Balada Tugas Akhir dan Godaan SAMSUNG GALAXY S7

image

Varian Warna SAMSUNG GALAXY S7

Setumpuk kertas lusuh, bekas coretan tinta merah sang dosen pembimbing terselip di balik kusamnya bantal yang tak sengaja tersingkap saat menyapu lantai kamar kontrakan. Seketika itu juga langsung tersadar, bahwa minggu ini harus menyelesaikan semua revisi laporan Tugas Akhir yang diberikan minggu lalu.

Kuraihnya tumpukan kertas itu dengan penuh kasih sayang, terbayang kembali semua pesan revisi dari dosen beserta rencanaku kala beliau selesai mengucapkannya.

Tak lama kemudian, ada pesan masuk dari Evi. “Bagaimana Mas, minggu ini sudah siap ‘kan untuk bimbingan lagi?” Tanyanya padaku bak sebuah reminder yang membangunkan ingatan lamaku. “Iya dong Dek.” Jawabku singkat.

Keesokan harinya, aku bersama pasanganku Evi menuju ke lab untuk menyelesaikan revisi laporan Tugas Akhirku. Kami mencari kursi kosong, beruntung masih tersisa dua kursi yang berada tepat di depan admin lab. Kupersilahkan Evi untuk duduk dan disusul olehku.

Kunyalakan laptop yang sejak semalam dihibernate, tampak Laporan_TA_Revisi_Part7.doc yang muncul memandangiku, seakan berkata “Akhirnya kita bertemu lagi, ayo segera selesaikan aku!” Begitulah sambutan yang kudapat.

Browser kubuka, berharap bisa mendapatkan lebih banyak lagi referensi. Tanpa sengaja melihat email masuk, ada pemberitahuan bahwa SAMSUNG GALAXY S7 telah resmi dirilis. Email tersebut berisi informasi event Galaxy Unpacked 2016, disertakan pula tautan untuk menyaksikan livestream dari acara tersebut.

Rasa penasaran, memaksa diri untuk segera membuka tautan itu. Tak ingin rasa penasaran semakin memuncak dan “Klik“, akhirnya terbuka juga.

image

Suasana Galaxy Unpacked 2016

Tiba-tiba Evi menyambar, “Lah kok malah nonton?” Tanya Evi membuatku kaget. “Anu Dek, ini video rilisnya SAMSUNG GALAXY S7“, jawabku sambil tersenyum tawar.

“Aku sudah baca beritanya. Kerjakan dulu revisiannya, baru nonton lagi nanti kalau sudah selesai!” Tegasnya bak seorang ibu yang menasehati anaknya.

Video yang sempat kubuka tadi, terpaksa ditutup kembali. Tayangan tersebut menimbulkan rasa penasaran dan menyuntikkan semangat baru untuk segera menyelesaikan kewajibanku ini.

*****

Selang beberapa jam kemudian, ternyata sudah beberapa poin yang kuselesaikan dan bahkan hanya tersisa satu poin saja. Aku pun mengajak Evi, “Bagaimana kalau kita makan siang ke kantin? Lagian ‘kan hanya tersisa satu poin saja.” Beruntung dia menyetujui ajakanku.

Kami langsung beranjak meninggalkan lab, suasana di luar gedung sepertinya akan turun hujan. Tak ingin peralatan elektronik yang kubawa rusak, kami bergegas secepatnya menuju ke kantin. Semerbak aroma sedap mulai menusuk masuk ke dalam hidung walau tanpa mengendus, soto ayam dan jeruk hangat menjadi menu santap siangku bersamanya.

Kulanjutkan tayangan yang hanya sekilas kutonton sebelumnya. “Degdeg, degdeg,” tiba-tiba jantungku berdegup kencang saat pertama kali melihat SAMSUNG GALAXY S7. Apakah ini yang dinamakan cinta pada pandangan pertama?

*****

Rintik hujan mulai turun, tiba-tiba Evi mendekat dan berbisik padaku “Mas, kamu mulai suka ya dengan SAMSUNG GALAXY S7?” Aku terdiam sesaat tanpa sepatah katapun.

“Dia memang jauh lebih baik dariku, semua orang akan terpana saat melihat tampilannya yang stylish dan menawan.” Lanjutnya.

image

Body Kokoh dan Layar yang Kuat

Kucoba untuk membujuknya, “SAMSUNG GALAXY S7 memiliki body yang kokoh ya Dek. Terlihat lebih elegan dengan menggunakan panel glass 3D pada body metalnya, dan juga dikelilingi frame metal yang membuatnya tampak lebih kokoh.”

“Ya, ya, ya, kamu benar Mas. Layar kacanya juga menggunakan Corning Gorilla Glass 4, jadi semakin kuat dan juga anti gores. Layar lebar dengan ukuran 5,1 inci untuk S7 dan 5,5 inci untuk S7 Edge, tidak terlihat bongsor dan nyaman saat digenggam.” Seperti dia sudah tau betul.

image

Layar yang Lebar dan Jernih


Terlintas sebuah pertanyaan besar di benakku “Kenapa dia bisa tau?” Aku baru ingat, bahwa dia sebelumnya sudah lebih dulu tau desas-desus hadirnya SAMSUNG GALAXY S7.

*****

Layar yang jernih, membuatku terpana dan terpesona. Warna yang dihasilkannya juga sangat bagus, jauh dari kesan biasa…

“Jelas dong Mas, ‘kan menggunakan layar Super AMOLED Quad HD dengan kepadatan piksel mencapai 577 ppi.” Suara Evi memotong jalan pikiranku, seakan dia tau dengan apa yang sedang kupikirkan.

Suapan demi suapan soto ayam yang gurih dan renyah di mulut, ditemani segelas jeruk hangat dengan suasana hujan yang turun cukup derasnya. Tiba-tiba Evi menunjuk ke tayangan yang sedang kutonton. “Coba Mas lihat! Betapa mewahnya SAMSUNG GALAXY S7, baik S7 maupun S7 Edge.”

image

Desain yang Mewah, Elegan, dan Menawan

Desainnya yang ergonomis dan elegan, sangat menarik perhatianku. Benar-benar dibuat takjub akan pesonanya yang sungguh luar biasa. Percakapan kami semakin renyah dan gurih, melebihi gurihnya soto ayam yang sedang dinikmati bersama.

Niat kembali ke lab harus tertunda karena hujan tak kunjung berhenti, sengaja tidak mengajak Evi untuk kembali ke lab. Alasannya, tentu karena dia mudah sekali sakit saat terkena air hujan.

*****

Sejak mengenalnya, aku sangat mengerti kelemahan Evi yang satu ini. Namun karena aku yang memilihnya sebagai pasanganku, aku selalu memberikan perhatian khusus agar dia tidak sampai jatuh sakit.

image

IP68 : Tahan Air dan Debu

“Oh ya, Mas tau ‘kan kalau SAMSUNG GALAXY S7 memiliki sertifikat IP68? Itu artinya smartphone ini sudah anti air dan debu, sehingga dapat diandalkan saat musim penghujan seperti saat ini maupun saat musim kemarau.” Sambil menadahkan tangannya.

Ini kebetulan kah, aku pun segera menjawabnya. “Serius?”, tanyaku kaget, “wah, berarti Adek kalah tangguh dong? Adek kan kalau terkena air hujan langsung sakit.” Kami pun tertawa renyah.

“Bisa saja kamu Mas, iya deh aku akui kalau dia lebih tangguh dariku.” Tersipu malu, “SAMSUNG GALAXY S7 sangat keren ‘kan? Cocok diajak hujan-hujanan tanpa khawatir rusak, atau tak sengaja terjatuh dan masuk ke dalam air. Masih tetap aman kok, karena memiliki Water and Dust Resistant yang mampu bertahan di dalam air selama 30 menit dengan kedalaman 1,5 meter.” Jelasnya sambil tersenyum padaku.

“Kapanpun dan di manapun bisa menggunakan smartphone terbaik dari Samsung ini kan Dek. So, this is the next level.” Imbuhku sembari merangkul pundaknya.

*****

Mataku bertemu pandang dengan dirinya, aku kembali merasakan ada sesuatu yang berbeda dari SAMSUNG GALAXY S7. Kupalingkan pandanganku segera, kulihat Evi yang berada tepat di sampingku. “Ini dia yang aku suka darinya, yakni kameranya yang bisa menyalurkan hobi memotretku. Sangat cocok untuk mengabadikan momen saat aku wisuda nanti”, jelasku kegirangan.

“Kenapa tidak pinjam kameraku saja?” Tanya Evi, “aku tau kenapa Mas tidak mau pinjam kameraku, karena hasilnya tidak lebih bagus dari miliknya kan?” Dia pun tak terima.

image

Kamera dengan Dual Pixel Autofocus

Aku berusaha menenangkannya, “Hasil kamera milikmu juga bagus, tapi kan Adek tau sendiri kalau…”

“Iya Mas aku tau kalau kamera dari SAMSUNG GALAXY S7 sudah dilengkapi Dual Pixel, yang memungkinkan autofocus lebih cepat. Sensor pada kamera belakang 12 MP dan kamera depan 5 MP, sama-sama memiliki bukaan sebesar f/1.7 aperture yang mampu menangkap lebih banyak cahaya. Sehingga menghasilkan foto yang lebih cerah dan lebih jelas dalam kondisi minim cahaya, serta foto bokeh yang sangat bagus.” Lagi-lagi dia memotong pembicaraanku, diikuti pernyataan yang mengejutkan darinya.

Hati kecilku bergumam “Nah, itu sudah tau jawabannya. Aku memang membutuhkan kamera dengan bukaan besar dan memiliki kemampuan autofocus yang sangat cepat, agar tidak ada momen yang sampai terlewatkan. Baik di luar dan terlebih di dalam ruangan yang minim cahaya, nothing impossible with this camera.”

image

Photo Motion dan Motion Panorama


Aku berusaha mencairkan suasana. “SAMSUNG GALAXY S7 juga memiliki fitur Motion Photo, nah Adek bisa mengambil foto dengan tambahan perekaman video selama tiga detik sebelum objek difoto. Juga ada Motion Panorama yang dapat merekam objek yang bergerak dengan hasil panorama. Seru ‘kan?”

Dia menatapku dan berkata, “Mas sangat membutuhkan kamera bagus seperti itu ya? Baiklah kalau begitu, Mas boleh memiliki SAMSUNG GALAXY S7 tapi dengan satu syarat.” Seakan memberiku sebuah tantangan.

Sambil mengelus-elus kepalanya, “Terima kasih Dek atas pengertiannya. Aku tak ingin momen berhargaku terlewatkan begitu saja, terlebih ini adalah momen yang hanya terjadi sekali dalam hidupku.”

“Memangnya apa syaratnya?” Tanyaku karena penasaran. “Mas harus segera maju sidang dalam bulan ini!” Pinta Evi padaku.

image
image

image

Hasil Foto SAMSUNG GALAXY S7

Aku terdiam tanpa kata, pikiranku saat saat ini hanya tertuju pada SAMSUNG GALAXY S7. Demi mendapatkannya, aku mengiyakan permintaan dari Evi walaupun itu sangat sulit. Terlebih laporanku belum selesai kurevisi, tapi itu adalah tantangan bagiku yang harus kuselesaikan.

*****

Semangatku kembali terisi penuh, seolah-olah telah mendapatkan suntikan semangat baru untuk segera menyelesaikan revisi laporan Tugas Akhirku. Tercuat pertanyaan dari mulutku, “Kira-kira baterainya kuat untuk mengabadikan momen saat wisudaku nanti?”

image

Baterai Tahan Lama dan Pengisian Daya Cepat


“Mas tidak perlu lagi khawatir masalah baterai, karena SAMSUNG GALAXY S7 menggunakan baterai yang besar dan awet. Yakni 3000 mAh untuk S7, sedangkan untuk S7 Edge 3600 mAh. Ditambah dengan Fast Charging yang bisa mengisi baterai lebih cepat.” Jelasnya sambil menepuk pundakku dengan lembutnya, mengisi penuh semangatku.

Teknologi Wireless Charging juga menjadi andalannya, sehingga pengisian daya akan semakin mudah.” Imbuhku, seakan mengisi kekosongannya.

Di luar kulihat hujan masih belum juga berhenti, satu-persatu mahasiswa berdatangan memadati kantin sembari melipat jas hujannya. “Apakah cukup hanya dengan spesfikasi seperti itu?” Tanyanya padaku.

“Tentu tidak, SAMSUNG GALAXY S7 telah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Serta memiliki performa luar biasa dengan menyediakan dua versi prosesor yang berbeda, yakni Exynos 8890 dan Snapdragon 820. Ditambah lagi dengan RAM 4 GB yang dapat diandalkan untuk berbagai macam aktivitas, namun tetap hemat daya.” Jelasku padanya.

image

Performa yang Luar Biasa


“Berarti Mas bisa puas main gamenya?” Seolah sedang memegang stick, “terus, apa tidak cepat panas dengan performa yang sangat kencang seperti itu?” Imbuhnya, karena rasa penasaran.

Bye-bye panas”, jawabku sambil melambaikan tangan kepadanya, “kan sudah dibantu dengan adanya teknologi Liquid Cooling sebagai pendingin untuk meredam overheat. Jadi tidak akan menimbulkan panas berlebih meski digeber seperti apapun. SAMSUNG GALAXY S7 can enable to achieve my next level performance and I believe it.” Lanjutku.

*****

Perut tak lagi menjerit, tak ada ruang kosong yang tersisa. “Beda banget ya, Mas dengannya.” Evi tersenyum seakan mengejekku. “Maksudnya?” Tanyaku sambil mengernyitkan dahi.

“Kalau Mas kan sebegini saja sudah kenyang. Beda dengan SAMSUNG GALAXY S7, yang memiliki ruang penyimpanan besar.” Dia tetap tersenyum.

“Ya jelas, kan ruang penyimpanan internal SAMSUNG GALAXY S7 berkapasitas 32 GB dan 64 GB. Terlebih lagi ada tambahan slot microSD hingga 200 GB, jadi sangat lega dan bisa menyimpan file sebesar apapun.” Kami pun tertawa lepas.

“Eh, iya kah ada tambahan slot microSD?” Tanyanya yang tiba-tiba menghentikan gelak tawa kami.

image

Ruang Penyimpanan yang Lega

“Tentu saja, letaknya di bagian atas menyatu dengan slot SIM card. Ada satu slot untuk nano SIM dan satu slot untuk microSD. Menariknya, slot microSD juga bisa berfungsi sebagai slot nano SIM. Jadi kalau ingin memakai dua nomor bisa mengorbankan microSD dengan nano SIM kedua, begitupun sebaliknya.” Dia mengangguk-angguk.

*****

Hujan belum juga reda, waktu berlalu begitu cepatnya. Perbincangan kami masih tetap hangat, walau sisa jeruk hangat tak lagi sehangat namanya. Seorang mahasiswa yang berada tepat di depanku, berkali-kali menanyakan jam padaku.

Setelah memberitahukan waktu saat ini kepadanya, aku berbisik pada Evi “Coba ya kalau smartphoneku ini ada fitur Always On seperti milik SAMSUNG GALAXY S7, pasti tak perlu repot menjawab pertanyaan yang sama darinya.”

image

Fitur Always On pada SAMSUNG GALAXY S7

Evi juga berbisik padaku “Tentu saja dengan Always On, layar pada SAMSUNG GALAXY S7 akan selalu menyala untuk menampilkan informasi yang dianggap penting tanpa mengganggu ketahanan baterai. Seperti jam, kalender, misscall, dan lainnya.” Mendahului perkataanku.”

*****

Godaan SAMSUNG GALAXY S7 kembali menjeratku, “Dek, ternyata Samsung menyediakan fitur baru yang berguna bagiku.” Sambil mengarahkan pandangannya ke tayangan yang sedang kulihat.

“Memangnya apa Mas?” Tanya Evi. “Ini loh Galaxy Game Pack dan Game Launcher, yang menyediakan berbagai macam game untuk dapat didownload dan dimainkan. Juga bisa merekam, mengecilkan ukuran layar, mengambil tangkapan layar saat bermain game, dan lainnya.” Jelasku dengan perasaan sumringah.

image

Galaxy Game Pack dan Game Launcher

Wow… It’s fantastic. Jadi, Mas bisa dengan leluasa dong memilah dan memilih game yang ingin dimainkan. Kontrol penuh ada di tanganmu Mas.” Evi menepuk pundakku.

“Eh, Mas tadi sudah bayar ‘kan makanan dan minumannya?” Tanya Evi dengan lembutnya. “Sudah Dek, memangnya kenapa?” Tanyaku balik.

“Andai saja ya Samsung Pay sudah bisa di Indonesia, tentunya gak perlu repot bawa dompet yang isinya uang dan kartu kredit. Cukup dengan smartphone, bayarpun lebih mudah dan praktis.” Dia mulai mengandai-andai. “Ya, semoga saja di sini segera kebagian Dek.” Jawabku sambil berharap.

Segudang kata telah terucap, tak ada rasa bosan dan jenuh yang tertancap. Kuseruput dengan pasti sisa jeruk hangat di dalam gelas sembari bertanya kepada Evi, “Jadi, bagaimana Dek? Boleh ‘kan aku meminang SAMSUNG GALAXY S7?”

“Boleh-boleh saja, asal syarat yang kupinta tadi bisa terpenuhi.” Jawab Evi mengingatkanku.

*****

Terus melaju tanpa henti, seakan belum ada pemberhentian yang pasti dari percakapan kami. “Mas tau kan kalau SAMSUNG GALAXY S7 sudah mendukung 4G LTE Cat9, itu artinya sudah support kecepatan jaringan hingga 450 Mbps.” Sambil tersenyum.

“Tentu sudah tau Dek, dengan kecepatan seperti itu dapat melakukan banyak hal dengan cepat. Tak seperti kecepatan internet di kampus ini yang seperti siput.” Jawabku sambil menahan tawa.

Sampai-sampai tak sadar kalau ada kejutan lain ketika menonton tayangan ini, ternyata setiap peserta yang datang pada event Galaxy Unpacked 2016 telah disediakan Gear VR (Virtual Reality).

“Ini dek lihat! Semua peserta yang hadir dapat kesempatan mencoba Gear VR secara langsung.” Sambil menunjuk ke arah layar. “Seru ya Mas, benar-benar sebuah kejutan yang tak terduga.” Evi pun terkagum-kagum dengan tayangan ini.

“Coba ya misalnya aku punya SAMSUNG GALAXY S7 dan Gear VR, pasti bisa bimbingan ke dosen kapanpun dan di manapun. Tentu akan mempermudah tugas akhir yang kukerjakan dan tidak ada lagi kata molor.” Aku mulai mengandai-andai.

image

Gear VR dan Gear 360

“Ditambah lagi dengan Gear 360 juga Mas biar bisa mengabadikan pemandangan secara 360 derajat, apalagi sensornya sebesar 30 MP dengan bukaan f/2.0 aperture pasti terlihat jelas dan jernih.” Jelas Evi sambil menunjuk lagi ke layar laptop.

“Selain bisa bimbingan ke dosen secara virtual, kan juga bisa melaksanakan sidang dari mana saja Dek. They can see what I see, jadi dosen dapat melihat apa yang sedang kulihat dan kukerjakan, begitupun sebaliknya. Ini merupakan sebuah peningkatan untuk mencapai target yang sangat besar di dunia pendidikan, apabila diterapkan secara sungguh-sungguh.” Jelasku sambil meyakinkannya bahwa begitu bermanfaatnya SAMSUNG GALAXY S7 dan teknologi lain yang diikutsertakannya.

“Lihat! Pendiri facebook saja sudah bekerjasama dengan Samsung berkat ekosistem Virtual Reality yang dimiliki Samsung, tentunya untuk memaksimalkan dunia VR sebagai media hiburan. Apalagi sampai digunakan di dunia pendidikan, pasti akan menunjang proses belajar mengajar yang modern. Mark Zuckerberg saja bilang kalau Gear VR is the best mobile Virtual Reality experience.” Lanjutku dengan ekspresi kagum.

“Iya juga ya, jadi Mas tak perlu lama-lama mengerjakan Tugas Akhirnya dan bisa cepat lulus. This is the next level, too.” Evi pun mengiyakannya sambil tersenyum ke arahku.

Target untuk mendapatkannya harus segera dicapai, tentunya dengan memenuhi syarat yang diberikan oleh Evi. Setidaknya aku memiliki waktu tiga minggu untuk maju sidang Tugas Akhir. Jika bisa lulus tepat waktu, tentu SAMSUNG GALAXY S7 akan menjadi hadiah terindah saat wisudaku nanti.

*****

Hujan benar-benar telah berhenti, video yang sedang kuputar memasuki detik-detik terakhirnya. Sebelum tayangan tersebut benar-benar berhenti, dia menyarankanku. “Kalau Mas ingin tau lebih banyak lagi mengenai informasi seputar review dari SAMSUNG GALAXY S7, bisa langsung membacanya di Samsung Indonesia.”

Kuletakkan laptop ke dalam tas dan kumasukkan Evi ke kantong celanaku. Aku pun meninggalkan kantin dengan langkah pasti dan penuh rasa percaya diri untuk menyelesaikan sisa revisi yang diberikan oleh dosen penguji, dengan harapan bisa segera diwisuda. Oh ya, apa aku sudah menyebutkan nama lengkap Evi sebelumnya? Ya, dialah Samsung Galaxy E5 (EVi).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s