Bagaimana, bermanfaat kan kalau memiliki notebook dari ASUS?

Performa Gahar yang Sangat Mumpuni

image

image

ASUS X550ZE menggunakan Windows 8.1 sebagai sistem operasinya, dan bisa di-upgrade ke Windows 10. Notebook ini menggunakan dua varian prosesor dari AMD (tergantung pengguna, ingin memilih dan membeli yang mana). Baik itu AMD FX-7600P dengan 12 compute-cores yang dapat memiliki kecepatan 2.7 GHz hingga 3.6GHz, atau varian AMD A10-7400P dengan 10 core yang memiliki kecepatan 2.5GHz hingga 3.4GHz.

image

Penggunaan dari prosesor AMD tersebut membuat notebook ini memiliki kemampuan yang sangat tinggi, baik untuk bermain game, desain, dan terlebih hanya pekerjaan kantoran, pasti semuanya akan dilahap habis. Untuk kartu Grafisnya, ASUS X550ZE dilengkapi dengan Dual Graphic AMD R5 M230 + R7 M270DX untuk versi AMD FX-7600P. Sedangkan versi AMD A10-7400P menggunakan Dual Graphic AMD R5 M230 + R7 M265DX.

image

Saya pribadi lebih condong memilih varian prosesor AMD FX-7600P, alasannya karena notebook dengan AMD APU FX ini terbilang lebih handal dalam berbagai pekerjaan. Tak hanya saat bermain game, namun juga dapat melahap habis berbagai macam aplikasi berat seperti desain grafis, desain objek 3D, video editing, ilustrasi foto, programming, dan lain sebagainya. Tentunya tanpa harus khawatir notebook akan mengalami crash, hank, atau lag pada saat menjalankannya.

Coba sebutkan! Menurut kalian, aplikasi dan game apa saja kira-kira yang memerlukan performa tinggi untuk menjalankannya? Mau dicoba untuk menjalankannya di notebook ASUS X550ZE? Silahkan jajal sendiri kemampuannya!
image

Mungkin bagi para gamer, notebook ini terbilang sangat menakjubkan. Terus bagaimana menurut para desainer? Saya rasa jawabannya sama, karena kebutuhan yang diperlukan oleh desainer terbilang lebih kecil dibandingkan dengan gamer. Oleh sebab itu ASUS X550ZE juga sangat cocok dipakai oleh para desainer, baik desain komik, desain 2D, dan 3D. Serta fotografer dan para animator sekaligus yang dapat memanfaatkan kinerja yang handal dari notebook ini.

Selain karena sudah diotaki oleh prosesor yang canggih dan cepat serta grafis yang tinggi, notebook ini juga dibekali dengan RAM yang besar yakni 4GB LPDDR3L 1600MHz. Namun jika pengguna menginginkan performa yang lebih untuk meningkatkan kinerja dari ASUS X550ZE agar menjadi lebih gahar, maka kapasitas RAM tersebut masih dapat di-upgrade hingga 16GB (8GBx2). Kebayang kan seperti apa cepatnya kalau memiliki notebook dengan RAM sebesar itu?
image

Satu kata buat notebook ini “Amazing”. Gahar banget kan? Memori sebesar ini tentunya akan sangat membantu dalam hal multitasking, sebanyak apapun aplikasi yang sedang dibuka atau dijalankan, tidak akan ada masalah crash, hank, gagal sistem, dan sebagainya. Terlebih lagi, biasanya game 3D berukuran besar akan memerlukan grafis tinggi serta berbagai macam aplikasi desain grafis membutuhkan memori yang cukup besar, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan semua aplikasi yang sedang dijalankan.

Hadirnya Numerical Keyboard dengan Desain Ergonomis

image

image

Mengusung bentang layar yang luas yakni sebesar 15.6 inci, membuat pengguna nyaman untuk bermain game atau melakukan pekerjaan desain. Tak hanya di situ saja, notebook ini juga menghadirkan numerical keyboard dengan desain yang ergonomis layaknya sebuah PC. Biasanya tersedia di kantor-kantor, namun lebih presisi dan lebih akurat keyboard ini saat ditekan. Jadi, dengan adanya numerical keyboard akan memudahkan pengguna dalam melakukan setiap pekerjaan. Misalnya, bagi anda yang terbiasa menggunakan PC di kantor untuk meng-handle setiap pekerjaan, hal tersebut dapat dilakukan di rumah karena ASUS X550ZE menghadirkan keyboard layaknya sebuah PC. Sehingga kebiasaan di kantor bisa dilakukan di rumah dan di mana saja.

image

Fungsi numerical keyboard sangat beragam, misal bagi para gamer dan desainer, karena pengguna yang memiliki hobi bermain game atau menjadi seorang desainer akan sangat terbantu dengan adanya numerical keyboard. Shortcut yang ada pada keyboard akan lebih berguna bagi mereka yang telah terbiasa menggunakan keyboard pada PC. Jadi pengalaman ketika berkecimpung dengan yang namanya Personal Computer (PC), juga akan dirasakan ketika menggunakan ASUS X550ZE. Bagaimana, sangat bermanfaat kan?

Didukung Smart Gesture pada Touchpad yang Luas

image

ASUS X550ZE telah menyediakan area touhpad yang luas, yakni berukuran 104×76 mm. Lebih luas kan dibandingkan dengan touchpad yang beredar pada umumnya? Touchpad yang luas seperti ini, sangat memungkinkan pengguna lebih mudah dan leluasa dalam bernavigasi dalam memberikan perintah kepada notebook saat sedang dijalankan. Untuk ukuran touchpad pada umumnya, biasanya hanya merespon satu jari dalam satu kali sentuhan. Hal tersebut berbeda dengan touchpad yang dimiliki oleh ASUS X550ZE, karena telah memiliki kemampuan hingga tiga jari sekaligus dalam satu kali sentuhan.

image

Berikut adalah beberapa gesture yang dapat dilakukan pengguna ketika mengoperasikan ASUS X550ZE. Untuk yang pertama, seperti touchpad pada umumnya dengan menggunakan satu jari yang berfungsi menggerakkan kursor sesuai dengan keinginan pengguna. Baik itu drag and drop, click, double click, dan menjelajah seisi layar.

image

Ketika membuka browser dan berada di sebuah halaman website atau blog, serta membuka dokumen (baik itu berupa word, excel, pdf, dan lain sebagainya), pengguna juga dapat melakukan scroll ke bawah hanya dengan memakai dua jari lalu menyeretnya ke arah bawah. Hal yang sama juga berlaku saat ingin melihat bagian atas, tinggal lakukan gerakan scroll ke atas dengan menggunakan dua jari. Fungsi ini menghemat penggunaan click drag and drop, karena lebih praktis. Sehingga lebih memudahkan ketika menjelajah sebuah halaman web dan juga blog, serta dokumen yang sedang dibuka.

image

Pengguna juga dapat melakukan zoom in dan zoom out hanya dengan mencubit/membuka area touchpad. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasanya gesture menggunakan tiga jari juga dapat dilakukan di area touchpad yang luas milik ASUS X550ZE ini. Ketika pengguna ingin berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya, dengan menggesernya ke kiri dan kanan hanya cukup menggunakan tiga jari. Sedangkan jika digeser ke atas dan ke bawah, maka akan dibawa ke tampilan desktop. Sangat bermanfaat kan? Tentunya tidak perlu repot lagi melakukan klik sana dan klik sini, cukup dengan memanfaatkan smart gesture pada touchpad ASUS X550ZE.

image

Dilengkapi dengan SonicMaster dan Audio Wizard

Tak hanya smartphone dan tablet besutan ASUS yang dibekali dengan teknologi SonicMaster, pada notebook ASUS X550ZE juga dilengkapi dengan teknologi SonicMaster. Bagi fans setia produk-produk ASUS, tentunya sudah pada tau kan kalau suara yang dihasilkan oleh teknologi SonicMaster berbeda dengan lainnya. Salah satunya yang dimiliki oleh speaker X550ZE, dapat menghasilkan suara yang sangat jernih, padat, dan tidak pecah.

image

Seperti biasa, teknologi SonicMaster dibekali dengan sistem audio wizard yang terdiri dari enam mode setelan, yakni music mode, recording mode, movie mode, gaming mode, speech mode dan mode off. Sehingga mampu mengeluarkan suara yang dapat memanjakan telinga penggunanya, baik itu saat bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film. Jadi, selain tampilan pada layar yang dapat diubah sesuai dengan selera penggunanya, audio yang ada pada ASUS X550ZE juga dapat disesuaikan dengan aktivitas dari penggunanya.

image

Ruang Penyimpanan yang Sangat Lega

ASUS X550ZE menyediakan ruang penyimpanan sebesar 1TB (1000GB), sangat lega bukan? Mau menyimpan file sebanyak apapun bisa diatasi dengan penyimpanan sebesar itu. Terlebih bagi pengguna yang sangat hobi mengoleksi software-software game yang ukurannya besar, video dengan format blu-ray (full HD) atau DVD (HD) yang tentunya juga terbilang sangat besar. Semua bakalan dapat ditampung dengan mudah dalam satu perangkat saja, tanpa harus membeli hardisk eksternal.

image

Memiliki ruang penyimpanan sebesar 1TB, membuatnya semakin lebih maksimal. Hal ini dikarenakan ASUS X550ZE telah menyediakan port USB 3.0 sebagai jembatan untuk mentransfer data. Sudah pada tau kan bahwa proses transfer file atau data berbasis USB 3.0 memiliki kecepatan penyaluran data lebih cepat 10 kali lipat dari USB 2.0. Sehingga, proses transfer file yang berukuran besar pun dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan ketika ingin men-transfer film berukuran 25GB dengan kualitas Blu-ray, hanya membutuhkan waktu 70 detik saja dengan menggunakan USB 3.0. Maksimal kan?

image

Bagi anda yang mempunyai hobi foto-foto (seorang fotografer), pilihan yang tepat menggunakan ASUS X550ZE. Alasannya? Apakah kameranya keren? Bukan karena kameranya, kameranya masih VGA. Terus apanya donk? Alasannya, karena adanya dukungan ASUS Web Storage hingga 32GB gratis selama 3 tahun. Nah, Melalui penyimpanan berbasis cloud dari ASUS ini, tentu akan mempermudah mengakses file foto dan dokumen lainnya yang telah disimpan di ASUS Web Storage di manapun dan kapanpun. Hobi anda akan tersalurkan dengan baik, dan pekerjaan anda tidak akan terbengkalai. ASUS Web Storage akan berguna juga bagi anda yang bekerja secara berkelompok (group), karena lebih mudah berbagi file dengan yang lainnya.

Menyediakan Fitur Canggih

ASUS X550ZE telah menyediakan berbagai macam fitur canggih di dalamnya. Antara lain fitur bernama Instant On, memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan notebook hanya dalam waktu 2 detik dari kondisi standby. Fitur tersebut merupakan hasil kolaborasi antara AMD dan ASUS yang hadir notebook seri X550 ini. Fitur Instant On juga memungkinkan notebook untuk secara otomatis menyimpan file yang sedang terbuka ketika dalam keadaan low battery. Adanya fitur ini, sangat membantu bagi anda yang sering mengalami masalah “lupa” menyimpan file yang sedang dikerjakan. Terlebih lagi tidak adanya penyimpanan secara otomatis, tentunya file yang sebelumnya terbuka tidak akan tersimpan secara langsung. Sangat bermanfaat kan?
image

IceCool Sebagai Teknologi Peredam Panas

Bagi seorang gamer, ketika bermain game bisa sampai berjam-jam atau bahkan ada yang sampai puluhan jam. Ketika notebook digeber hingga berjam-jam lamnya, tentunya akan menimbulkan panas. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi ASUS X500ZE, karena notebook ini telah disematkan teknologi IceCool. Sistem pendingin mesin prosesor tersebut sangat berguna untuk membuat pengguna betah berlama-lama saat menggunakan laptop, terlebih bagi yang suka bermain game-game besar.

Teknologi IceCool bekerja dengan cara menjaga suhu notebook antara 28 hingga 35 derajat celcius, lebih rendah dari suhu tubuh normal manusia yang mencapai 36 derajat. Tentunya, dengan hadirnya teknologi pendingin tersebut dapat meredam panas yang dihasilkan, sehingga membuat pengguna tetap nyaman saat mengoperasikan perangkatnya. Jadi betah kan berlama-lama menyalurkan hobi bermain game?

12 Tes Extreme Terhadap ASUS X550ZE

Sebelum dipasarkan ke publik, ASUS X550ZE mengalami berbagai macam uji coba. Guna memastikan produknya ini memiliki kualitas dan performa yang dapat diandalkan, selain itu agar konsumen tidak sampai kecewa dengan produk yang dibelinya. Semua notebook ASUS diuji dengan cara yang tidak biasa, agar benar-benar memiliki kondisi fisik yang kuat. Lalu apa saja kira-kira tes yang dilakukan oleh ASUS? Berikut adalah beberapa tes uji coba terhadap ASUS X550ZE:

  1. Tes Keyboard
  2. Tes Abrasif
  3. Tes Kebisingan
  4. Tes Tekanan
  5. Tes Engsel
  6. Tes Getaran
  7. Tes Goncangan
  8. Tes Pemelintiran
  9. Tes Akselerasi Tinggi
  10. Tes Port
  11. Tes Temperatur
  12. Tes Jatuh

Garansi Resmi dari ASUS Selama 2 Tahun

Bagi sebagian pengguna biasanya sangat mengkhawatirkan masalah garansi ketika terjadi kerusakan pada perangkatnya. Nah, yang berminat memiliki ASUS X550ZE, pengguna tidak perlu khawatir akan terjadinya masalah atau kerusakan pada perangkatnya. Sebab, ASUS telah memberikan garansi selama 2 Tahun Full Global Warranty yang meliputi biaya service bahkan juga penggantian spare part yang memiliki masalah. Jadi, ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab dari ASUS apabila di kemudian hari terjadi sesuatu dengan notebook ASUS X550ZE yang anda miliki. Untuk lebih lengkapnya, apa saja kira-kira yang mendapatkan garansi? Silahkan untuk mengunjungi ASUS Center.

Dibanderol dengan Harga yang Terjangkau

image

Catatan:
* Dipasarkan dengan sistem operasi Windows 8.1 (DOS)
* 2 tahun garansi hardware global berbeda di setiap negara
* Untuk informasi lebih lengkap hubungi dealer resmi ASUS

Sumber Pendukung (Data dan Gambar) Berasal Dari:

  1. ASUS Indonesia
  2. Review ASUS X550ZE

Wassalamu’alaikum.

Iklan

3 thoughts on “ASUS X550ZE, Notebook Gahar Khusus Gamer dengan Harga Terjangkau

  1. Said berkata:

    Saya tidak yakin gamer cukup puas dengan notebook garapan asus satu ini, dan saya tidak yakin notebook ini mampu menjalankan game-game terbaru buatan Ubisoft, ataupun Bathesda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s